Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ajukan 7 Pertanyaan Ini Pada Diri Sendiri, Sebelum Memulai Hubungan

Yakin sudah siap?

Firyal Shabirah

Saat kamu masih single dan melihat orang lain yang memiliki hubungan asmara, kamu mungkin merasa ingin juga melakukan hal yang sama. Namun memulai hubungan tidak selalu seindah yang kamu bayangkan. Kamu perlu mengenal diri sendiri sebelum memulai hubungan, dengan begitu kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang dirimu dan apa yang kamu inginkan.

Tanyakan 7 pertanyaan di bawah ini pada dirimu, agar kamu yakin untuk memulai hubungan yang baru.

1. Hubungan seperti apa yang aku inginkan?

Freepik/lookstudio

Apakah kamu ingin memulai hubungan yang serius? atau hanya untuk mengisi kekosongan di saat ini? Kamu harus mengetahuinya terlebih dahulu. Hal ini akan berkaitan dengan ekspektasi kamu terhadap hubungan kamu nantinya.

2. Sudahkah aku berdamai dengan masa laluku?

Pexels.com/Anete Lusina

Biasanya, kisah cinta yang gagal sebelumnya meninggalkan trauma dan mempengaruhi cara kita memperlakukan pasangan yang  baru. Jadi, sebelum memulai hubungan yang baru, pastikan kamu sudah benar-benar ikhlas, damai, dan bisa memulai semuanya dari awal. Benarkah kamu sudah move on atau hanya mencari pelarian?

3. Kekurangan apa yang aku miliki?

Pexels.com/Anastasia Shuraeva

Pertanyaan ini bisa membantu kamu untuk lebih mengenal diri sendiri dan upgrade diri sebelum berkencan dengan orang lain. Kamu juga bisa memberitahu kekurangan kamu pada calon pasangan saat pendekatan dan lihat bagaimana responsnya.

4. Orang seperti apa yang aku butuhkan?

Freepik.com/Katemangostar

Setelah menjawab pertanyaan nomor 1 dan 3, cobalah jawab pertanyaan ini. Visi, tujuan hidup, dan karakter diri akan membantu kamu untuk menjawabnya. 

5. Bisakah aku bisa melihat dia menjadi bagian dalam hidupku?

Pexels.com/Nycolle Suabya

Pertanyaan ini tepat ditanyakan pada diri saat sudah ada seseorang yang dekat dengan kamu. Coba bayangkan kamu menjalani hari-hari bersamanya, apakah bayangan yang muncul membuatmu bersemangat? Apakah kamu bisa membayangkan masa depan bersamanya? 

6. Siapkah aku berada di dalam sebuah hubungan yang mengikat?

https://www.pexels.com/@anete-lusina

Walaupun belum menikah, sebuah hubungan tetap dilandasi oleh komitmen. Jadi, kamu harus siap untuk menurunkan ego, mencari cara berkomunikasi yang tepat, dan tentunya bernegosiasi dalam berbagai urusan. Siapkah kamu?

7. Siapkah aku untuk patah hati (lagi)?

Pexels.com/Inna Mikitas

Jatuh cinta memang tak bisa lepas dari patah hati. Hal ini kadang dilupakan oleh banyak orang karena sudah dimabuk asmara. Walaupun tak ada yang ingin hubungannya gagal, setidaknya pastikan diri kamu siap untuk kemungkinan terburuk, tapi jangan jadi penghalang juga ya.

IDN Media Channels

Latest from Dating