Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Aktor Thailand Build Jakapan Diduga Lakukan Kekerasan, Ini Faktanya

Penggemarnya tetap setia mendukung

Puspita Ramadhani

Usai tuduhan pelaku kekerasan menimpa Ohm Pawat, kini isu tersebut kembali hadir dalam dunia hiburan Thailand. Kali ini, Jakapan Puttha atau Build Jakapan, yang mulai banyak dikenal lewat perannya di serial Thailand, KinnPorsche, menjadi tersangka kasus kekerasan pada mantan kekasihnya. 

Nama Build sempat menjadi trending topic di Twitter selama beberapa saat lantaran dugaan kekerasan yang ia lakukan pada mantannya itu. Setelah semuanya semakin ramai, agensi Build Japakan, Be On Cloud, menyatakan bahwa artis naungannya memutuskan untuk hiatus. 

Seperti apa fakta kasus kekerasan yang sedang menimpa Build Jakapan dan mantan kekasihnya? Selengkapnya di bawah ini. 

1. Berpacaran dengan Patchayamon Theewasujaroen alias Poi

twitter.com/biupage

Berawal dari unggahan Poi di Twitter yang menyebutkan bahwa dirinya pernah berpacaran dengan Build selama hampir dua tahun. Kisah asmara itu mereka jalani secara diam-diam, sehingga tak banyak yang mengetahuinya. Melihat pengakuan Poi, sontak unggahan penulis KinnPorsche ini langsung mendapat banyak perhatian publik, terutama penggemar Build. 

2. Mengaku pernah mendapat kekerasan

twitter.com/biupage

Selain pengakuannya soal pernah menjalin kasih dengan Build, pernyataan Poi yang lainnya pun ikut menuai kontroversi. Ia menyebutkan bahwa dirinya pernah mendapat tindak kekerasan dari aktor kelahiran 1994 itu. 

Tak sekadar kata-kata, Poi juga memberikan beberapa bukti chat antara ia dan Build yang tengah menunjukkan bekas luka yang ada pada tubuhnya. Sayangnya, Build tak menanggapi hal itu dengan serius. 

Sebaliknya, dalam unggahan yang sama, tampak Build tengah mempermainkan perasaan Poi dengan berulang kali mengatakan bahwa ia tak mencintai Poi dan sangat ingin membunuhnya. 

3. Memeras dan selingkuh dari kekasihnya

twitter.com/biupage

Poi juga membeberkan beberapa bukti chat yang menunjukkan bahwa kekasihnya itu selalu meminta uangnya untuk membeli barang-barang mewah dan juga berselingkuh darinya. Selain itu, Poi juga memberikan tuduhan kepada Build bahwa mantannya mencoba untuk mencuri ide tulisannya yang berjudul 4 Minutes.

4. Build dinyatakan hiatus

twitter.com/biupage

Mendapat kabar bahwa Build Jakapan tengah terlibat kasus dugaan kekerasan, Be On Cloud, agensi naungannya langsung memberikan tanggapan atas isu tersebut. 

"Dengan hormat kami meminta waktu untuk menginvestigasi masalah ini dan detail dari kedua belah pihak secara jelas dan benar. Kami harus mendengarkan dan mempertimbangkan informasi dari kedua sisi dengan hati-hati. Karena itu, perusahaan belum bisa merilis detail maupun kesimpulan apa pun untuk saat ini," tulis BOC.

Tak hanya itu, perwakilan agensi juga menyatakan bahwa Build tengah hiatus dan akan dikeluarkan dari proyek yang sedang atau akan ia jalani. Dengan begitu, agensi meminta Build untuk merenungi apa yang telah ia perbuat.

“Build Jakapan akan hiatus dari semua pekerjaannya tanpa batas waktu yang pasti. Ia juga akan segera dikeluarkan dari proyek-proyek perusahaan. Dia akan berhenti dari jadwalnya untuk merenungkan perbuatannya dan menyelesaikan permasalahan ini,” sambungnya.

5. Akan diadakan klarifikasi secara live streaming

twitter.com/biupage

Sebagai agensi, Be On Cloud atau BOC akan berperan sebagai penengah antara Build dan Poi. Bentuk penengahan itu ditunjukkan BOC dengan melakukan klarifikasi secara langsung dengan saluran live streaming. Lewat Instagram resminya, BOC mengumumkan kapan klarifikasi itu akan dilakukan. 

"Setelah melakukan banyak diskusi internal, semua pihak sepakat bahwa akan diadakan klarifikasi sehubungan dengan perselisihan ini. Oleh karena itu, kami ingin mengonfirmasi bahwa pada Sabtu (28/01/2023), akan diadakan konferensi langsung mengenai perselisahan antara dua belah pihak. Baik Build Jakapan dan Poi, serta juru bicara Be On Cloud, semuanya akan hadir dalam konferensi langsung ini yang akan diadakan pukul 14:00 WIB (GMT+7) lewat saluran YouTube Be On Cloud," papar BOC dalam tulisan resminya.

6. Berbagai reaksi penggemar

twitter.com/biupage

Melihat Build atau sering disapa dengan Biu oleh para penggemar terlibat kasus dugaan kekerasan, mereka tak terima bahwa idolanya harus terseret kasus semacam ini. Banyak kata-kata dukungan diberikan di media sosial.

"Saat hari-hari yang menyulitkan datang menghampirimu, kami akan tetap setia bersamamu, di sampingmu," kata penggemar.

"Build, tetaplah kuat dan tunggulah semuanya akan berakhir dengan indah," tulis beberapa penggemar di Twitter.

Bahkan, para penggemar tak hanya memberikan kata-kata dukungan untuk Build. Mereka juga membeberkan beberapa bukti dan komentar bahwa apa yang dilakukan Poi tidaklah benar. 

"Tolong jangan percaya apa pun yang ditulis di Twitter. Aku memberikan dukungan dan cinta untuk semua artis BOC,"

"Aku tidak tahu bagaimana faktanya, karena aku bukan sosok yang mudah percaya apa pun. Tapi, satu yang kupercayai bahwa Poi bukanlah orang baik," 

"Poi kamu membuat kesalahan dengan memilih musuh yang tidak tepat," ucap warganet yang tidak memercayai semua pengakuan Poi. 

Adanya kasus yang membuat Build terseret menjadi pelaku membuat pecinta serial Thailand terpecah menjadi dua kubu. Oleh karena itu, banyak yang mengharapkan klarifikasi live streaming yang akan dilakukan memberikan hasil dan keputusan terbaik. Jadi, mari kita nantikan, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating