Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Membuat Laki-Laki Sadar Akan Kesalahannya

Tetap elegan dan jangan berapi-api ya, Bela!

Windari Subangkit

Tidak ada manusia yang sempurna, semua orang tentu pernah melakukan kesalahan, tak terkecuali dalam suatu hubungan. Akan tetapi, berbesar hati dan mengakui kesalahan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak orang justru lebih mudah melihat kesalahan orang lain daripada menengok kekurangan pada diri sendiri. Khususnya, bagi para laki-laki yang cenderung memiliki ego lebih tinggi.

Sebagai manusia biasa, tentu wajar jika seorang laki-laki berbuat kesalahan pada pasangannya. Namun, yang jadi masalah ialah ketika si dia tak sadar bahwa apa yang dilakukannya itu hal yang salah. Lantas, bagaimana cara membuat laki-laki sadar akan kesalahannya? Berikut Popbela akan memberikan tips ampuhnya!

1. Tenangkan dirimu

Unsplash.com/Sean Kong

Ketika pasanganmu melakukan kesalahan, wajar jika kamu merasa kesal atau marah. Namun, berteriak dan mengamuk tidak akan membuatnya jadi sadar akan kesalahannya, Bela. Sebaiknya hindari bicara saat kamu sedang emosional atau marah besar. Tenangkan dirimu dulu agar bisa bicara baik-baik.

2. Beritahu apa kesalahannya

Unsplash.com/Yolanda Sun

Sebagian orang mungkin berpikir, silent treatment adalah cara yang ampuh untuk membuat laki-laki sadar akan kesalahannya. Padahal, tak selamanya begitu, lho. Jika kamu mendiamkan pasanganmu, dia justru akan bingung dan berpikir bahwa kamu ngambek tanpa alasan jelas. Maka dari itu, cara terbaiknya ialah dengan memberitahunya secara langsung bahwa apa yang dia lakukan bukanlah hal yang benar. Ajak dia bicara berdua dan usahakan untuk jaga emosimu ya, Bela.

3. Ajak dia bicara, bukan berdebat

Unsplash.com/Priscilla du Preez

Sampaikan baik-baik mengapa menurutmu dia telah berbuat kesalahan dan apa yang kamu inginkan darinya. Nggak ada salahnya untuk mencoba memberinya pemahaman tentang hal yang seharusnya ia lakukan. Ajak dia berdiskusi, bukannya berdebat. Bisa jadi dia memang benar-benar nggak sadar dan nggak merasa yang dia lakukan adalah suatu kesalahan. Jadi, kamu perlu memberitahukannya.

4. Beri kesempatan dia untuk menjelaskan

Unsplash.com/Priscilla du Preez

Setelah kamu mengatakan kesalahannya, beri dia kesempatan untuk menjelaskan apa yang ia lakukan berdasarkan sudut pandangnya. Sebuah masalah akan terlihat lebih jelas dan berimbang ketika dilihat dari dua sisi. Ada kemungkinan pasanganmu akan berkelit dan enggan menyadari kesalahannya. Namun, setidaknya kamu bisa menarik kesimpulan untuk menentukan langkah selanjutnya.

5. Sedikit menjauh untuk sementara

Unsplash.com/Cody Black

Kalau pasanganmu adalah sosok yang keras kepala, cara yang satu ini bisa kamu coba. Kamu dapat mulai menjaga jarak untuk sementara waktu sampai dia sadar akan kesalahannya. Selain itu, dalam suatu hubungan memang diperlukan ruang atau jeda. Hal ini bisa menjadi momen untuk kamu dan pasangan saling introspeksi diri.

6. Kurangi bertemu dan komunikasi

Unsplash.com/Nylos

Menjaga komunikasi dan bertemu pasangan merupakan hal yang penting dalam sebuah hubungan. Namun ketika menghadapi masalah, ada baiknya kamu sedikit mengurangi pertemuan dan komunikasi. Selain demi menghindari argumen, cara ini juga berguna untuk menenangkan pikiran sejenak. Tapi, jangan sampai kamu membuat dia merasa nggak dipedulikan, ya, Bela. Tetaplah jaga komunikasi, tapi nggak seintens biasanya. Dengan begini, dia punya ruang dan waktu untuk merenungi apa yang telah ia lakukan sebelumnya.

7. Sampaikan harapanmu

Unsplash.com/Imam Muhaimin

Menyampaikan harapan bisa menjadi cara lain untuk membuat laki-laki sadar akan kesalahannya. Sampaikan bahwa apa yang kamu harapkan nggak sesuai dengan apa yang ia lakukan. Utarakan dengan sehalus mungkin dan jangan menghakimi. Ingatlah, tujuanmu adalah memperbaiki masalah, bukannya menyalahkan. Mungkin saja selama ini dia memang tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya itu tidak benar, sehingga dia butuh orang lain untuk menunjukkan kesalahannya di mana.

Itulah 7 cara membuat laki-laki sadar akan kesalahannya. Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating