Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Aturan Penting Saat Bertemu dengan Dia yang Kamu Kenal via Online

Tetap waspada dan hati-hati, ya!

Zahra Ramadhani

Tentu saja, berkencan secara online sangat menyenangkan! Ini merupakan cara bagus untukmu menempatkan diri, bertemu orang baru, dan menemukan calon pasangan. Namun, di saat yang bersamaan kencan online juga bisa menakutkan dan berbahaya, lho. Apalagi, ketika kamu nggak mematuhi aturan keamanan kencan online yang paling dasar. Padahal, keamanan kamu adalah hal terpenting yang harus kamu ingat. 

Untuk itu, pelajari dan lakukan beberapa aturan versi Popbela berikut ini saat bertemu langsung dengan pasangan yang kamu dapatkan melalui aplikasi online, ya.

1. Bertemulah di tempat umum

https://www.pexels.com/@mehradvosoughi

Aturan nomor satu yang harus selalu kamu ingat dan tekankan pada diri sendiri! Nggak peduli seberapa tampan dan hebat si dia kelihatannya. Untuk pertemuan pertama, kedua, atau ketiga, pilihlah tempat dengan lingkungan yang kamu kenal dengan baik. Mall atau cafe, misalnya. Jadi apabila terjadi masalah, kamu dapat dengan mudah menemukan orang lain di sekitar kamu, seandainya kamu mengharapkan pertolongan.

Selain itu, kamu juga dapat meminta sahabat untuk ikut dan duduk di meja lain, lho. Just in case kamu merasa tak aman untuk pergi sendiri.

2. Pakai kendaraan pribadi

https://www.pexels.com/@olly

Jika terjadi masalah, kamu dapat dengan aman pergi meninggalkannya menggunakan kendaraan sendiri. Namun, apabila kamu tak mengemudi, selalu persiapkan rencana alternatif sebelum bertemu dengan si dia nanti, ya.

3. Sebelum bertemu langsung, pastikan kamu telah beberapa kali berkomunikasi dengannya melalui telepon

Unsplash

Percayalah, hal yang satu ini juga nggak kalah penting untuk kamu lakukan sebelum bertemu si dia secara langsung! Tentu saja, berbicara bersama seseorang di telepon sangat berbeda dengan hanya sekadar bertukar pesan singkat atau email. 

Berkomunikasi dengan si dia melalui telepon dapat menjadi bukti nyata untukmu bahwa si dia bukan merupakan seseorang dengan profil online palsu. Namun, bukan berarti bertukar pesan singkat nggak berguna, ya. Menjaga komunikasi merupakan kunci untuk mengembangkan sebuah hubungan yang baru, Bela.

4. Pastikan selalu berbagi kabar dengan orang yang kamu percaya

Unsplash

Sangat wajar, kok, ketika perasaan ragu dan khawatir menghampiri. Bertemu dengan sosok asing yang kamu dapati dari sosial media jelas sangat berisiko. Semua orang nggak terkecuali kamu setuju akan hal tersebut, kan? Untuk itu, kamu perlu membuat skenario terburuk yang mungkin saja terjadi, ya.

Beri tahu sahabat atau orang yang kamu percaya ke mana dan dengan siapa kamu akan pergi. Bahkan, apabila diperlukan, kamu juga dapat memberi mereka nomor teleponnya.

5. Atur pertemuanmu dengan si dia sekasual mungkin

Pinterest.com/Stocksyunited

Aturan ini lebih berkaitan dengan kenyamanan kamu daripada keamanan, ya. Tapi, apa salahnya kamu terapkan di pertemuan pertama nanti?

Pilih tempat yang benar-benar membuatmu nyaman dan nggak merasa gugup, deh. Sesuatu yang santai adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi stres dan kecemasan berlebih. Kedai kopi di siang hari, misalnya. Kombinasi tempat publik dan pilihan waktu yang tepat akan jauh lebih aman pula untukmu.

Sebaiknya hindari bertemu di bar atau klub untuk pertemuan pertama kamu, ya. Selain terlalu bising untuk berbicara, ada begitu banyak risiko lain yang tentu saja nggak ingin kamu ambil, bukan?

6. Pertemuan pertamamu tak seharusnya dihitung pula sebagai kencan pertama

https://theeverygirl.com/

Ini hanyalah pertemuan kamu dan si dia untuk pertama kalinya. Mungkin, ada beberapa tanda yang membuatmu merasa bahwa ini adalah kencan. Tetapi sebenarnya tidak. Pada pertemuan pertama ini, kamu hanya memastikan bahwa apa yang kamu lihat darinya di media sosial sesuai dengan apa yang sesungguhnya atau tidak, Bela. Selain itu, inilah pula saatnya untukmu tahu apakah si dia benar-benar tertarik untuk mengenalmu.

Itulah beberapa aturan penting yang perlu kamu ketahui sebelum bertemu langsung dengan si dia yang kamu kenal lewat aplikasi online. Utamakan keselamatan dan kenyamanan kamu, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Dating