Ketika menjalin hubungan asmara dan sudah benar-benar cinta, tentunya terbersit angan untuk dapat selalu bersama, langgeng hingga pernikahan dan maut memisahkan. Apalagi jika kamu telah memasuki usia matang dan siap menikah, rasanya tentu sudah tidak ingin buang-buang waktu lagi dengan orang yang salah, bukan?

Untuk membangun dan menjalani hubungan, cinta bukan satu-satunya hal yang diperlukan. Dibutuhkan kerja keras dan kesediaan untuk senantiasa merawat hubungan agar selalu baik dan harmonis.

Dalam menjalani hubungan mungkin saja ada cerita suka dan duka, tetapi kekuatan cinta akan mengalahkan semuanya. Lantas apakah dia yang selama ini kamu cintai akan menjadi cinta terakhirmu dan hubungan kalian akan langgeng?

Sesungguhnya kamu dapat melihat tanda-tanda kelanggengan hubungan sejak awal, lho, Bela. Penasaran apakah hubungan kamu akan langeng bersama dia? Yuk, simak 10 tanda hubungan kamu akan langgeng berikut ini.

1. Saling percaya satu sama lain

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan Langgengunsplash.com/Everton Vila

Memiliki hubungan di mana pasangan telah percaya untuk mencurahkan waktu dan bersedia terbuka akan hal apa pun kepada kamu, itu merupakan langkah awal untuk memiliki hubungan yang bertahan lama. Dalam suatu hubungan, kepercayaan adalah segalanya. Jika kamu merasa nyaman dan yakin bahwa pasangan kamu tidak akan melakukan hal yang melukai hubungan kalian, kamu beruntung karena memiliki hubungan yang kuat. Pertahankan itu, ya, Bela.  

2. Saling mendukung satu sama lain

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan Langgengfreepik.com/lookstudio

Salah satu hal terbaik di dunia ini adalah memiliki pasangan yang senantiasa mendukung apa pun yang kamu lakukan dan begitu pula sebaliknya. Memiliki pasangan yang selalu ada di saat suka maupun duka menjadi tanda bahwa hubungan kalian dapat berlangsung lama. Selalu ada untuk satu sama lain dan saling mendukung membuat hubungan serta segala tantangan yang ada di depan menjadi lebih mudah dilalui.

3. Dapat bertanggung jawab satu sama lain

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan Langgengunsplash.com/freestocks

Menjalani hubungan membutuhkan teamwork. Pertengkaran dan perselisihan menjadi asam garam dalam hubungan, terlebih jika itu adalah hubungan jangka panjang. Tidak jarang pula kamu ataupun pasangan melakukan kesalahan yang dapat memicu pertengkaran di antara kalian. Meminta maaf dengan tulus dan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat merupakan sikap bertanggung jawab yang harus dimiliki satu sama lain. Maka untuk memiliki hubungan yang langgeng bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan, kok. 

4. Menunjukkan cinta melalui sentuhan fisik

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan Langgengfreepik.com/lookstudio

Meskipun penting untuk menunjukkan cinta dan dukungan kepada pasangan melalui kata-kata, beberapa bentuk ungkapan cinta melalui fisik itu juga tidak kalah penting. Tidak melulu soal seks antara kamu dan pasangan setelah menikah. Memberikan pelukan atau ciuman saat pasangan akan berangkat kerja, ternyata dapat mempererat hubungan asmara. Hal seperti itu memang perlu untuk dibiasakan, namun menjaga rutinitas sebagai bentuk penyampaian kasih sayang dapat membuat hubungan semakin kuat dan bertahan lebih lama. 

5. Saling mencintai bagaimanapun keadaannya

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan Langgengunsplash.com/Nathan McBride

Cinta atas dasar ketulusan adalah cinta yang diimpikan oleh banyak orang, Jika kamu dan pasangan sudah memiliki hal ini, maka berjuang adalah hal yang mudah untuk dilakukan bersama. Percaya bahwa masalah yang kalian hadapi akan menemukan jalan tengah. Meski ada kalanya keraguan terbesit dalam dada, kamu dan pasangan mau tetap saling mencintai dan menguatkan satu sama lain. 

6. Tidak ada niatan meninggalkan, meski saat dilanda bosan

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan Langgengunsplash.com/Christiana Rivers

Menjalani hubungan jangka panjang tentunya tidak terlepas dari rasa bosan. Rasa bosan pasti akan ada, namun kamu dan pasangan tidak membuat hal itu menjadi suatu alasan untuk saling meninggalkan. Kamu dan pasangan memiliki cara tersendiri untuk mengatasi rasa bosan tersebut dan tetap memilih untuk jalan bersama. Itu merupakan tanda hubungan asmara yang akan langgeng.

7. Mau membangun masa depan bersama

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan LanggengPexels.com/Andrea Piacquadio

Obrolan seputar ke mana hubungan akan dibawa menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Pembicaraan mengenai kapan waktu kalian akan menikah ataupun tentang kehidupan seperti apa yang kalian ingin jalani setelah menikah, merupakan tanda bahwa hubungan kalian serius dan akan bertahan lama. Pasangan yang ingin memiliki hubungan langgeng maka dia akan bersedia untuk membagikan hal-hal yang berkaitan dengan masa depan. Jika kamu dan pasanganmu memiliki tujuan sama, maka itu secara tidak langsung akan menguatkan hubungan kalian. 

8. Menghormati perbedaan satu sama lain

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan Langgengfreepik.com/branin

Menyadari bahwa kamu dan pasangan pasti memiliki perbedaan dan saling menghargai itu adalah salah satu tanda bahwa hubungan kalian dapat berlangsung lama. Kamu dan pasangan selalu mengedepankan sikap saling menghormati perbedaan satu dengan lainnya. Perbedaan bukan saja soal suku, tetapi juga bisa berupa perbedaan cara pandang, pilihan makanan, atau bahkan pilihan politik. Perbedaan tidak selalu berarti kalian tidak cocok, kok, tinggal bagaimana kamu dan pasangan bisa mengelola itu dengan bijak. 

9. Merasa nyaman saat bersama

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan Langgengfreepik.com/user21531855

Nyaman menjadi salah satu faktor mengapa banyak pasangan bertahan pada hubungannya. Betapa menyenangkannya apabila kamu berada dalam hubungan yang membuat kamu merasa dicintai saat menjadi dirimu sendiri. Saat kamu merasa nyaman dengan pasangan, kamu tidak perlu bersusah payah untuk selalu dapat membuatnya terkesan. Dia akan mencitaimu kamu sebagaimana adanya, dan dicintai saat menjadi diri sendiri akan membuat kamu nyaman serta memiliki hubungan yang langgeng. 

10. Kesediaan untuk memelihara cinta

Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Hubungan Asmara Akan LanggengPexels.com/Helena Lopes

Rasa cinta tidak bisa dibiarkan begitu saja. Seperti halnya mahkluk hidup, jika rasa cinta tidak dipelihara dan ditumbuhkan maka rasa juga bisa mati. Hubugan yang selama ini sudah terjalin cukup lama, terdapat kepedulian, kebaikan, dukungan, empati, dan cinta yang terus dibangun dan dipelihara. Perasaan di dalam suatu hubungan harus senantiasa ditumbuhkan satu sama lain agar rasa itu terus ada.  

Itulah beberapa tanda hubungan asmara akan langgeng. Coba cek, apakah tanda-tanda itu ada di hubungan kamu atau tidak.

Baca Juga: 9 Tanda Cemburu Berlebihan yang Nggak Sehat dalam Hubungan

Baca Juga: Kenali Pasangan Lebih Dekat dengan 40 Pertanyaan 'Deep Talk' Ini

Baca Juga: 9 Tips Cerdas Membahas Keuangan dengan Pasangan