Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Berkencan dengan Laki-Laki yang Belum Pernah Pacaran

Berikan dia waktu untuk beradaptasi dalam hubungan romantis

Astri Amalia

Saat ini, mungkin kita agak jarang menemukan laki-laki dewasa yang belum pernah pacaran di dalam hidupnya. Namun, hal ini bukan berarti nggak ada sama sekali, lho. Laki-laki yang belum pernah ada di dalam relasi romantis sebelumnya mungkin lebih memilih untuk menunggu lebih lama agar mereka lebih siap di dalam hubungan asmara. Namun, ketika mereka akhirnya masuk ke dalam hubungan romantis, mungkin akan butuh waktu bagi mereka dalam menyesuaikan diri, dan tentu saja bantuan dari pasangan akan sangat dibutuhkan olehnya.

Kalau kamu saat ini memiliki hubungan romantis dengan laki-laki yang belum pernah pacaran sebelumnya, mungkin kamu membutuhkan beberapa tips dalam menjaga hubungan romantismu dengannya agar dapat berjalan dengan baik. Kamu bisa simak 7 tips berkencan dengan laki-laki yang belum pernah pacaran, melansir dari Ask April berikut ini.

1. Belajar berkomunikasi dengan baik

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Komunikasi dianggap menjadi hal yang paling penting dalam menjaga hubungan, nggak terkecuali dalam hubungan romantis dengan laki-laki yang belum pernah pacaran selama hidupnya. Dalam hal berkencan dengan laki-laki yang baru berpacaran, kamu nggak hanya harus berbicara tentang perasaanmu padanya, tapi kamu juga harus memastikan kalau dia mengerti setiap hal kecil yang kamu katakan. 

Perlu diingat juga bahwa cinta adalah sesuatu hal yang baru untuknya dan mungkin perlu waktu baginya untuk menyesuaikan diri. Jadi, penting sekali untukmu bersikap transparan. Selain itu, kamu perlu memberikan contoh yang baik baginya dalam hubungan romantis. Jangan sampai apa yang kamu katakan padanya berbeda jauh dengan apa yang kamu lakukan.

2. Jangan pernah mencoba untuk mengubahnya

unsplash.com/Travis Grossen

Mungkin secara nggak sadar kamu sempat mencoba untuk mengubah pasanganmu, tapi hal ini tentu saja nggak baik untuk dilakukan. Walaupun kamu adalah seorang “pemandu” dalam hubungan, namun jangan pernah memproyeksikan pendapatmu dan memaksa agar ia bisa menjadi sosok yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Meskipun kamu saat ini berkencan dengan laki-laki yang belum pernah pacaran sebelumnya, bukan berarti kamu punya hak untuk mengubah atau mengendalikannya, ya. Malah, kamu harus memberikan dia ruang untuk beradaptasi dan menunjukkannya banyak hal positif. Dengan demikian, kamu bisa memiliki hubungan romantis yang sehat dengannya.

3. Jangan membandingkan dia dengan mantanmu

pexels.com/KoolShooters

Poin selanjutnya yaitu jangan pernah membandingkan dia dengan mantan pacarmu. Nggak ada satu pun manusia di dunia ini yang suka dibandingkan dengan orang lain, apalagi dengan mantan pacar. Berhati-hatilah untuk tidak membandingkan dia dengan mantanmu atau mencoba mengubahnya seperti menjadi mantan pacarmu.

Saat kamu mencoba melakukan hal tersebut, bisa jadi dia malah kehilangan jati dirinya sendiri dan hubunganmu bisa berubah menjadi toxic. Lebih baik, belajarlah untuk mendorong dia untuk menjadi dirinya sendiri, biarkan dia mencintaimu sambil belajar, dan jangan pernah mencoba membuatnya merasa dia tidak cukup untukmu.

4. Singkirkan egomu

pexels.com/andrea-piacquadio

Jangan pernah mengeluarkan kartu "pengalaman" saat kamu berkonflik dengannya. Sebagai seorang yang sudah pernah berpacaran, hindari merasa diri paling tahu dan benar karena kamu pernah ada di dalam hubungan romantis sebelumnya. 

Pikirkan dulu baik-baik setiap kata yang akan kamu ucapkan padanya, jangan sampai hal tersebut malah melukai dirinya. Bermain menjadi seorang “guru” hanya akan membuat hubunganmu dengannya menjadi sangat kaku. Kamu pun nggak akan bisa menikmati rasa cinta dalam hubunganmu, yang ada kamu hanya fokus pada hal yang nggak ia lakukan dengan benar menurut pendapatmu.

Alih-alih menceramahinya dengan penuh sarkasme dan memandangnya naif atau bodoh karena dia belum pernah menjalin hubungan romantis sebelumnya, kamu perlu belajar untuk lebih menghargai perasaannya, ya.

5. Bantu dia berdamai dengan rasa insecure

Freepik.com/cookie_studio

Karena ini adalah pengalaman pacaran pertama baginya, mungkin ada hal-hal yang membuat dia nggak percaya diri saat berkencan denganmu. Sebagai pasangan, kamu perlu menanamkan kepercayaan pada dirinya. Jadi, luangkan waktu untuk menunjukkan padanya bahwa kamu menghargai apa pun yang dia lakukan.

Walaupun banyak orang berpikir bahwa hanya hal besar yang pantas dipuji atau dihargai, tapi kalau dalam urusan cinta, kamu harus terus-menerus menunjukkan rasa cinta dan hormatmu pada pasangan.

6. Belajar untuk lebih sabar

pexels.com/andie-venzl-2418920

Bagi laki-laki yang belum pernah pacaran sebelumnya, mungkin perlu sedikit lebih banyak waktu baginya untuk benar-benar bersikap “alami” dalam hubungan. Penting sekali bagimu untuk bersabar dan memberitahunya secara jelas tentang apa yang kamu sukai atau inginkan darinya, lalu beri dia waktu untuk melakukannya dengan baik.

Jangan pernah juga menghinanya karena dia nggak bisa mengalir di dalam hubunganmu dengannya. Ingatlah, bahwa ini adalah hubungan romantis pertamanya.

7. Jujur antara satu sama lain

Pexels.com/Katerina Holmes

Kejujuran adalah faktor terpenting lainnya dalam menjaga keutuhan hubungan. Kamu dan dia bisa mengalami masalah jika nggak bisa jujur ​​satu sama lain, terutama tentang perasaan kalian berdua, atau tentang hal yang diinginkan dari satu sama lain. Hindari juga berasumsi dalam suatu hubungan, karena hal itu sangat nggak sehat dan meninggalkan ruang yang banyak untuk salah tafsir.

Contohnya, kamu bisa memberi ruang untuknya agar bisa mengutarakan pikiran atau perasaannya di dalam hubungan romantis pertamanya ini. Kamu juga bisa untuk mengutarakan unek-unekmu padanya. Pastikan kamu dan dia mengutarakan hal tersebut ketika kalian dalam kondisi yang baik, ya.

Jadi itulah 7 tips berkencan dengan laki-laki yang belum pernah pacaran. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating