Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Sampai Terjebak, Ini 9 Cara Hindari Pacaran yang Tidak Sehat

Lakukan sebelum terlambat.

Gita Laras

Hubungan yang tidak sehat sangat berbahaya, membuat sakit hati, bahkan dapat menjadi lebih parah dengan melibatkan kekerasan. Hubungan seperti ini tidak normal, ya, Bela. Sering kali rasa bersalah, penyangkalan, dan manipulasi terlibat di dalamnya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menetapkan batasan tertentu dalam hubungan. Berikut 9 cara menghindari pacaran yang tidak sehat.

1. Mengetahui keinginan diri sendiri dalam sebuah hubungan

freepik.com/ gpointstudio

Mengenali diri sendiri menjadi hal penting sebelum membangun hubungan dengan orang lain. Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk memahami diri sendiri seperti mengikuti tes kepribadian sebelum memutuskan berkencan. Jika sudah tahu apa yang diinginkan, kamu akan menemukan orang yang tepat sehingga bisa menciptakan hubungan yang sehat.

2. Cari pasangan dengan tujuan sama

freepik.com/ gpointstudio

Berkencan dengan seseorang yang memiliki tujuan yang sama dengan kamu akan sangat menyenangkan. Kamu akan menemukan koneksi dan merasa lebih tenang. Hubungan juga menjadi lebih sehat karena kamu menghabiskan waktu bersama orang yang menyukai hal-hal yang kamu suka juga.

3. Menetapkan batasan

Unsplash.com/Chandra Daru Nusastiawan

Saat memutuskan menjalin hubungan dengan orang lain, selalu prioritaskan keamanan diri sendiri. Kamu bisa menetapkan batasan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hubungan tersebut. Misalnya, masing-masing dari kalian harus menghormati privasi satu sama lain dan tidak membuka ponsel satu sama lain.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Unsplash.com/Joshua Rawson

Ketika sudah menetapkan batasan dalam hubungan yang dijalani, kamu akan menjadi lebih percaya diri dan memiliki standar tinggi. Kamu tidak bergantung dengan pasangan. Kamu juga tidak akan membiarkan diri kamu diperlakukan tidak baik.

5. Jangan pernah mengabaikan red flags

Pexels.com/Rodnae Productions

Ingatlah bahwa cinta yang baik seharusnya rasional. Jika kamu berkali-kali “membenarkan” perilaku buruk pasangan, itu adalah tanda kamu terlibat hubungan tidak sehat. Perhatikan red flags alias sinyal bahaya dalam hubungan, seperti selalu merasa dirugikan atau ketika pacar kamu melakukan kekerasan. Jangan membohongi diri sendiri hanya karena kamu ingin bersamanya.

6. Berani mengatakan "tidak"

Pexels.com/Viktoria Slowikowska

Mengatakan “tidak” terkadang membuat diri sendiri dan orang lain menjadi tidak nyaman. Namun, ini harus dilakukan untuk menjaga diri sendiri. Hindari selalu berusaha menyenangkan pacar karena itu akan menjadi racun dalam hubungan. Kamu harus bisa membuat keputusan untuk diri sendiri dan tidak mengikuti apa saja kata pasangan.

7. Memperbaiki komunikasi

freepik.com/ lookstudio

Sebelumnya, kamu sudah menetapkan batasan dalam hubungan. Maka, langkah selanjutnya adalah menciptakan komunikasi yang bagus. Saling jujur merupakan hal penting untuk membangun hubungan sehat. Ini berarti kamu dan pasangan harus menghindari asumsi dan menyimpan segala sesuatunya sendiri. 

Utarakan apa yang ingin kamu sampaikan, tanpa rasa takut atau bersalah. Ada saatnya juga kamu menjadi pendengar yang baik untuk pacar.

8. Hindari penghisap energi

Chicago.suntimes.com

Apabila pasangan membuat kamu selalu merasa tertekan dan kelelahan, ada baiknya kamu menghindarinya. Jika kamu merasa energi kamu terhisap setiap bersama dengannya, artinya hubungan yang dijalani tidak sehat.

9. Taklukkan rasa takut kesepian

Pexels.com/Ferdinand Studio

Jika kamu masih terjebak dalam hubungan tidak sehat, padahal sudah menetapkan batasan, cara terbaik adalah melepaskannya. Terkadang, kamu terpaksa mempertahankan pacaran yang tidak sehat hanya karena takut kesepian. Oleh sebab itu, taklukkan ketakutan tersebut. Selalu prioritaskan kebahagiaan diri kamu sendiri.

Itulah 9 cara menghindari pacaran yang tidak sehat. Jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan yang merugikan ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating