Jepang terkenal dengan produksi film anime dan manganya. Tapi tahukah kamu kalau Negara Matahari Terbit ini juga punya segudang film-film romantis yang siap mengharu biru penontonnya?

Nah, kalau kamu sedang mencari rekomendasi film romantis Jepang yang bisa ditonton bareng pasangan, kamu berada di tempat yang tepat. Banyak tema yang diangkat dalam film-film Jepang bergenre romantis ini, mulai dari kisah cinta yang abadi hingga tema yang bersinggungan dengan nilai-nilai masyarakat di Jepang.

Mau tahu rekomendasi film Jepang bergenre romantis yang layak ditonton? Nggak usah bingung-bingung, ini 21 film romantis Jepang terbaik pilihan PopBela.

1. Whisper of the Heart (Mimi o Sumaseba - 1995)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati Melelehimdb

Pemain: Yōko Honna, Issei Takahashi, Takashi Tachibana, Shigeru Muroi

Whisper of the Heart menceritakan kisah cinta yang murni sekaligus menyentuh. Peran utama film ini adalah Shizuku dan Seiji, penulis dan pembuat biola. Keduanya bertemu di sebuah perpustakaan saat mencari buku yang sama. Dari sinilah cerita cinta keduanya pun bermula.

Film ini menggambarkan kepolosan dan kebahagiaan anak-anak. Kisahnya yang bercerita bagaimana kedua orang mampu mengisi kekosongan hati masing-masing pun sangat menyentuh. Makna dalam terkandung dalam film ini, yaitu mengejar mimpi dan dengarkan suara hati. So, Bela, meski film ini adalah film anime, tapi tetap mampu memberi perspektif baru akan keindahan hidup, lho!

2. Your Name.(Kimi no Na wa. - 2016)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati Melelehimdb

Pemain: Ryunosuke Kamiki, Mone Kamishiraishi, Masami Nagasawa, Etsuko Ichihara

Film anime ini terinspirasi dari perjodohan yang sudah menjadi budaya di Asia. Your Name, bahkan menjadi film terlaris keempat di Jepang. Plotnya sederhana, seorang gadis desa, Mitsuha Miyamizu, yang bertukar tubuh dengan Taki Tachibana, anak laki-laki yang tinggal di Tokyo. Meski dibatasi ruang dan waktu, koneksi di antara keduanya pun mulai terjalin.

Lagi dalam bentuk animasi, namun film ini mampu menggambarkan keindahan Jepang secara visual dan realitas sosial. Film ini juga menyentuh trauma masyarakat di Jepang akan peristiwa gempa tsunami Tohoku pada 2011 silam.

3. Crying Out Love in the Center of the World (Sekai no Chūshin de, Ai o Sakebu - 2004)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati Melelehimdb

Pemain: Mirai Moriyama, Masami Nagasawa

Diangkat dari novel berjudul Socrates in Love, film ini sangat cocok buat kamu yang suka film mellow. Berkisah tentang sepasang kekasih berlatar Jepang tahun 1980-an. Saat mencari tunangannya, Ritsuko, Sakutaro kembali ke kampung halamannya dan menemukan kekosongan dalam dirinya di masa SMA.

Film ini mengambil alur maju mundur, membawa penonton bernostalgia, pergi ke tempat-tempat eksotis, dan masih banyak lagi. Akting dan sinematografi yang berkualitas, membawa Crying Out Love in the Center of the World mendapat banyak penghargaan di Japan Academy Awards.

4. My Girlfriend Is a Cyborg (Boku no Kanojo wa Saibōgu - 2008)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Haruka Ayase‎, ‎Keisuke Koide

Dari judulnya saja, sudah kelihatan, ya, film ini menggambarkan tentang apa. Film ini berkisah tentang Jiro Kitamura yang memiliki pacar seorang cyborg. Pertemuan pertama keduanya terjadi di sebuah pusat perbelanjaa, ketika Kitamura langsung tertarik lantaran keimutan gadis tersebut.

Hingga akhirnya Kitamura mengetahui bahwa pacarnya tersebut adalah cyborg, manusia setengah robot. Klise, tapi film ini menjanjikan cerita cinta yang mengagumkan sekaligus menyentuh. Bukan hanya soal cinta, tapi apa artinya menjadi seorang manusia. Bila ditarik ke kehidupan nyata, film ini sangat dekat dengan masyarakat Jepang yang individualistis dan beralih ke pasangan virtual.

5. The Liar and His Lover (Kanojo wa Uso o Aishisugiteru - 2013)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Takeru Satoh, Sakurako Ohara

Tokoh utama dalam film ini adalah Aki Ogasawara, musisi sukses yang sangat tertutup. Ogasawara menjadikan musik sebagai obat depresi sampai akhirnya bertemu dengan Riko Koeda, seorang pelajar SMA yang memiliki talenta. Singkat cerita, keduanya pun berhubungan, namun Aki merahasiakan tentang dirinya.

Perasaan yang terus tumbuh akhirnya berimbas pada kebohongan yang dibangun Aki dari awal bertemu. Film ini merupakan adaptasi dari seri Manga berjudul sama dan di tahun 2017, diangkat juga ke drama Korea berjudul sama.

6. 1,778 Stories of Me and My Wife (Boku to tsuma no 1778 no monogatari - 2011)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Tsuyoshi Kusanagi, Yuko Takeuchi

Terinspirasi dari kisah nyata istri Tayu Mayumura, penulis buku fiksi ilmiah, yang didiagnosa kanker. Mayumura mulai menulis cerita kesehariannya dengan tujuan membahagiakan istrinya. Mayumura menulis itu semua selama 1.778 hari sebelum belahan jiwanya tersebut meninggal.

Kisah nyata yang diangkat ke layar lebar selalu memiliki ruang tersendiri. Kisah tentang kegigihan cinta melawan kondisi yang sulit, bisa menjadi inspirasi. Siap untuk menangis, Bela?

7. Our Meal for Tomorrow (Bokura no Gohan wa Ashita de Matteru -2017)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati Melelehimdb

Pemain: Yuto Nakajima, Yuko Araki

Yuki Araki berperan sebagai Koharu Uemura, pelajar sekolah menengah atas yang menyukai Ryota Hayama (Yuto Nakajima). Keduanya memiliki karakter yang bertolak belakang. Yuki berkepribadian ramah dan periang, sedangkan Ryota adalah seorang pemuda pendiam. Film ini mengikuti perjalanan Yuki dan Ryota selama tujuh tahun dan mengeksplorasi trauma juga mimpi-mimpi mereka.

8. Heavenly Forest (Tada, Kimi o Aishiteru - 2006)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Aoi Miyazaki, Hiroshi Tamaki, Meisa Kuroki

Film ini mengadaptasi novel laris berjudul sama, yang menceritakan kisah cinta dari sudut pandang yang artistik. Berpusat pada kehidupan mahasiswa Makoto dan hubungannya dengan dua gadis, Shizuru dan Miyuki. 

Persahabatan yang terjalin antara Makoto dengan Shizuru karena keduanya tertarik dengan fotografi dan mereka sering pergi ke hutan untuk mencari objek foto. Sampai akhirnya hadir Miyuki dalam kehidupan Makoto. Shizuru yang diam-diam menyukai Makoto pun mencoba berlapang dada. Hingga tiba hari ulang tahun Shizuru dan dirinya membuat birthday wish, yaitu mencium Makoto.

9. The 100th Love With You (Kimi to 100 Kaime no Koi - 2017)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Miwa, Kentaro Sakaguchi, Ryo Ryusei, Erina Mano

Film ini sangat cocok buat kamu penyuka drama musikal, nih, Bela. Pasalnya, film ini memasangkan Miwa, penyanyi dan Kentaro Sakaguchi, yang berprofesi sebagai model. Kedunya berperan sebagai mahasiswa, Aoi dan Riku, yang tergabung dalam sebuah band kampus.

Riku mengaku pada Aoi, kalau dirinya bisa melakukan perjalanan waktu. Tapi disadari, keduanya saling memendam rasa tapi nggak berani buat mengungkapkannya. Perasaan mereka tumbuh, saat Riku membawa Aoi memutar waktu, satu tahun sebelumnya.

10. I Give My First Love to You (Boku no Hatsukoi o Kimi ni Sasagu - 2009)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Mao Inoue, Masaki Okada

Film romantis lain dari Jepang adalah I Give My First Love to You, bercerita tentang kisah cinta yang berawal dari penyakit. Peran utama di film ini adalah Takuma, yang memiliki penyakit jantung, dan Mayu, anak dari dokter yang menangani Takuma. Frekuensi pertemuan yang intens, karena Takuma menjalani check up, membuat keduanya berteman sejak usia delapan tahun.

Beranjak dewasa, mulai tumbuh perasaan antara mereka berdua. Ironisnya, karena penyakit yang diderita Takuma, membuatnya divonis berumur pendek. Sisanya, bisa ditebak, deh, cerita ini berakhir seperti apa, ya, Bela. Nah, kalau tertarik menonton film ini, harus siapkan tisu yang banyak dan tempat bersandar alias pasangan, ya!

11. One Week Friends (Isshūkan Furenzu - 2017)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Haruna Kawaguchi, Kento Yamazaki

Lagi-lagi diadaptasi dari cerita Manga, film ini bercerita tentang persahabatan antara Yuki Hase dan Kaori Fujimiya. Kaori menderita penyakit langka, di mana dia mengalami amnesia atau hilang ingatan setiap hari Senin. Uniknya, memori Kaori hanya hilang bila menyangkut orang lain, selain kedua orangtuanya.

Tertantang dengan ini, Yuki tetap bertekad berteman dan mengenal lebih jauh dengan Kaori. Meski, Kaori kemudian melupakannya seminggu kemudian. Seperti apa, ya, akhir kisah cinta mereka? Kamu wajib nonton, nih.

12. From Me to You (Kimi ni Todoke - 2010)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Mikako Tabe, Haruma Miura

Apa rasanya jika cinta tumbuh berawal dari kasus bullying di sekolah? Nggak enak pastinya. Kuronuma Samako merupakan korban bullying di sekolahnya, karena namanya yang mirip dengan tokoh di film The Ring, Sadako. Selain kemiripan nama, Samako digambarkan juga memiliki rambut hitam panjang. Karena risih dan malu dengan julukan tersebut, Samako pun menghindari teman-temannya.

Hingga Shota Kazehaya, anak laki-laki yang populer di sekolahnya, mulai mencoba berinteraksi dengan Samako. Terkesan dengan kebaikan hati Shota, perlahan Samako mulai dekat denganya. Film romantis ini yang termasuk ringan ini bisa banget menemani kamu selama di rumah nih, Bela.

13. Orange (Orenji - 2015)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Tao Tsuchiya, Kento Yamazaki, Ryô Ryûsei

Premis yang diangkat film ini adalah umumnya cerita cinta remaja a la Jepang. Nggak heran, sih, karena film ini berangkat dari seri Manga. Bercerita tentang Naho Takamiya, pelajar 16 tahun yang menerima surat dari dirinya sendiri di masa depan. Surat misterius tersebut bahkan menceritakan kisah percintaannya dengan Kakeru Nanuse, siswa pindahan di sekolahnya.

Film ini memang remaja banget, bercerita tentang kehiudapan dan romansa remaja Jepang. Karena identik dengan kehidupan remaja di sana, film ini mampu menembus box office di Jepang. Kalau kamu penasaran seperti apa, sih, cerita remaja Jepang, bisa langsung tonton film ini.

14. Jinx!!! (Jinkusu!!! - 2013)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Hyomin, Kurumi Shimizu, Kento Yamazaki

J-Movie satu ini memasang bintang K-Pop, Hyomin, dari grup T-ARA, sebagai pemeran utamanya. Dalam film ini Hyomin berperan sebagai Ji-Ho siswa pertukaran Korea Selatan di Jepang. Ji-Ho berteman dengan Kaede (Shimizu) dan Yusuke (Yamazaki), yang ternyata keduanya saling mencinta tapi nggak berani mengungkap perasan masing-masing.

Melihat itu, Ji-Ho berniat menyatukan mereka menjadi sepasang kekasih dengan gaya romance Korean. Ji-Ho pun mengajarkan dua pelajar Jepang itu terbuka dengan perasaannya. Apakah Ji-Ho berhasil membuat keduanya berpacaran? Film ini menyuguhkan momen-momen lucu nan dramatis yang berhasil dimainkan pemerannya.

15. Norwegian Wood (Noruwei no mori - 2010)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Kenichi Matsuyama, Rinko Kikuchi, Kiko Mizuhara

Film ini diadaptasi dari novel laris Haruki Murakami, berjudul sama, Norwegian Wood. Mengambil latar Jepang tahun 1960-an, film ini bercerita tentang hubungan Toru Watanabe dengan dua perempuan, Naoko dan Midori.

Bercerita tentang romansa masa muda dan rasa kehilangan. Watanabe mempunyai sahabat Kizuki, yang diceritakan bunuh diri dan memiliki pacar, Naoko. Selang dua tahun setelah kematian Kizuki, Watanabe bertemu dengan Naoko, dan mulai menjalin hubungan dengannya. Hingga akhirnya Naoko menghilang dari kehidupannya, karena masalah kejiwaan dan menjalani rehabilitasi.

Waktu bergulir mempertemukan Watanabe dengan Midori, cewek enerjik dan pemberontak, yang menyukai dirinya. Buat kamu yang suka lika liku percintaan, film ini sangat cocok masuk list wajib tonton.

16. My Tomorrow, Your Yesterday (Boku wa ashita, kinō no kimi to dēto suru - 2016)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Sota Fukushi, Nana Komatsu

Film romantis My Tomorrow, Your Yesterday berlatar belakang perjalanan waktu yang dilakukan Emi. Takatoshi (Fukushi) jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Emi, saat mereka bertemu di sebuah kereta. Emi yang bisa memprediksi kejadian di masa depan, dianggap aneh oleh Takatoshi.

Padahal, sebenarnya Emi melakukan perjalanan waktu mundur, kebalikan dari Takatoshi. Garis waktu Takatoshi terbalik dari Emi, membuat hari esoknya Takatoshi menjadi kemarinnya Emi. Sebaliknya, besoknya Emi menjadi hari kemarinnya Takatoshi. Buat kamu yang suka film dengan plot twist yang seru, bisa coba nonton film ini.

17. Your Lie in April (2016)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Mengangkat cerita tentang pianis bertalenta Arime Kousei, yang mengalami patah hati akibat kematian ibunya. Dirinya pun memutuskan berhenti mengikuti kompetisi. Kelesuan hati Kousei terus menghantui hingga akhirnya dia bertemu Kaori Miyazono, seorang violis berbakat.

Keseruan film ini bukan hanya dari cerita cinta yang terbangun antara Miyazono dan Kousei, tapi juga persahabatan antara mereka yang sulit dilupakan.

18. L-DK (2014)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Ayame Gouriki, Kento Yamazaki, Akiyoshi Nakao, Rei Okamoto

Bergenre komedi romantis yang berkisah tentang Aoi Nishimori (Ayame Gouriki), seorang pelajar menengah. Satu hari, orang tuanya harus pindah tugas ke kota lain. Aoi menolak untuk ikut dan memilih tinggal sendiri di apartemennya.

Shusei Kugayama (Kento Yamazaki) yang baru pindah, kemudian menjadi tetangga di apartemen yang sama dengan Aoi. Shusei merupakan siswa populer di sekolahnya. Disebabkan sebuah insiden, kamar Shusei mengalami kerusakan dan menyebabkan Shusei harus tinggal sementara dengan Aoi.

19. Be With You (Ima, ai ni yukimasu - 2004)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehAsianwiki

Pemain: Yuko Takeuchi, Shido Nakamura, Akashi Takei

Tampil membawa tema yang berbeda dari film-film romantis Jepang lainnya, Be With You lebih menceritakan kisah cinta keluarga. Bercerita tentang seorang anak laki-laki, Yuji yang tinggal bersama ayahnya, yang percaya akan janji yang dibuat almarhum ibunya. "Ibu akan datang saat musim hujan." Kalimat tersebut terpatri dalam benak Yuji.

Saat musim hujan tiba, Yuji dan ayahnya kedatangan tamu seorang wanita yang mengingatkan akan ibunya, Mio. Keduanya pun memperlakukan wanita tersebut layaknya Mio dan menjalani hari-hari seperti sebelumnya. Tapi kebahagiaan itu berhenti sejak mereka menemukan buku harian Mio yang menyimpan rahasia.

20. Let Me Eat Your Pancreas (Kimi no Suizo wo Tabetai - 2017)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati MelelehCloverblossomblog

Pemain: Shun Oguri, Keiko Kitagawa, Yusuke Kamiji, Daichi Morishita

Let Me Eat Your Pancreas merupakan anime movie bercerita tentang I (Takumi Kitamura), yang menemukan buku harian teman sekelasnya Sakura Yamauchi (Minami Hamabe). Dari buku itu, I jadi mengetahui kalau Sakura menderita penyakit pankreas. I pun menghabiskan waktu menemani Sakura, sampai meninggal.

12 tahun berselang, I menjadi pengajar di sekolahnya dulu. I selalu mengenang Sakura dan hari-hari yang mereka lewati. Sampai akhirnya, I bertemu Kyoko yang akan menikah. Melalui Kyoko, banyak cerita yang mengingatkan I akan waktu-waktunya bersama Sakura dulu.

21. ReLife (2017)

21 Rekomendasi Film Romantis Jepang yang Bikin Hati Melelehimdb

Pemain: Taishi Nakagawa, Yuna Taira, Mahiro Takasugi, Elaiza Ikeda

Menceritakan tentang Arata Kaizaki, pria pengangguran yang berusia 27 tahun. Arata baru saja berhenti dari perusahaannya setelah tiga bulan bekerja. Dirinya memutuskan untuk join dalam program riset "ReLife".

Dalam program tersebut Arata diharuskan meminum obat-obatan yang bisa membuatnya tampak 10 tahun lebih muda. Arata pun kembali ke usia 17 tahun dan harus menjalani hidup dengan kondisi terbarunya tersebut, hingga dia jatuh cinta dengan teman sekolahnya, Chizuru Hishiro. 

Wah, ternyata banyak banget, ya, rekomendasi film romantis Jepang yang menarik. Apakah sudah ada yang pernah kamu tonton? Atau ada rekomendasi film di atas yang bakal kamu tonton, Bela?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Romantis Indonesia yang Sukses Bikin Baper

Baca Juga: 9 Film Romantis yang Berikan Pelajaran Cinta Buat Kamu

Baca Juga: 10 Film Romantis Panas yang Lebih Menggairahkan Dibanding Fifty Shades