Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Salah, Ini 5 Dampak Buruk Tak Pernah Bertengkar dengan Pasangan

Kamu dan pasangan bisa meledak sewaktu-waktu

Natasha Cecilia Anandita

Sering bertengkar memang tak baik untuk hubungan, tapi tak pernah bertengkar pun sama buruknya. Pertengkaran atau perdebatan dalam hubungan adalah hal yang wajar. Mengutip Time, psikolog klinis, Deborah Grody, mengatakan bahwa pasangan suami istri yang tidak pernah berkonflik sering kali berakhir dengan perceraian. 

Ini bisa menjadi tanda bahwa pasangamu menjadi acuh tak acuh dan malas berdebat hingga menurunnya gairah. Nah, berikut ada 5 dampak buruk tak pernah bertengkar dengan pasangan. 

1. Kehilangan kesempatan untuk memperbaiki hubungan

unsplash.com/istockphoto

Penelitian telah menemukan bahwa menghindari percakapan atau perdebatan bisa memperburuk hubungan di kemudian hari. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa ketika pasangan menghindari topik hubungan yang penting, mereka memiliki komunikasi yang lebih buruk, kurang bahagia, dan kurang berdedikasi pada hubungan mereka tujuh minggu kemudian.

Tidak hanya itu, ketika kamu dan pasangan menghindari konflik, kalian akan kehilangan kesempatan untuk memperbaiki hubungan. Tanpa argumen, hubungan tidak akan ada kemajuan. Jadi, kebanyakan pasangan perlu lebih banyak berdebat, bukan lebih sedikit. Bukan berarti mencari-cari gesekan dan dengan sengaja mencari alasan untuk bertengkar, tetapi kamu harus dengan rela merangkul konflik yang muncul secara alami.

2. Kalian rentan merasa bosan

unsplash.com/istockphoto

Jika tak ada bumbu-bumbu pertengkaran, hubungan kalian akan terasa datar dan membosankan. Ini membuat kamu jadi tidak tahu secara pasti bagaimana kepribadian pasanganmu, terlebih saat dia marah. Jika hubungan sudah terasa membosankan, ini akan semakin sulit untuk kokoh. 

3. Hubungan jadi kurang menarik

unsplash.com/istockphoto

Hubungan yang baik-baik saja bisa jadi kurang berwarna. Dengan konflik dan perdebatan, ini bisa menjadi tantangan tersendiri dan semakin menguatkan hubungan kalian. Ini membuat kalian tahu bagaimana menghadapinya kalau ada masalah yang serupa.

Setelah bertengkar dan berbaikan, perasaan rindu dan rasa cinta bisa bertambah. Pasangan yang tak pernah bertengkar tentunya tak akan merasakan perasaan semacam ini. Padahal itulah yang membuat hubungan semakin menarik. 

4. Kehilangan minat atau kurang sayang lagi

unsplash.com/istockphoto

Pertengkaran terjadi karena kamu peduli. Tanpa pertengkaran, kamu merasa tidak didengarkan dan ingin dilihat oleh pasangan. Ketika kalian tak lagi bertengkar, ini bisa menjadi pertanda hilangnya ketertarikan di dalam hubungan. Ini akan menuju pada perasaan individual dan saling mengabaikan. 

5. Menyebabkan stres dan bisa meledak sewaktu-waktu

unsplash.com/istockphoto

Ketidaksukaan pada pasangan, ketidaksepemahaman, dan ketidakcocokan yang dipendam bisa membuat racun dalam tubuh. Memendam kekesalan bisa berpengaruh pada mental dan juga tubuh yang menyebabkan stres. 

Setelah semuanya terpendam terlalu banyak, ini bisa menjadi bom waktu. Kamu dan pasangan bisa saja akan mengalami ledakan emosi yang tak terbendung lagi apabila terus menyimpannya sendiri. Saat bertengkar, kalian bisa langsung berpisah. Maka dari itu, keterbukaan di antara kalian memang menjadi satu prioritas penting yang harus diperhatikan.

Itulah 5 dampak buruk tak pernah bertengkar dengan pasangan. Jadi, cobalah untuk mengutarakan setiap perasaan ketidakcocokanmu dengan pasangan, tapi sehabis itu berbaikan lagi, ya.

IDN Media Channels

Latest from Dating