Tidak pernah memiliki hubungan romantis dengan siapa pun membuat kita jadi kikuk dan bingung ketika ingin membuka hati. Apalagi, saat menyadari kalau sudah butuh pendamping, tentunya menemukan seseorang yang tepat menjadi sulit bahkan berubah jadi beban.

Jangan dibuat stres, Bela, kamu mungkin belum berpengalaman soal asmara tapi bukan berarti kamu tak bisa punya hubungan romantis yang menyenangkan, lho.

Berikut ini beberapa tips yang berguna untuk kamu yang ingin memulai hubungan romantis, meski jomblo sejak lahir.

1. Memulai hubungan romantis dengan kawan lama

6 Tips Memulai Hubungan untuk Kamu yang Belum Pernah Pacaranhttps://www.pexels.com/@william-fortunato

Terkadang, seseorang yang tepat untuk kita justru berasal dari lingkaran pertemanan. Mungkin dulu kamu tidak membuka hati sehingga tak sadar ada seseorang yang menyukaimu atau kamu malah nggak sengaja melewatkan orang itu.

Belum terlambat kok, Bela. Cobalah jalin kembali komunikasi dengan teman-teman lama yang sekiranya meninggalkan kesan baik di hatimu. Jika seseorang itu merupakan teman yang asyik, bukan tidak mungkin dia juga bisa jadi pasangan idealmu.

2. Meminta dicarikan calon yang tepat

6 Tips Memulai Hubungan untuk Kamu yang Belum Pernah PacaranShutterstock/leungchopan

Kamu mungkin merasa kesulitan untuk menemukan calon yang tepat karena beberapa faktor. Hmm, cobalah untuk turunkan gengsi dan minta pertolongan untuk dicarikan calon ke keluarga atau sahabat.

Bukan tidak mungkin mereka akan senantiasa membantumu, bagaimanapun mereka yang menyayangimu pasti ingin kamu untuk bahagia. Cobalah utarakan keinginanmu dengan jujur, siapa tahu kenalan dari keluarga atau temanmu adalah jodoh yang tepat buatmu.

3. Ikut komunitas yang kamu suka

6 Tips Memulai Hubungan untuk Kamu yang Belum Pernah Pacaranpexels.com/Ana Tarazevich

Punya hobi atau ketertarikan akan sesuatu? Ikut komunitas jelas bisa membuka peluang bagimu untuk bertemu jodoh. Komunitas fotografi, bahasa asing, olahraga sepeda, dan lainnya juga bisa mempertemukanmu dengan orang-orang hebat dan inspiratif.

Pastinya akan menyenangkan, ya, jika punya pasangan dengan hobi yang sama. Untuk itu jangan malas untuk menjalin koneksi baru dengan ikut berbagai kegiatan dan komunitas!

4. Berdiskusi dengan sahabat atau kerabat

6 Tips Memulai Hubungan untuk Kamu yang Belum Pernah Pacaranfreepik.com/tirachardz

Ketika sudah menemukan calon pasangan, kamu yang belum pernah berpacaran mungkin akan bingung untuk mengambil langkah selanjutnya. Kamu bisa curhat kepada sahabat atau keluarga tentang ini, supaya kamu bisa mendapatkan pencerahan dari mereka yang lebih berpengalaman.

Ingat, Bela, malu bertanya itu sesat di jalan, lho. Tak perlu ragu untuk berdiskusi soal percintaan, siapa tahu sahabat atau kerabat pernah ada di posisi yang sama dan punya solusi jitu buatmu.

5. Tetap menjadi diri sendiri

6 Tips Memulai Hubungan untuk Kamu yang Belum Pernah PacaranPexels.com/RODNAE Production

Tidak pernah berpacaran pasti membuat kita bingung dan insecure ketika berhadapan dengan calon pasangan. Jangan jadikan beban! Kamu cukup bersikap seperti biasa dan jadilah diri sendiri.

Yakinlah pasti ada yang menyukaimu apa adanya, kamu hanya belum menemukan kesempatan yang tepat. Tak perlu menjadi seseorang yang bukan dirimu hanya demi mencuri hati si dia. 

6. Jangan turunkan standarmu karena kelamaan jomblo!

6 Tips Memulai Hubungan untuk Kamu yang Belum Pernah Pacaranunsplash/Priscilla du Preez

Yang terakhir dan paling penting adalah jangan menurunkan standarmu hanya karena kelamaan jomblo!

Jika kamu melakukan hal sebaliknya, justru kamu dapat terjebak pada hubungan yang tidak sehat karena kamu bersama dengan orang yang salah.

Justru, kamu harus punya kriteria pasangan yang bisa mengimbangi dirimu. Perlu diingat jodoh adalah cerminan diri, tetap berusaha mencari hingga kamu menemukan seseorang yang memang tepat buatmu.

Nggak pernah pacaran bukan berarti kamu akan kesulitan untuk dapat pasangan. Siapa tahu, kamu hanya belum menemukan cara yang tepat. Semoga tips di atas dapat membantumu menemukan jodoh yang sesuai, ya. Jangan pantang menyerah!

Baca Juga: 7 Tips Menikmati Masa Single agar Menjadi Jomblo Bahagia!

Baca Juga: Harus Punya Pacar, Ini 5 Zodiak yang Tidak Betah Menjomblo

Baca Juga: 15 Tipe Pria yang Memilih untuk Tetap Single di Usia 35 Tahun