Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Mutusin Pacar Secara Baik-Baik

Berawal baik berakir juga baik!

Rosita Meinita

Saat kamu menjalani sebuah hubungan tentunya banyak hal yang harus kamu diskusikan dengan pasanganmu. Entah itu cara berpacaran, komunikasi, bahkan finansial terhadap pasangan. Kesesuaian itu terkadang nggak berjalan mulus, sampai kamu merasa ada titik jenuh.

Titik jenuh ini merupakan waktu yang bisa kamu jadikan acuan, kamu bisa memperbaiki hubunganmu ataupun bemilih cara berpisah. Cara mutusin pacar secara baik-baik juga bisa menjadi penyelesaian di kala memang menjalani kehidupan secara sendiri-sendiri adalah yang terbaik.

Tetap menjalin hubungan pasca putus, inilah cara mutusin pacar secara baik-baik.

1. Nggak menyampaikannya di pesan singkat

freepik.com/ sviatkovskyi

Terkadang saat kamu marah, pikiran jernih akan terhalangi oleh emosi. Rasa kecewa, kesal, marah ataupun keinginan untuk menyudahi semuanya akan tersirat di pikrianmu saat kamu dan pasangan sedang berdebat.

Cara mutusin pacar secara baik-baik tentunya nggak menyampaikannya di pesan singkat. Ini terkesan kamu nggak menghargai dan menganggapnya enteng. Bagaimanapun yang terjadi, ingatlah dia pernah membahagiakanmu.

2. Memberi space sebelum menyampaikannya

freepik.com/ patty-photo

Terkadang waktu untuk sendiri dan berpikir jernih adalah saat kamu sendirian. Di saat itu kamu bisa membuat pertimbangan, hal-hal yang terbaik untuk hubunganmu. Jangan asal spekulasi, tetapi pikirkan juga hal-hal yang akan terjadi setelahnya.

Memberi space kepada pasanganmu merupakan cara mutusin pacar secara baik-baik. Emosi kamu akan lebih stabil saat menyampaikannya dengan beberapa alasan yang logis.

3. Alasan yang logis dan hindari drama

freepik.com/ freepik

Mungkin alasanmu untuk mengakhiri hubungan adalah kamu sedang jenuh dengannya, sehingga saat kamu menyampaikan keinginanmu secara nggak sadar kamu melakukan drama. Drama-dema ayang nggak perlu ini harus dihindari karena nggak salah satu cara mutusin pacar secara baik-baik.

Ungkapkan alasanmu dengan baik, berikan alasan yang logis mengapa kamu dan dia nggak bisa lagi untuk bersama. Ini akan sulit baginya, tetapi jujur akan membuatnya menerima keputusanmu.

4. Memilih kalimat yang santun

freepik.com/ freepik

Cara mutusin pacar secara baik-baik nggak hanya menyampaikan keinginanmu saja, tetapi bagaimana etiketmu yang juga baik. Pilihlah kalimat yang santun sehingga kamu nggak menyakiti perasaannya. Nggak hanya menjaga perasaan, pemilihan kalimat juga memberikan kesan yang baik setelah kamu dan dia berpisah.

5. Jangan kembalikan barang pemberiannya

freepik.com/ Waewkidja

Mungkin kamu berpikiran, mengembalikan barang pemberiannya bisa membantumu melupakannya. Tetapi hal ini sangat nggak disarankan. Bagaimana nggak, saat dia memberikan sesuatu untukmu, itu artinya dia menyisihkan uang atau bahkan effort untuk menabung untukmu.

Jadi tetaplah simpan di salah satu kardus atau tempat yang jarang kamu jangkau. Dengan cara ini kamu bisa menghargai dia dan juga mambantumu untuk melupakannya. Hal ini juga salah satu cara mutusin pacar secara baik-baik.

6. Pastikan keputusanmu itu konsisten

freepik.com/ pressfoto

Kebanyakan dari kamu memilih berpisah merupakan emosi sesaat. Untuk itu, kamu bisa menyesal di kemudian hari. Pastikan apa yang kamu inginkan adalah keputusan yang konsisten. Berpisah merupakan langkah untuk kamu dan dia lebih berkembang dan mempunyai hubungan lebih sehat. Jangan kamu minta putus sekarang dan meminta balikan di kemudian hari. Cara mutusin pacar secara baik-baik juga melibatkan mental pasca kamu berpisah ya, Bela. Kamu mungkin akan bersedih, tetapi itu tak akan lama.

7. Jaga jarak setelah putus

freepik.com/ katemangostar

Setelah kamu menyatakan keinginan untuk berpisah, ada hal yang kemungkinan terjadi. Dia akan menerimanya secara lapang dada atau bahkan kecewa akan keputusanmu. Menjaga jarak adalah pilihan terbaik untuk cara mutusin pacar secara baik-baik.

Beri dia waktu untuk bersedih, sendiri dan menyadari bahwa sekarang nggak ada kamu lagi di kehidupannya. Kamu tetap bisa menjalani hubungan baik dengannya tetapi setelah waktu berselang setelah kamu menyatakan untuk berpisah.

Berpisah bukanlah harapan semua orang, tetapi ini merupakan salah satu cara untuk membuatmu lebih baik daripada tetap bersama tetapi dengan hubungan yang nggak sehat.

IDN Media Channels

Latest from Dating