Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Bentuk Usaha yang Harus Diapresiasi dalam Hubungan, Kamu Harus Tahu!

Meski hanya hal sederhana, tapi kamu harus mengapresiasinya

Raden Putri

Beda orang, beda kepribadian, maka beda juga bentuk usaha yang dilakukan untuk menunjukkan rasa cintanya kepada pasangan. Besar atau kecilnya usaha yang pasangan lakukan, harus tetap diapresiasi dan dihargai. Karena sesungguhnya, dalam suatu hubungan ketulusan yang tersampaikan jauh lebih penting dari apa pun.

Semua hubungan tentu harus diusahakan. Meski sudah resmi menjadi sepasang kekasih, bukan berarti usaha kita untuk pasangan menjadi berkurang atau mungkin hilang.

Hubunganmu akan terasa hambar dan membosankan jika kamu dan pasanganmu tidak mengusahakan yang terbaik untuk kelanjutan hubungan kalian. Lambat laun, hal ini pun dapat mengakibatkan hubunganmu dan dia menjadi renggang. 

Bentuk usaha yang dilakukan untuk perkembangan hubungan pun tidak harus sesuatu yang besar. Karena, banyak hal kecil yang dapat dilakukan, namun tetap memiliki makna yang dalam.

Terkadang, hal-hal sederhana yang pasangan usahakan justru tidak kita sadari dan apresiasi. Lalu, apa saja bentuk usaha yang harus diapresiasi dalam hubungan? Berikut rangkumannya!

1. Rela mengalah dan memaafkan pasangan

Pexels.com/Leah Kelley

Mengalah bukan berarti kalah. Sikap mengalah yang ditunjukkan oleh pasanganmu dapat menjadi bukti jika egonya tidak bisa mengalahkan rasa cintanya. Hal ini dapat berarti bahwa pasanganmu tahu jika ego tidak akan bisa menyelesaikan apa pun.

Saat kamu berbuat salah dan pasanganmu memaafkan kesalahanmu, maka itu adalah sebuah bentuk usaha yang paling tulus. Dia sedang berusaha mengerti dengan bersikap bijaksana dan mengembalikan keadaan seperti semula. Jika pasanganmu sering melakukan hal ini, maka kamu wajib untuk mengapresiasinya.

2. Selalu mendengarkan dan tidak menghakimi cerita yang kamu sampaikan

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Mendengarkan pasangan menjadi hal sederhana, namun cukup sulit dilakukan oleh banyak orang. Mereka dapat mudah berbicara, tapi kesulitan ketika diminta untuk mendengarkan. Padahal, menjadi pendengar yang baik bisa membuat suasana menjadi lebih nyaman untuk berdua.

Jika pasanganmu selalu mendengarkan dengan baik, maka dia bisa menjadi tempat cerita yang kamu andalkan. Dia dapat memberi banyak saran dan semangat serta tidak akan menghakimi apa pun cerita yang sedang kamu sampaikan.

3. Menyempatkan waktu untuk memberi kabar di kala sibuk

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Komunikasi adalah salah satu poin yang sangat penting dalam suatu hubungan. Pasangan yang bersedia mengabarimu saat sedang sibuk tanpa perlu kamu minta adalah suatu bentuk usaha yang harus diapresiasi dalam hubungan.

Hal ini mungkin terkesan remeh dan sederhana, tetapi tanpa kamu disadari, komunikasi yang baik akan membuat hubunganmu jauh lebih baik dan lebih berkembang lagi. Sebab, komunikasi akan membawa pelakunya menjadi dekat dan memahami satu sama lain.

4. Ketika berjanji untuk pergi bersama, dia tampil dengan sopan

Pexels.com/Gustavo Fring

Salah satu cara untuk membuat pasangan senang adalah dengan mengajaknya pergi bersama. Mereka akan berjanji untuk pergi dan merencanakan sesuatu bersama. Entah itu pergi piknik, menonton film di bioskop, atau sekadar makan malam bersama.

Meski sudah lama menjalin hubungan dan sudah mengetahui kekurangan masing-masing, namun dia akan tetap berusaha untuk tampil dengan sopan ketika bertemu denganmu.

Dia selalu tahu bagaimana harus bersikap dan menyesuaikan diri. Dia selalu ingin terlihat cocok ketika bersamamu dan hal ini harus diapresiasi.

5. Melibatkan pasangan dalam mengambil keputusan

Pexels.com/Mikhail Nilov

Melibatkan pasangan ketika akan mengambil suatu keputusan adalah hal yang penting. Terlebih jika itu adalah keputusan besar yang akan mengubah hidupnya. Dia tidak ingin menjadi egois dan akan membiarkan pasangannya mengetahui segala urusannya.

Namun, pastikan untuk memahami terlebih dahulu permasalahannya. Setelah itu, kamu dan pasangan dapat saling memberi pendapat, dukungan, dan masukan jika diperlukan. Dengan demikian, hubunganmu dan pasanganmu pun akan menjadi lebih dekat.

Jika pasanganmu melakukan ini, maka dia sangat patut untuk mendapatkan apresiasimu. Dia benar-benar ingin kamu tahu tentang dunianya.

6. Tak sungkan menunjukkan kasih sayangnya

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menunjukkan kasih sayang adalah salah satu usaha yang harus selalu diberikan kepada pasangan. Jika pasanganmu tak sungkan menunjukkan perasaannya, maka itu berarti dia sedang berusaha untuk membuatmu bahagia dan yakin akan perasaan cinta yang dia miliki.

Menunjukkan kasih sayang tak hanya di awal menjalin hubungan saja, tetapi harus setiap waktu. Hal ini dapat menjadi salah satu bentuk mempertahankan hubungan yang tentu saja harus diapresiasi.

Itulah 6 bentuk usaha yang harus diapresiasi dalam hubungan. Mengapresiasi pasangan sangat perlu untuk dilakukan agar satu sama lain dapat saling menghargai. Karena, kebahagiaan juga bisa datang dari bagaimana kamu dan pasangan memperlakukan satu sama lain.

IDN Media Channels

Latest from Dating