Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bukannya Mendekat, 5 Alasan Laki-Laki Menarik Diri Saat Jatuh Cinta

Salah satunya takut untuk merasa rentan

Astri Amalia

Jatuh cinta sejuta rasanya dan sejuta indahnya. Ketika jatuh cinta, pikiran kerap kali dipenuhi oleh sosok pujaan hati. Walaupun jatuh cinta disebut begitu indah, namun nggak semua orang bisa menyelami arti cinta itu sendiri. Karena sesungguhnya, cinta nggak hanya memberikan rasa suka, lebih dari itu, cinta membutuhkan pengorbanan dan kesiapan untuk merasa rentan.

Nggak jarang orang yang jatuh cinta malah menarik dirinya ketika merasa sudah terlalu dalam, termasuk pada laki-laki. Hmm, memang apa, sih, sebenarnya penyebab laki-laki menarik diri saat mereka jatuh cinta? Melansir BOLDE, yuk kita simak beberapa alasannya di bawah ini.

1. Mereka takut akan komitmen

Unsplash.com/Kate Kozyrka

Ini adalah salah satu alasan paling jelas mengapa laki-laki menarik diri. Selain paling indah, jatuh cinta merupakan salah satu perasaan paling rentan yang semua orang rasakan. Setelah seseorang "jungkir balik" untuk pujaan hati di dalam hubungan asmaranya, biasanya dia sudah nggak bisa menutupi dirinya akan kerentanan.

Ketika jatuh cinta, laki-laki sering mencoba untuk mematikan perasaan mereka dengan memberi jarak antara diri mereka dan pasangannya, namun selalu saja gagal dan berujung merasakan kerentanan. Itulah yang membuat banyak laki-laki ketakutan untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan.

2. Mereka masih ingin bersenang-senang

Unsplash.com/Everton Vila

Ketika kamu nggak menanggapi seseorang dengan serius, kamu pasti nggak merasa berutang apa pun padanya, kan? Hal ini pun berlaku pada beberapa laki-laki. Saat mereka jatuh cinta, mereka menyadari bahwa mereka akan kehilangan hari-hari penuh kebebasan untuk bersenang-senang. Maka dari itu, beberapa di antara mereka ada yang gemar menarik diri ketika jatuh cinta.

3. Mereka pernah tersakiti dan nggak mau hal itu terulang lagi

Freepik.com/Drazen Zigic

Perempuan bukan satu-satunya sosok yang memiliki hati yang rapuh, faktanya laki-laki juga bisa merasakan patah hati. Alasan lain mengapa laki-laki menarik diri saat jatuh cinta, kemungkinan karena mereka pernah merasa hancur oleh perpisahan hubungan sebelumnya, dan membutuhkan waktu yang cukup lama bagi mereka untuk memulihkan diri. 

Jika memang benar itu permasalahannya, mereka nggak akan tertarik untuk mengulangi pengalaman menyakitkan tersebut, dan menarik diri adalah upaya untuk melindungi diri mereka dari sakit hati di masa lalu.

4. Mereka nggak yakin terhadap perasaan mereka

Freepik.com/Freepik

Sangat mudah bagi seseorang untuk "terjebak" dalam koneksi romantis baru dalam hidupnya. Namun, pada beberapa laki-laki, saat mereka merasa jatuh cinta, terkadang mereka akan mundur sedikit untuk menilai perasaan mereka, apakah memang benar-benar jatuh cinta, atau tidak. Ini bisa menjadi hal yang baik, terutama jika mereka merasa perasaan yang dimiliki orang lain untuknya terlalu kuat.

5. Mereka nggak mau hidup mereka berubah

unsplash.com/Andrik Langfield

Faktanya, jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan orang lain akan mengubah banyak hal di dalam hidup semua orang, termasuk dalam kehidupan laki-laki. Ketika mereka berada di dalam hubungan romantis, mereka perlu mempertimbangkan pasangannya dalam setiap keputusan. Karena keputusannya itu sudah bukan lagi hanya tentang diri mereka sendiri.

Selain itu, saat memutuskan untuk berkomitmen dalam hubungan romantis, mereka sudah nggak bisa lagi menggoda banyak perempuan, nggak ada lagi kehidupan bak bujangan abadi, dan nggak ada lagi kebebasan dalam melakukan apa pun, karena mereka harus memikirkan apa pengaruhnya terhadap orang lain.

Jadi itulah beberapa alasan laki-laki yang menarik diri saat jatuh cinta. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating