Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bosan Melajang? Ini 5 Tips Aman Cari Jodoh di Aplikasi Kencan Online

Jangan asal swipe

Ajenk Rama

Kecepatan teknologi saat ini membuat orang lain dengan sangat mudah menemukan berbagai informasi termasuk teman kencan, salah satunya. Dengan mengandalkan ponsel pintar, kamu dapat mengakses aplikasi kencan di mana saja. Tinggal swipe, kamu pun bisa langsung berkomunikasi dengan seseorang yang tak dikenal di dunia maya tanpa perlu perantara. Maraknya aplikasi kencan daring membuat kamu mudah terjerat dengan aksi penipuan, ghosting, bahkan pelecehan seksual tanpa kamu sadari. 

Tidak hanya itu, merasa cocok dan saling memahami dalam dunia maya, kamu akan santainya memberikan informasi pribadi yang seharusnya orang lain tidak ketahui. Keselamatan dan keamananmu menjadi taruhannya apalagi buat kamu yang masih baru dengan aplikasi kencan seperti ini. Tapi, lama melajang juga membuat kamu dihantui rasa bosan. Untuk meminimalisir risiko yang terjadi, kamu bisa menemukan 5 tips amannya di sini:

1. Atur bagian setting sesuai kriteria yang diinginkan

www.vimby.com

Kesibukan bekerja dan makin sedikitnya lingkar pertemanan membuat kamu menjatuhkan pilihan pada aplikasi kencan daring. Meski awalnya hanya iseng biasa, kamu tetap harus berhati-hati saat memulai perkenalan di aplikasi ini. 

Amannya, kamu dapat mengatur terlebih dahulu kriteria yang ingin kamu liat di laman swipe seperti usia, lokasi, status hubungan, sampai postur tubuh yang kamu harapkan. Di beberapa aplikasi kencan menyediakan pengaturan tersebut. 

Tips ini bisa menekan risiko bertemu orang asing yang tidak diinginkan. Kamu pun harus cerdik dalam men-swipe pria yang ingin kamu jadikan kenalan online.

2. Saat swipe, lihat secara keseluruhan profil teman kencan

www.mirror.co.uk

Saat kamu sudah cocok dengan kriteria yang ditentukan dan merasa tertarik dengan gambaran fisik yang ditampilkan, kamu bisa men-swipe tapi jangan lupa untuk melakukan sedikit pengecekan profil secara menyeluruh terhadap teman kencan online-mu. 

Lihatlah apa yang dibagikan oleh orang tersebut dalam laman aplikasi kencannya, seberapa match kamu dengan dirinya.Kalau kamu merasa ada yang janggal, kamu bisa coba cek nama teman kencanmu yang terdapat di profil melalui mesin pencari, Google atau media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Terkadang, nama profil yang digunakan dalam aplikasi kencan daring tidak jauh berbeda dengan nama di sosial media. Kamu akan mengetahui apakah dia seorang scammer atau bukan lewat jejaring dunia mayanya.

3. Lakukan obrolan sederhana untuk memancing kedekatan

www.freepik.com

Jika kamu merasa baik-baik dengan teman kencan online-mu, lakukan obrolan sederhana untuk memancing kedekatan mulai dari tegur sapa, menanyakan hobi atau pekerjaan atau hal-hal yang ingin kamu ketahui dari si dia. Biarkan obrolan mengalir apa adanya hingga kamu merasa nyaman untuk melanjutkan obrolan tersebut di luar aplikasi.

Komunikasi dua arah sangat penting buat kamu yang baru saja bertemu dengan seseorang yang dapat mencairkan suasana. Hilangkan kesan canggung atau obrolan kaku agar interaksi antara kamu dan si dia berjalan lebih lama.

4. Hindari sebar foto yang sangat personal sampai pin keuangan

www.consumeraffair.com

Saat kamu memutuskan memberi nomor ponsel pribadi ke seseorang yang kamu temui secara online, pastikan dirimu untuk tetap menjaga batasan yang perlu diterapkan.

Walau akhirnya terasa menyenangkan menemukan teman kencan tetapi bertemu orang asing di aplikasi kencan tidak sepenuhnya dapat dikatakan aman terlebih ada banyak kasus kejahatan yang terjadi dalam aplikasi yang mengandalkan oleh para jomlowati ini. 

Usahakan untuk menolak saat si dia mulai meminta sesuatu seperti foto yang sangat personal, nomor pin kartu atm atau aplikasi pembayaran daring dalam ponselmu. Jangan pernah memberikan sesuatu yang sangat personal kepada seseorang yang belum kamu kenal dengan baik agar terhindar dari kejahatan daring berkedok asmara.

5. Saat siap bertemu, ajaklah di tempat keramaian

www.freepik.com

Hubungan yang awalnya hanya mengandalkan layar ponsel untuk mengetahui kabar masing-masing mulai mengarah ke ajakan bertemu oleh si dia. Perasaan dilematis pun muncul, di satu sisi, kamu merasa bahagia dapat bertemu dengan sosok yang selama ini hanya dapat dilihat dalam layar ponsel setiap malam namun di sisi lain, kamu takut dan khawatir bahwa sosok yang akan kamu temui nanti bukan sosok baik hati. 

Daripada memunculkan berbagai spekulasi negatif, mending ajak si dia bertemu di tempat keramaian bersama seorang teman untuk menjaga dirimu dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau kamu merasa si dia adalah orang yang tepat, lanjutkan tapi jika bukan, siapkan skenario untuk menyudahinya dengan baik-baik.

 

Dengan menerapkan tips aman ini, kamu bisa menemukan teman kencan dalam sekali swipe. Tertarik untuk mencoba, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating