Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Alasan Mengapa Selingkuh Itu Sangat Sulit untuk Diakhiri

Jadi, berapa lama selingkuh bisa bertahan?

Anisya Fitrianti

Bela, tahukah kamu kalau memulai selingkuh akan jauh lebih mudah daripada mengakhirinya? Selingkuh bisa dilakukan dengan siapa saja, di mana saja, bahkan dengan orang yang baru dikenal sekalipun. Ketertarikan secara emosional maupun seksual sering kali membuat seseorang jatuh pada perilaku selingkuh. 

Selingkuh juga sering kali diibaratkan sebagai penyakit yang sulit disembuhkan, karena pelakunya kerap mengulangi kesalahan ini di masa depan. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya sebenarnya berapa lama selingkuh bisa bertahan? Dan apa yang membuat hubungan perselingkuhan sulit diakhiri? Berikut Popbela akan mengupasnya dalam artikel ini.

1. Perselingkuhan yang mengisi kekosongan

https://unsplash.com/@overdriv3

Ketika hubunganmu dengan pasangan terasa sudah cukup, tentu tidak ada alasan untuk berpaling pada hati yang lain. Namun ketika kamu berselingkuh, pasti ada sesuatu yang salah atau terasa kosong dalam dirimu. Kasus perselingkuhan, sering kali susah diakhiri akibat adanya kekosongan yang diisi oleh sosok lain dalam hatimu, baik secara emosional maupun seksual. 

2. Meyakini sosoknya sebagai belahan jiwamu

Freepik.com/racool-studio

Segala sesuatu tentang perselingkuhan itu pasti terasa mendebarkan. Kamu dan si dia memiliki hubungan yang intens dan chemistry yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Memang, sih, dia mungkin saja belahan jiwamu, tapi ketika hubungan yang kamu jalani adalah perselingkuhan, tentu ini bukan hubungan yang sehat. 

3. Takut kembali ke realita

https://unsplash.com/@charliefoster

Selingkuh sering kali dianggap sebagai cara instan untuk mengalihkan pikiran dari realita sesungguhnya. Bila sudah begitu, tentu akan lebih sulit lagi untuk berhenti karena kamu telah bergantung pada kondisi tersebut dalam menjalani harimu. Alhasil, kamu tidak bisa membayangkan kehidupan tanpa sosok selingkuhanmu. 

4. Perselingkuhanmu membuatmu merasa lebih senang

https://unsplash.com/@freestocks

Perselingkuhan adalah perilaku rumit yang telah diteliti oleh para psikolog. Secara umum, selingkuh adalah tindakan yang sering kali mendebarkan dan memberikan kesenangan tersendiri. Hal ini juga ada kaitannya dengan pelepasan hormon oksitosin, serotonin, dan dopamin dalam tubuh. Ketika hormon-hormon tersebut lepas, kamu tentu akan merasakan sensasi senang yang lebih tinggi hingga kecanduan. 

5. Merasa bersalah untuk mengakhiri hubungan

https://heronridgeassocs.com

Sebagian orang takut menyakiti kekasih rahasianya sehingga mereka kesulitan untuk mengakhiri hubungan gelap tersebut. Bukan hanya itu, pelaku selingkuh juga sering kali merasa bersalah dengan kekasih rahasianya ketika ia harus kembali dengan pasangan aslinya. Padahal, ketika kamu selingkuh yang jelas tersakiti adalah pasangan aslimu, pasangan rahasiamu, dan dirimu sendiri. 

6. Adanya ikatan yang sulit dihapus

Pexels.com/Rafael Barros

Salah satu penyebab terbesar selingkuh sulit diakhiri adalah adanya ikatan yang sudah terbangun di antara pelaku dengan kekasih rahasianya. Sebagaimana hubungan asmara pada umumnya, selingkuh juga akan menciptakan ikatan emosional maupun seksual yang sulit untuk dihilangkan. 

7. Kamu mengalami patah hati

https://unsplash.com/@mrrrk_smith

Ketika perselingkuhan berakhir, kamu tetap akan merasakan yang namanya sakit hati. Layaknya putus dengan kekasihmu, kamu pasti akan terbayang oleh sosoknya yang selama ini pernah mengisi hari-harimu. Fase ini tentu tidak akan mudah untuk dijalani dan kamu sangat rentan untuk menghubunginya kembali. 

8. Kamu takut akan ada balas dendam

stocksy.com/ Manu Prats

Sebagian pelaku selingkuh, enggan untuk mengakhiri hubungannya karena takut ketahuan. Well, sangat mungkin bahwa kekasih rahasiamu membalas rasa sakit hatinya dengan membeberkan perilakumu yang sesungguhnya pada teman atau bahkan kekasihmu yang sesungguhnya. Posisi ini tentu akan membuatmu tertekan sehingga sulit untuk mengakhiri perselingkuhan yang terjadi. 

9. Kamu sulit menentukan keputusan

stocksy.com/ GIC

Ketika kamu terlibat perselingkuhan dan berusaha mengakhirinya, kamu akan mengalami waktu yang sulit. Pasalnya, sebagian besar orang yang pernah selingkuh pasti mempertanyakan apakah mereka membuat pilihan yang tepat atau tidak. Pada akhirnya, apa pun keputusanmu, akan ada pihak yang tersakiti. Jadi, pertimbangkan baik-baik. 

Nah, sudah tahu kan, Bela, bagaimana sulitnya mengakhiri hubungan gelap dengan seseorang. Jadi jika kamu bertanya-tanya, berapa lama selingkuh bisa bertahan, maka jawabannya bisa berbeda-beda. Bisa hanya sesaat, tapi bisa juga berjalan hingga bertahun-tahun lamanya. Untuk itu, berhati-hatilah jangan sampai kamu terlibat dalam jenis hubungan yang satu ini. 

IDN Media Channels

Latest from Dating