Persiapan pernikahan sangat kamu butuhkan ketika membicarakan acara besarmu dan pasangan. Sebab jika tanpa persiapan, pernikahan akan berlangsung secara berantakan, baik dari segi acara maupun biaya. Pengeluaran akan lebih boros karena nggak ada perencanaan sebelumnya. Kamu ingin pernikahanmu berkesan, namun tentunya nggak ingin sampai melampaui dari budget-mu dan pasangan, bukan?

Karena itu, penting untuk meluangkan waktu untuk membicarakan mengenai persiapan pernikahan bersama pasangan. Namun, apa saja persiapan pernikahan yang perlu kamu lakukan?

Daftar persiapan pernikahan

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPexels.com/Energepic.com

Ada banyak hal yang perlu kamu dan pasangan persiapkan sebelum menikah. Bahkan meliputi keluarga dari kedua belah pihak. Berikut ini adalah daftar persiapan pernikahan yang perlu kamu lakukan:

  1. Biaya pernikahan
  2. Makeup dan baju pengantin maupun keluarga
  3. Tema dekorasi pesta pernikahan
  4. Menu makanan
  5. Jumlah tamu undangan dan jumlah keluarga yang datang
  6. Lokasi acara pernikahan
  7. Undangan pernikahan
  8. Administrasi pendaftaran menikah di KUA atau pencatatan sipil
  9. Panitia acara pernikahan
  10. Susunan acara pernikahan
  11. Adat pernikahan
  12. Seragam keluarga dan atau panitia acara
  13. Biaya tak terduga saat pernikahan
  14. Mahar atau mas kawin
  15. Seserahan jika ada yang harus dibawa saat pernikahan
  16. Souvenir pernikahan
  17. Hiburan
  18. Dokumentasi pernikahan

Daftar ini dapat terus bertambah seiring mewah-sederhananya sebuah acara pernikahan dan banyaknya susunan acara yang akan dilakukan. Selain itu, daftar persiapan pernikahan ini nggak termasuk acara lamaran dan tunangan, ya.

Persiapan pernikahan sederhana

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPixabay.com/Jordan Stimpson

Berbicara mengenai acara pernikahan yang mewah dan sederhana, tentu keduanya memiliki persiapan yang berbeda dengan total biaya pengeluaran yang berbeda pula. Semakin mewah sebuah acara, semakin rumit daftar persiapan dan semakin banyak biaya yang perlu disiapkan.

Pernikahan sederhana pun bukan berarti nggak menghabiskan banyak biaya, Bela. Tetap ada sejumlah biaya yang perlu kamu persiapkan, namun tentu nggak akan sebanyak pernikahan yang megah. Berikut daftar persiapan pernikahan sederhana yang perlu kamu perhatikan.

  1. Biaya untuk pernikahan: Biaya disesuaikan dengan konsep pernikahan sederhana yang kamu dan pasangan inginkan.
  2. Tanggal pernikahan: Tentukan tanggal pernikahan sebelum melanjutkan proses persiapan untuk mendaftar ke KUA atau kantor pencatatan sipil.
  3. Administrasi pendaftaran pernikahan: Urus administrasi yang menjadi syarat kelengkapan calon pengantin untuk mendaftarkan tanggal pernikahan dan mendapatkan dokumen resmi menikah.
  4. Lokasi pernikahan: Umumnya pernikahan sederhana dilakukan di rumah untuk menghemat biaya. Alternatif lain, lokasi pernikahan sederhana dapat berupa aula gedung, taman belakang rumah, atau villa kecil.
  5. Jumlah tamu undangan dan keluarga: Jika merencanakan acara sederhana, kamu dan pasangan perlu membatasi jumlah undangan. Biasanya, hanyak keluarga, saudara dan teman dekat yang diundang dari kedua belah pihak. Banyaknya jumlah tamu undangan ini akan menentukan banyaknya jamuan yang akan dihidangkan.
  6. Jamuan atau hidangan pernikahan: Kamu bisa menghidangkan menu makanan apa pun dalam pesta pernikahanmu. Namun jika ingin menghemat biaya, disarankan untuk menghidangkan 3-4 jenis menu pada meja prasmanan, serta 1-2 menu sampingan. Jenis lauk yang dihidangkan pun dapat memengaruhi besaran biaya yang dikeluarkan. Misalnya, memilih menu olahan daging sapi akan lebih mahal ketimbang menu olahan ayam.
  7. Dekorasi pernikahan: Pernikahan yang sederhana nggak memerlukan dekorasi yang begitu mewah. Alternatif lainnya, kamu dan pasangan dapat memainkan kreativitasmu untuk mendapatkan dekorasi yang terlihat manis dengan harga terjangkau.
  8. Makeup dan baju pengantin: Kamu dapat memilih paket pernikahan yang sudah mencakup riasan dan baju pengantin. Dengan begitu, kamu dapat menghemat biaya untuk pengeluaran ini.
  9. Souvenir pernikahan: Souvenir pernikahan dapat memilih benda-benda yang sederhana namun dapat digunakan sehingga tetap berkesan bagi tamu undangan. Pilihan benda seperti ini dapat mengurangi budget pengeluaran pernikahan.
  10. Adat pernikahan: Ini merupakan opsional. Karena terkadang, pernikahan dengan adat dapat menghabiskan biaya lebih banyak. Namun jika memang ingin menggunakan adat, dan sesi adat tersebut dapat disederhanakan, maka ini dapat masuk sebagai salah satu persiapanmu.

Panitia persiapan pernikahan dapat berasal dari keluarga, dan kamu dapat mengurangi pengeluaran dengan mengurus pernikahan sendiri ketimbang menggunakan wedding organizer (WO).

Persiapan pernikahan bagi wanita

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPixabay.com/Taylor Harding

Selain mempersiapkan acara pernikahan itu sendiri, masing-masing dari calon pengantin perlu mempersiapkan dirinya sendiri. Sebab kamu dan pasangan akan menjadi highlight pada hari istimewa kalian berdua, maka kalian berdua harus tampil menawan. Ini daftar yang harus dilakukan untuk persiapan pernikahan bagi wanita.

1. Menyiapkan pas foto dan administrasi untuk pendaftaran pernikahan

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPixabay.com/Fancycrave1

Siapkan pas foto ukuran 2x3 dan 4x6 dengan latar belakang warna biru, dan lampirkan bersama surat-surat administrasi untuk pendaftaran pernikahan. Umumnya, dokumen yang perlu kamu siapkan adalah fotokopi identitas diri dan surat pengantar dari otonom daerah setempat.

2. Perawatan diri

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPixabay.com/Seksak Kerdkanno

Riasan pengantin dapat membuat wajahmu terlihat manglingi di hari pernikahan. Namun jika nggak dirawat dari beberapa bulan sebelumnya, wajah dan tubuh akan memancarkan rona kurang sehat yang dapat memengaruhi penampilan. Jadi, sembari mempersiapkan pernikahan, rutin merawat diri sendiri. Lakukan perawatan wajah seperti facial di salon atau facial sendiri di rumah. Lakukan perawatan tubuh dengan mendapatkan pijat atau spa. Gunakan skincare yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kamu akan nampak lebih bercahaya di hari pernikahanmu nanti.

3. Menjaga pola makan

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPexels.com/Pixabay

Mulai menjaga pola makan sedari menetapkan tanggal pernikahanmu. Selain menjaga bentuk tubuh tetap ideal demi baju pengantin, menjaga pola makan dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan wajah. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi susu dapat menambah berat badan serta memicu munculnya jerawat pada wajah. Jadi, coba melakukan diet yang tepat untuk dirimu, Bela.

4. Menjaga hubungan dengan pasangan

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPixabay.com/StockSnap

Meski sibuk dalam mempersiapkan pernikahan, jangan lupa untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan. Sempatkan berkencan, berikan perhatian padanya, luangkan waktu untuk mengobrol bersama. Usahakan untuk menghindari konflik. Kalaupun terjadi perdebatan, selesaikan dengan kepala dingin dan jangan saling menyalahkan. Jaga hubungan tetap harmonis selama mempersiapkan pernikahan.

5. Membuat wedding mood board

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPexels.comPicjumbo.com

Wedding mood board adalah kumpulan inspirasi pernikahan yang kamu inginkan. Inspirasi ini dapat berupa foto dari berbagai sumber yang kamu lihat dan sesuai dengan gambaran pernikahan idaman. Wedding mood board dapat mempermudah persiapan pernikahan karena kamu tahu bayangan tepat dari acara yang kamu inginkan.

Persiapan pernikahan bagi pria

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPexels.com/Scott Webb

Nggak hanya perempuan, laki-laki juga memiliki daftar persiapannya tersendiri dalam menyambut hari bahagianya. Sebagian besar persiapan sama seperti yang disebutkan dalam poin persiapan perempan. Namun, ada beberapa hal persiapan pernikahan bagi pria yang perlu diperhatikan.

1. Biaya pernikahan

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPixabay.com/Jan VaĊĦek

Meski di masa kini biaya pernikahan dapat dibagi bersama dengan pasangan, nggak ada salahnya jika kamu mengambil andil bagian ini. Malah, akan lebih baik jika laki-laki berkontribusi besar dalam mengeluarkan biaya menikah. Sebab dalam beberapa adat, sudah sepantasnya laki-laki menanggung biaya acara ini. Sekalipun ditanggung bersama, jangan pernah lepas tangan ketika membicarakan masalah biaya bersama pasangan.

2. Mahar atau mas kawin untuk pasangan

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPixabay.com/Agnieszka Kaczynska

Calon pengantin laki-laki perlu mempersiapkan mahar ata mas kawin untuk pasangan. Bentuknya dapat berupa apa saja, umumnya berupa perlengkapan ibadah atau uang. Nggak perlu mewah atau berlebihan, cukup sesuaikan dengan keyakinan dan biaya. Hal yang terpenting adalah mas kawin berkesan bagi calon pengantin.

3. Menjaga kesehatan penampilan

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPexels.com/RawPixel.com

Bukan hanya perempuan yang perlu menjaga kesehatan wajah dan tubuh, laki-laki pun perlu melakukan hal yang sama. Nggak ada salahnya untuk melakukan perawatan wajah seperti facial, dan jangan ragu untuk menjaga kesehatan tampilan kulit tubuh dengan melakukan spa. Kamu bahkan bisa melakukannya bersama pasangan. Anggap saja sebagai salah satu kencan menarik kalian!

4. Menjaga pola makan

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPexels.com/Trang Doan

Juga, pengantin pria perlu menjaga pola makan selama menanti tanggal pernikahan. Menerapkan pola makan yang sehat dapat berdampak baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, serta bermanfaat dalam menjaga bentuk tubuh tetap ideal.

5. Menjaga hubungan tetap berjalan harmonis

Cara Menyusun Persiapan Pernikahan Biar Nggak Panik Jelang Hari HPixabay.com/Free-photos

Ada banyak hal sepele yang dapat menyinggung perasaan satu sama lain selama mempersiapkan pernikahan. Karena itu, usahakan untuk menjaga perasaan satu sama lain. Hindari konflik dan jika terjadi, usahakan untuk menyelesaikannya dengan perasaan tenang dan pikiran terbuka untuk mencapai kesepakatan bersama.

Itulah persiapan pernikahan yang perlu kamu perhatikan dalam merencanakan acara pernikahanmu. Namun satu hal lainnya yang perlu kamu dan pasangan siapkan menjelang pernikahan adalah mempersiapkan mental untuk menikah. Sebab, pernikahan merupakan sebuah keputusan besar yang terjadi sekali dalam seumur hidup. Kamu dan pasangan nggak ingin bermain-main dengan hal ini. Selain itu, kalian berdua akan menjalani kehidupan bersama dalam waktu panjang. Karena itu, kalian berdua perlu mempersiapkan diri menghadapi suka-duka dalam rumah tangga.

Baca Juga: 10 Ide Suvenir Pernikahan Unik yang Bermanfaat untuk Tamu Undangan