Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Rekomendasi Film Bertema Friendzone, Bisa Relate Nggak?

Sukses bikin penonton gregetan

Andhina Effendi

Friendzone merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi yang terjadi dalam pertemanan antara perempuan dan laki-laki. Hal ini biasanya terjadi ketika satu pihak menginginkan hubungan yang lebih dari sekadar pertemanan, sedangkan pihak yang lainnya justru nyaman berteman.

Seperti apa saja contoh friendzone? Sebenarnya kamu bisa melihatnya di beberapa film romantis, baik film buatan Barat hingga Asia. Mungkin karena tema friendzone ini sangat menarik dan mungkin memang banyak orang-orang yang pernah mengalami friendzone.

Apa saja, ya, rekomedasi film bertema friendzone? Simak di sini, ya, siapa tau kamu bisa relate.

1. 500 Days of Summer (2009)

imdb.com

Bercerita tentang Tom (Joseph Gordon-Levitt) yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan teman sekantornya, Summer (Zooey Deschanel). Tom merasa memiliki banyak kesamaan dengan Summer dan mereka pun kerap menghabiskan waktu bersama.

Meski Tom yakin dengan hubungan asmara mereka, nyatanya bukan itu yang dirasakan Summer. Kisah cinta mereka penuh lika-liku, hingga akhirnya mereka sadar bahwa mereka cocok berteman tapi mereka bukan pasangan tepat untuk satu sama lain.

2. The Hunchback of Notredame (1996)

bustle.com

Film Disney ini diangkat dari novel karya Victor Hugo dengan sedikit modifikasi tentunya. Dalam kisah The Hunchback of Notredame versi Disney, diceritakan Quasimodo, yang buruk rupa, jatuh cinta dengan Esmeralda, seorang gadis gyspy. 

Tak pernah berani berinteraksi dengan orang lain, Quasimodo dan Esmeralda justru bisa berteman. Namun sayang, Esmeralda tak membalas cinta Quasimodo, dan justru jatuh cinta pada orang lain.

3. My Best Friend's Wedding (1997)

imdb.com

Salah satu film komedi romantis paling ikonik yang pernah dibintangi Julia Roberts dan Cameron Diaz! 

My Best Friend's Wedding bercerita tentang Julianne (Julia Roberts) dan Michael (Dermot Mulroney) yang berteman sejak kecil. Mereka berjanji, jika pada usia 28 tahun mereka berdua masih lajang, maka mereka akan menikah.

Empat hari sebelum ulang tahun Julianne, Michael ternyata mengatakan bahwa diri akan menikah dengan Kimberly (Cameron Diaz). Julianne pun sadar bahwa selama ini dia menyukai Michael lebih dari sekadar teman. Dia pun berusaha untuk menggagalkan pernikahan teman baiknya itu.

4. When Harry Met Sally (1989)

Dailymail.co.uk

Satu lagi, nih, film komedi romantis yang juga ikonik dan merupakan film bertema friendzone yang patut direkomendasikan. Film ini bercerita tentang Harry (Billy Crystal) dan Sally (Meg Ryan), dua orang sahabat yang lulus dari universitas yang sama.

Keduanya sama-sama berkencan dengan orang lain, tapi berulang kali dipertemukan. Hingga akhirnya ketika keduanya gagal menjalin cinta dengan orang lain, mereka mulai menyadari bahwa sebenarnya mereka saling mencintai.

5. One Day (2011)

imdb.com

Diadaptasi dari novel berjudul sama, film One Day bercerita tentang Emma (Anne Hathaway) dan Dexter (Jim Sturgess) yang merupakan teman kuliah. Sejak lulus kuliah, mereka sepakat untuk saling bertemu satu tahun sekali, selalu di hari yang sama, untuk bersenang-senang.

Sedikit demi sedikit, mereka menyadari bahwa sebenarnya mereka ditakdirkan untuk bersama. Namun ketika mereka untuk mencoba mengambil langkah, tampaknya hal itu sudah terlambat.

6. On Your Wedding Day (2018)

Movieden.net

Film ini dijamin bakal bikin kamu baper. Film bertema friendzone ini, akan mengajak kamu bernostalgia, karena mengambil alur cerita mundur dengan berbagai flashback. Bercerita tentang Hwang Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang mendapat undangan pernikahan dari teman semasa sekolahnya Hwan Seung Hee (Park Bo Young). Tak hanya teman, Seung Hee merupakan cinta pertama Woo Yeon.

Woo Yeon yang bad boy, berubah 180 derajat berkat Seung Hee. Kisah cinta mereka pun begitu romantis dan menyelipkan banyak pelajaran yang bisa kita petik. Pada akhirnya, Woo Yeon memberanikan diri untuk datang ke pernikahan Seung Hee dan berterima kasih atas semua dukungan yang diberikan Seung Hee saat dia membutuhkan. Siap-siap tisu, ya, Bela.

7. Flipped (2010)

imdb.com

Ketika bertemua saat masih duduk di kelas 2 SD, Juli Barker (Madeline Carroll) langsung jatuh cinta pada temannya sekelasnya, Bryce Loski (Callan McAuliffe), yang juga tinggal di samping rumahnya.

Juli berusaha mencari perhatian Bryce, tapi Bryce tampak acuh tak acuh. Dia justru berusaha menjaga jarak dengan Juli. Namun enam tahun kemudian, Juli sadar bahwa dia salah jika terus-menerus berusaha membuat Bryce jatuh cinta. 

Ketika Juli berusaha untuk menghilangkan perasaannya dan move on, Bryce justru mulai berpikir bahwa dia telah salah memperlakukan Juli. Ketika cinta mulai tumbuh di hati Bryce, akankah Juli menerimanya?

8. Friends with Benefit (2011)

imdb.com

Istilah Friends with Benefit tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu, ya. Itulah yang terjadi di antara dua orang teman, Jamie (Mila Kunis) dan Dylan (Justin Timberlake).

Mereka sepakat menjalin hubungan seksual, tanpa hubungan romantis. Bahkan keduanya berkomitmen bahwa tidak boleh ada yang jatuh cinta. Namun yang namanya urusan hati, tentu nggak bisa diprediksi, karena pada akhirnya keduanya ingin lebih dari sekadar teman.

9. Love Rosie (2014)

Rogerebert.com

Perjalanan cinta dua sahabat, Rosie (Lily Collins) dan Alex (Sam Claflin), memang nggak mulus. Mereka bersahabat dan bertetangga sejak kecil. Saat  prom night di sekolahnya, Alex justru pergi bersama Bethany (Suki Waterhouse), sedangkan Rosie bersama Greg (Christian Coke).

Pada malam prom night itu, Rosie dan Greg berhubungan seks hingga akhirnya Rosie hamil. Impian Rosie untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pun terpaksa kandas. Alex, tanpa mengetahui sahabatnya tengah hamil, pergi ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi.

Rosie akhirnya menikah dengan Greg dan Alex, dipertemukan kembali dengan Bethany, mencoba untuk bersama. Ketika hubungan mereka gagal, Rosie dan Alex menyadari bahwa selama ini mereka saling mencintai.

10. Friend Zone (2019)

imdb.com

Nah, kalau film bertema friendzone yang satu ini berasal dari Thailand, dan cukup terkenal saat baru dirilis. Film ini diperankan dua aktor muda, yaitu Pimchanok Leuwisetpaiboon dan Naphat Siangsomboon.

Friend Zone mengisahkan hubungan persahabatan Palm dan Gink yang dibina sejak SMA. Keduanya pun memiliki perasaan lebih dari sekadar sahabat, namun memilih memendam perasaan tersebut. 

Perjalanan mereka juga penuh lika-liku, karena saling memendam perasaan tersebut. Keduanya tidak mau mengungkapkan perasaan cinta, karena khawatir merusak persahabatan yang telah dibina cukup lama. 

11. Matt & Mou (2019)

imdb.com

Ada juga, nih, film Indonesia yang mengangkat tema friendzone. Matt & Mou diperankan oleh Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier. Ceritanya, mereka adalah sahabat sejak kecil hingga akhirnya beranjak dewasa. 

Matt adalah sosok yang pendiam dan cenderung 'dingin', sedangkan Mou adalah gadis yang periang. Perbedaan sifat itu tidak menghalangi persahabatan keduanya hingga menumbuhkan perasaan cinta. 

12. Heart (2006)

catchplay.com

Film yang dibintangi Nirina Zubir, Acha Septriasa, dan Irwansyah ini cukup terkenal, lho, saat dirilis. Apalagi lagu-lagu soundtrack dalam film ini sangat mengena di hati.

Heart bercerita tentang persahabatan Rachel (Nirina Zubir) yang tomboy dan Farel (Irwansyah). Sebenarnya Rachel menaruh hati pada Farel, tapi tak mampu mengungkapkannya. Satu hari, Farel bertemu Luna (Acha Septriasa) dan jatuh cinta padanya. Sayangnya, Luna memiliki penyakit bawaan.

Rachel pun patah hati karena cintanya ditolak. Pada akhirnya dia melakukan pengorbanan agar Farel dan Luna bisa bersatu. Sedih banget, Bela.

Itulah beberapa rekomendasi film bertemakan friendzone. Favorit kamu yang mana, nih?

IDN Media Channels

Latest from Dating