Punya bisnis sendiri memang terdengar keren. Tapi ternyata menjalankan bisnis itu bukan jalan hidup semua orang lho, Bela. Buktinya banyak orang di luar sana yang punya modal dan ide besar, tapi ternyata bisnisnya gagal. Kamu sendiri pasti punya kenalan yang pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis. Nah, kamu tahu sendiri kan bahwa membuka usaha sendiri itu sangat riskan? Namun, kalau memang sudah jalannya, apa pun pasti bisa kamu lalui! Daripada salah langkah, yuk, lihat lima ujian berikut ini untuk mengetahui apakah berbisnis merupakan jalan hidupmu. 

1. Riset, riset, dan riset

Apakah Bisnis Merupakan Jalan Hidupmu? Kamu Harus Lolos 5 Ujian Ini Dulu!

parkandcube.com

Apa saja konsekuensi dan risiko yang harus kamu tanggung dari menjalankan ide bisnismu ini? Siapa saja pesaingmu? Siapa saja link yang kamu punya dan bisa kamu manfaatkan? Kamu sudah siap belum menghadapi segala tantangan dan kesulitannya? Mungkin kamu harus kehilangan sejumlah uang atau mengundurkan diri dari pekerjaanmu sekarang. Akankah kamu menerimanya dengan lapang dada? Kalau riset saja belum menyeluruh, jangan berani-beraninya membuka usaha sendiri. 

2. Mandiri

Apakah Bisnis Merupakan Jalan Hidupmu? Kamu Harus Lolos 5 Ujian Ini Dulu!extremelyneil.com

Apakah selama ini kamu sudah cukup mandiri? Dalam artian mampu menjadi manajer dan supervisor bagi diri sendiri, menjaga kedisiplinan, menyelesaikan masalah, sampai memotivasi diri sendiri. Membangun usaha berarti kamu akan memulai dan mengerjakan langsung segala hal sendirian sampai bisnismu sudah stabil dan sukses nanti. Jika kamu sudah mencoba bekerja bagi orang lain beberapa kali tapi justru tidak berhasil dan kamu bekerja jauh lebih baik saat kamu diberi kebebasan untuk mengatur sendiri ritme kerja dan kreativitasmu, mungkin bisnis adalah panggilan hidupmu.

3. Mengatur uang

Apakah Bisnis Merupakan Jalan Hidupmu? Kamu Harus Lolos 5 Ujian Ini Dulu!freshpalettes.wordpress.com

Bagaimana dengan kemampuan finansialmu? Bisakah kamu memanfaatkan sumber daya dan modal yang kamu miliki secara efektif? Apakah kamu sering memboroskan uang? Atau kamu sudah pandai mengatur keuanganmu sendiri? Kalau mau menjalankan bisnis, kemampuan mengatur uang adalah hal yang mutlak dan tak bisa ditawar lagi, Bela. 

4. Tes kepribadian

Apakah Bisnis Merupakan Jalan Hidupmu? Kamu Harus Lolos 5 Ujian Ini Dulu!
teenfolk.blogspot.com

Jangan hanya mengandalkan nafsu semata saat ingin membuka usaha. Kamu harus tahu dulu apakah sifat-sifatmu cocok. Cobalah untuk mengikuti tes minat dan bakat untuk memastikan apakah passion-mu memang dalam dunia bisnis. Kamu juga bisa mencoba tes kepribadian online yang sudah banyak mendapat review positif

5. Dukungan moral

Apakah Bisnis Merupakan Jalan Hidupmu? Kamu Harus Lolos 5 Ujian Ini Dulu!teenfolk.blogspot.com

Selain empat hal di atas, kamu juga harus lolos ujian moral. Apakah kamu punya pendukung setia? Misalnya keluarga, mentor, sahabat, atau pasangan. Pasalnya, kamu akan menghadapi cobaan yang begitu besar ketika memulai bisnismu. Tanpa orang yang setia mendukungmu, kamu akan dengan mudah menyerah di tengah jalan. 

Bagaimana, Bela? Apakah kamu sudah lolos lima ujian di atas? Tenang saja kalau kamu belum lolos, Bela. Kamu masih muda dan masih banyak belajar dari setiap pengalamanmu. Belum tentu bisnis bukan jalan hidupmu kok, mungkin hanya belum saatnya saja. Tetap semangat dalam berjuang, ya!

 

BACA JUGA: Bunga Tidurmu Begitu Indah? Benarkan Arti Mimpimu Justru Kebalikan dari Serba Indah