Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Aturan Kencan di Masa Lalu yang Mulai Terlupakan

Penting dibawa kembali di era kencan modern!

Astri Amalia

Kencan di era modern seperti saat ini rasanya lebih sulit ya, Bela. Bagaimana tidak, akhir-akhir ini perdebatan soal siapa yang mengajak kencan duluan, yang nembak duluan, hingga perlukah split bill atau tidak, membuat kencan jadi makin membingungkan.

Belum lagi adanya ghosting dan situationship alias hubungan tanpa status. Kencan yang seharusnya bikin hati berdebar dan terasa menyenangkan, kok berpotensi bikin hati terluka?

Tampaknya kita perlu kilas balik tentang aturan kencan di masa lalu yang mulai terlupakan di masa sekarang nih, Bela. Bisa jadi ini jalan keluar atas segala kebingungan di era kencan modern.

Langsung saja, yuk simak 5 aturan kencan di masa lalu yang mulai terlupakan berikut ini, dikutip dari laman Bustle.

1. Menelepon dibanding mengirim pesan teks

Unsplash.com/Jon Ly

Di zaman dulu, menelepon jadi pilihan untuk berkomunikasi dengan kekasih hati. Berbeda halnya dengan zaman sekarang, chatting atau mengirim pesan teks lebih umum dipakai, dibandingkan dengan membuat sambungan telepon.

Seorang matchmaker, Rori Sassoon menyebutkan daripada mengandalkan pesan teks, sebenarnya akan lebih baik jika pasangan dapat bertukar cerita melalui telepon.

Saat berkirim pesan, orang-orang bersembunyi di balik ponsel mereka alih-alih menyampaikan pesan manis melalui telepon,” ungkap Rori.

2. Memberi bunga

freepik.com/stockking

Meski nggak sepenuhnya hilang di zaman sekarang, memberi bunga kepada pasangan nyatanya jadi hal yang begitu spesial dalam era kencan di zaman dulu. Sayangnya, menurut pelatih hubungan, Sameera Sulliva, di zaman sekarang banyak orang yang menganggap memberi bunga itu terkesan terlalu murahan.

"Hal ini tidak pernah menjadi hal yang ketinggalan zaman, namun ada begitu banyak [orang] yang tidak melakukan hal ini karena takut [orang tersebut] akan menganggap ini terlalu murahan," kata Sameera.

3. Membuat janji temu

Pexels/Khoa Võ

Berbeda halnya dengan zaman sekarang, di mana terkadang pasangan nggak benar-benar serius membuat janji temu saat berkencan, di zaman dulu, membuat janji temu berarti turut mendetailkan waktu dan tempatnya.

Menurut konsultan etiket, Jodi RR Smith, sangat penting untuk menanyakan janji temu yang detail di era kencan modern seperti sekarang ini.

Saat bertanya, selalu tanyakan tanggal, waktu, dan aktivitas tertentu,” ungkap Jodi.

"Hal ini memungkinkan untuk menghindari ketidakhormatan. Jika dia menerima, semuanya baik-baik saja. Jika dia menolak, namun membalas dengan tanggal yang berbeda, kamu tahu dia tertarik. Jika dia menolak dan tidak memberikan informasi tambahan atau mengusulkan tanggal alternatif, kamu tahu dia tidak tertarik, tapi kamu bisa mengakhiri interaksi tanpa egomu terlalu terluka," lanjutnya.

Ini juga jadi cara yang baik agar nggak ada orang lain di luar sana membuatmu merasa 'digantungkan,' Bela.

4. Menunjukkan gestur kesopanan

freepik.com/gpointstudio

Membukakan dan menahan pintu bagi pasangan adalah hal yang penting dilakukan saat kencan di zaman dulu. Di zaman sekarang, gestur kesopanan seperti itu sebenarnya masih ada, hanya saja sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan beberapa tahun ke belakang.

"Gerakan kecil menunjukkan bahwa seseorang peduli dan perhatian, dan banyak [orang] akan memberikan [orang lain] kesempatan kedua," kata pakar perjodohan dan kencan, Stef Safran.

5. Berkirim surat

freepik.com/freepik

Semakin canggihnya teknologi nyatanya menggerus kebiasaan berkirim surat yang dilakukan pasangan di zaman dulu. Sebab saat ini, bertukar pesan teks secara instan menjadi primadona sarana berkomunikasi. Terlebih mengirimkan surat membutuhkan lebih banyak waktu agar surat bisa sampai kepada penerima.

Padahal, ada keistimewaan dalam mengirimkan surat dengan tulisan tangan. Rasa deg-degan menunggu surat tiba sudah nggak bisa dirasakan lagi di zaman sekarang.

Jadi itu tadi 5 aturan kencan di masa lalu yang mulai terlupakan. Gimana menurutmu, adakah aturan kencan yang mesti kembali di era kencan modern? Kalau ada, coba tulis jawabanmu di kolom komentar yang tersedia ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating