Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tanda Bahwa Kamu Sudah Cocok Finansial dengan Pasangan

Saatnya memikirkan untuk melangkah ke jenjang selanjutnya!

Felia Putri Dewinta

Kecocokan di antara pasangan sering kali menjadi kunci keberhasilan suatu hubungan. Mulai dari selera humor, musik, hingga makanan yang sama cenderung akan membuat jalinan asmara jadi lebih membahagiakan. Rasa cinta di antara pasangan pun akan semakin menguat seiring berjalannya waktu.

Namun ternyata, untuk mempertahankan hubungan hingga ke jenjang lebih serius, ada satu kecocokan lain yang tak boleh luput, yakni kecocokan finansial. Ini merupakan cara untuk membangun hubungan yang awet dan sehat, serta akan menjadi aspek penting dalam rumah tangga nantinya.

Lantas, kira-kira bagaimana ya cara melihat apakah kamu dan pasangan sudah cocok secara finansial atau belum? Berikut ini Popbela akan mengulas tentang tanda kecocokan finansial dengan pasangan, untuk membantu kamu temukan jawabannya. Yuk, simak!

1. Memiliki prinsip dan nilai dasar dalam keuangan

pexels.com/Ketut Subiyanto

Tak bisa dipungkiri bahwa uang sering kali bisa menjadi pemicu perdebatan antar pasangan. Untuk itu, kalian harus bisa menciptakan jarak tegas untuk urusan keuangan.

Sebelum menikah, pastikan kalian telah memiliki prinsip dan nilai-nilai dasar dalam masalah keungan yang telah disepakati bersama. Misalnya, bagaimana gaya hidup yang akan dijalani maupun risiko-risiko yang mungkin terjadi.

Meski sulit, membicarakan transparansi keuangan dengan pasangan menjadi salah satu tanda bahwa kalian telah siap mewujudkan pernikahan yang sehat secara finansial.

2. Saling memahami tujuan finansial di masa depan

Pexels/Pavel Danilyuk

Selanjutnya, kamu dan pasangan juga harus berdiskusi mengenai tujuan finansial, baik secara individual maupun bersama pasangan. Bicarakan pula mengenai rencana-rencana yang ingin kamu lakukan dan capai di masa depan.

Cobalah untuk menuliskan detailnya secara jelas, agar bisa saling memahami tujuan finansial tersebut. Dengan begitu, kalian bisa menemukan cara mengelola keuangan individu dan keuangan bersama-sama dengan lebih baik.

3. Perhatikan kebiasaan pengeluaran satu sama lain

Popbela.com/Ayu Utami

Tanda kecocokan finansial dengan pasangan yang selanjutnya adalah saat kalian bisa memperhatikan kebiasaan pengeluaran satu sama lain. Pastikan pasanganmu memiliki kebiasaan pengeluaran yang baik, tidak terlalu konservatif serta tidak terlalu agresif.

Kebiasaan pengeluaran bisa menjadi tanda bagaimana seseorang mengelola keuangan dalam hidupnya. Bila mengetahui hal ini, maka kalian bisa mulai mempertimbangan keuangan yang lebih sehat dalam hubungan nantinya.

4. Ada batasan jelas dalam kepemilikan

Pexels.com/cottonbro

Ternyata, batasan jelas dalam kepemilikan dan keuangan dalam hubunga termasuk sebagai hal penting lho, Bela! Beberapa pasangan memutuskan untuk menggabungkan keuangan, ada pula yang memisahkannya, serta ada juga yang memilih sistem hybrid.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan pilihan tersebut. Namun perlu diingat bahwa apa pun pilihannya, batasan jelas dalam kepemilikan tetap diperlukan. Bila sudah memiliki batasan jelas ini, maka kalian bisa memutuskan bagaimana terbaik untuk menjalani kehidupan rumah tangga sesuai keputusan bersama.

5. Tidak ada utang di antara satu sama lain

Pexels.com/Mikhail Nilov

Terakhir, cobalah untuk menghindari berutang dengan pasangan, karena ini merupakan hal sensitif yang berpotensi mengganggu hubungan. Selain itu, bila memiliki utang dengan pihak lain, maka pastikan pula pasangan mengetahuinya.

Pasangan yang sudah transparan, jelas serta memiliki ketegasan mengenai utang dalam hubungan, maka bisa dibilang pasangan tersebut sudah memiliki kecocokan secara finansial.

Nah, itulah dia beberapa tanda kecocokan finansial dengan pasangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum melangkah menuju jenjang selanjutnya. Bagaimana Bela, apakah kamu dan pasangan sudah memilikinya?

IDN Media Channels

Latest from Dating