Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara agar Kamu Nggak Mudah Jatuh Cinta Lewat Dating App

Mengenal diri sendiri jadi hal yang paling penting!

Fikriah Nurjannah

Dating app menjadi salah satu aplikasi kekinian di kalangan anak muda dalam mencari hubungan asmara dengan seseorang melalui online. Ada berbagai jenis dating app yang mungkin sudah tidak asing terdengar di telingamu.

Namun, tentunya kamu perlu hati-hati saat menggunakan aplikasi dating ini. Sebab, kamu belum mengenal dengan jelas seperti apa orang yang kamu temui dalam aplikasi tersebut. Tak jarang, kencan secara online yang berawal dari aplikasi dating berujung pada perpisahan dan sakit hati.

Lalu, bagaimana cara agar tidak mudah jatuh cinta yang berujung patah hati dengan seseorang di aplikasi kencan? Ini deretan penjelasannya, Bela. Simak dengan baik ya!

1. Berpura-puralah kebal terhadap segala rayuan

pexels.com/shvets-production

Kamu bisa menghindari segala indikasi agar tidak mudah jatuh cinta dengan berpura-pura kebal terhadap segala pujian dan rayuan yang diberikannya. Kamu mungkin merasa bahwa hal itu akan cukup mudah untuk dihindari, saat kamu telah memiliki batasan dalam dirimu.

Kamu perlu berpikir bahwa pujian dan rayuan itu mungkin saja palsu dan membuat pemikiran tersebut terbentuk dengan baik dalam dirimu, sehingga kamu tidak akan terlalu mempedulikan atau merasa besar kepala saat seseorang di dating app memberimu rayuan.

Pada intinya, demi menghindari agar tidak mudah jatuh cinta, jadi mengapa tidak benar-benar menghindarinya dengan selama mungkin?

2. Jangan berpikir serius dengan aplikasi kencan

freepik.com/photo-mode-2022826-14053

Meski aplikasi kencan mungkin telah menghasilkan hubungan yang langgeng bagi sebagian orang, tetapi kamu perlu menempatkan pemikiran dalam dirimu bahwa hal itu belum tentu bisa terjadi pada setiap orang untuk bisa menemukan cinta dan keromantisan yang sama.

Kamu juga perlu mengingat untuk jangan berpikir serius akan dating app. Ini bisa menjadi cara yang baik untukmu agar bisa menghindari agar tidak mudah jatuh cinta dengan seseorang di aplikasi kencan dan merasa terjebak atau sakit hati karenanya.

3. Menyadari bahwa cinta tidak selalu terjadi saat kamu sedikit mengharapkannya

pexels.com/olha-dobosh

Dalam film mungkin ditampilkan bahwa saat kamu berhenti mencari seseorang yang kamu inginkan, maka secara ajaib ia akan datang dalam hidupmu. Tetapi kenyataannya, tentu hal ini tidak terjadi dengan mudah.

Saat kamu hanya menghabiskan waktu di kantor atau di rumah, kamu tidak akan pernah bertemu siapa pun yang menjadi pujaan hatimu. Ini memang menjadi cara yang mudah untuk menghindari agar tidak mudah jatuh cinta. Namun, ini juga berarti kamu tidak akan pernah bertemu seseorang yang menjadi belahan jiwamu.

4. Jangan melupakan diri sendiri

pexels.com/bela-cheers

Meski kamu menghindari diri agar tidak jatuh cinta dengan mudah pada seseorang, tentu pada akhirnya kamu harus membuka diri untuk menjalin hubungan asmara dengan seseorang.

Oleh karenanya, meski kamu berhati-hati dan menjaga diri untuk tidak mudah jatuh cinta, kamu tidak boleh melupakan diri sendiri. Tetap menjaga hati dan diri, namun juga peduli dan mengingat diri sendiri.

5. Pahami bahwa mungkin dia juga melihat orang lain

pexels.com/budgeron-bach

Agar kamu tidak mudah jatuh hati dengan seseorang di aplikasi kencan, kamu perlu memahami bahwa mungkin dia tidak hanya dekat dengan dirimu saja. Ia kemungkinan akan melihat orang lain juga, walaupun kamu merasa bahwa dia telah menghabiskan banyak waktu dengan dirimu.

Kemungkinan dia juga masih mengirim pesan kepada mantannya, atau mungkin dia sedang dalam fase break dengan kekasih yang sesungguhnya. Kamu harus menyadari kemungkinan tersebut dapat terjadi. Namun, itu bukan berarti kamu tidak memiliki masa depan, tetapi itu memiliki arti bahwa dia belum berkomitmen kepadamu.

6. Saat mulai tumbuh perasaan, mundurlah kembali

pexels.com/alexis-ricardo-alaurin

Tidak ada cara yang benar-benar mampu membuat kamu mencegah untuk jatuh cinta kepada seseorang. Oleh karenanya, saat kamu merasa sudah mulai tumbuh perasaan kepadanya, cobalah untuk mundur kembali. Maka, ini akan terasa jauh lebih baik.

Kamu akan dapat melihat segalanya lebih jelas dan mampu mengontrol dirimu untuk tidak mudah jatuh hati pada seseorang di dating app.

7. Jangan menghubunginya setiap waktu dan setiap hari

pexels.com/andrea-piacquadio

Sulit bagi kamu untuk tidak mudah jatuh cinta dengan seseorang saat kamu menghabiskan waktu setiap saat memikirkan, berbicara, bergaul, dan chatting dengan orang tersebut. Kamu harus membuat batasan untuk memberikan ruang pada dirimu dan gebetanmu.

Kamu juga perlu mengingatkan pada dirimu bahwa ada hal lain dalam hidupmu yang patut kamu perhatikan. Jangan abaikan orang lain dan hal-hal yang terjadi dalam hidupmu, apalagi hanya untuk seorang laki-laki yang kamu temui di dating app.

8. Temukan hal atau aktivitas lain yang bisa mendistraksi dirimu sendiri

pexels.com/george-milton

Kamu tidak mudah jatuh hati pada seseorang di aplikasi kencan jika kamu tidak memberikan seluruh hidupmu untuk memikirkan gebetan, apa yang sedang dilakukannya, serta kapan dia mengirim pesan kepadamu.

Kamu dapat melakukan apa pun yang kamu suka atau hobi yang kamu miliki, dibandingkan kamu selalu mengirim pesan kepadanya. Sangat penting untuk menjauhkan pikiranmu dari laki-laki yang menjadi gebetanmu sesering mungkin, khususnya pada awal perkenalan kalian. Hal ini dilakukan agar bisa membantu kamu mencegah jatuh cinta dengan mudah.

9. Tetapkan standar pada dirimu dan berpegang teguh pada itu

pexels.com/alan-retratos

Mungkin kamu memang menyukai orang yang kamu temui di aplikasi kencan tersebut dan kamu bahkan kamu melihat adanya potensi untuk menjalin kedekatan lebih dengannya. Tetapi, kamu perlu mengingat bahwa hal itu masih bukan menjadi alasan untuk kamu jatuh cinta dengan cepat kepadanya, sebelum kamu benar-benar mengetahui dan mengenal siapa dirinya yang sebenarnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk menetapkan standar serta harapan hubungan yang kamu inginkan dari seseorang yang akan kamu kencani secara serius. Pastikan bahwa apa pun yang kamu inginkan dari laki-laki yang kamu kencani, kamu bersedia untuk memberikan hal yang sama sebagai balasannya.

10. Ingatlah jika dia layak, maka dia akan menunggumu

pexels.com/tan-danh

Dalam menghasilkan jalinan hubungan asmara yang serius dan baik, tentunya sangat diperlukan waktu dan beberapa pembicaraan yang nyata. Kamu tidak berusaha untuk jual mahal atau menahan gebetanmu untuk mendapatkan hatimu. Kamu mungkin benar-benar tertarik padanya. Tetapi, karena kamu pernah patah hati sebelumnya akibat jatuh cinta dengan cepat, kamu perlu memperhatikan serta merasakan segalanya sebelum benar-benar menjalin asmara dengannya.

Saat kamu terbuka akan hal tersebut kepada gebetanmu dan dia tida bisa menghargai hal tersebut, dia merasa bahwa kamu mengambil keputusan secara lambat. Jika dia benar-benar menyukai dirimu dan berniat untuk membangun hubungan, dia akan bisa menunggu sampai kamu merasa siap.

IDN Media Channels

Latest from Dating