Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Destinasi Wisata Air Terjun di Riau, Tempat Healing Terbaik!

Ada air terjun Aek Martua yang menyejukkan

Zikra Mulia Irawati

Riau punya segudang destinasi wisata, terutama air terjun. Hal ini bisa jadi alternatif liburan kamu saat pikiran tengah suntuk. Terutama jika kamu berdomisili di Pulau Jawa, berkunjung ke pulau seberang akan membuat kamu menjumpai banyak hal baru.

Dengan pemandangan yang indah, tak heran jika wisata air terjun di Riau jadi kebanggaan tersendiri bagi warganya. Penasaran di mana saja lokasinya? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

Lokasi: Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Hulu Singingi
HTM: Rp30.000 per orang untuk naik sampan kayu

Air terjun di Riau yang wajib kamu kunjungi pertama adalah Tujuh Tingkat Batang Koban. Dari namanya saja, kamu akan langsung mengetahui bahwa destinasi ini bukanlah air terjun biasa. Dengan ketinggian yang bervariasi, air mengalir bebas melalui tujuh tingkatan. Suasana hutan sekitar yang masih asri menambah kesejukan tempat ini.

Hal tersebut juga membuat sejumlah satwa langka masih hidup di sini, lho! Contohnya burung Cica Matahari dan burung Poksai Kuda (Garrulaz ruffirons). Menariknya, kamu bisa menyaksikan pelangi abadi yang terbentuk karena bias cahaya di tingkat ke tujuh.

2. Air Terjun kembar Denalo

Lokasi: Alim, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu
HTM: Gratis

Tak kalah unik, Air Aerjun Denalo memiliki aliran air yang berdampingan sehingga tampak kembar. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat musim kemarau. Sebab, debit air cenderung normal sehingga cocok untuk berwisata.

3. Air Terjun Batang Kapas

Lokasi: Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar
HTM: Gratis

Air terjun Batang Kapas di Riau ini kerap juga disebut air terjun Pangkalan Kapas atau air terjun Lubuk Bigau. Ketinggiannya sekitar 150 meter.

Jarak antara Kota Pekanbaru dengan air terjun ini memang cukup jauh, yaitu 71 km. Kamu pun masih harus mengendarai sepeda motor dengan jarak 4-5 km untuk mencapai lokasi wisata ini. Namun, kelelahan pasti akan terbayar dengan pemandangan unik air terjun ini!

4. Batu Tilam

Lokasi: Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar
HTM: Rp35.000 per hari

Masih di sekitar air terjun Batang Kapas, ada sebuah surga tersembunyi bernama Batu Tilam. Destinasi ini menawarkan pemandangan alam yang masih asri. Meski ada 27 air terjun di sana, hanya ada 3 yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Daerah ini menyabet Juara 1 Anugerah Pesona Indonesia V pada 2020 lalu. Tak hanya itu, mulut gua di daerah ini juga bersejarah karena menjadi tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan Indonesia. Bikin penasaran!

5. Air Terjun Guruh Gemurai

Lokasi: Lubuk Jambi, Kecamatan Taluk Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Sangingi
HTM: Rp1.000 (anak-anak) dan Rp3.000 (dewasa)

Destinasi wisata air terjun di Riau berikutnya adalah air terjun Guruh Gemurai. Dengan nama yang puitis ini, Guruh Gemurai terletak di perbatasan Riau dan Sumatra Barat. Lokasinya cukup mudah diakses sehingga ramai dikunjungi. Namun, kamu harus ekstra hati-hati, ya, selama bermain air karena arusnya yang cenderung deras.

6. Air Terjun Aek Martua

Lokasi: Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu
HTM: Rp35.000

Aek Martua diambil dari bahasa Batak Mandailing, artinya air bertuah. Nama tersebut diberikan karena mayoritas warga yang tinggal di sekitar objek wisata ini berasal dari suku Batak Mandailing.

Daya tarik wisata Air Terjun Aek Martua adalah air tiga tingkatnya. Di tingkat pertama ada bebatuan besar yang cukup luas. Di tingkat kedua ada kolam 250 meter yang dapat digunakan untuk mandi. Sementara itu, tingkat ketiga memiliki ketinggian 40 meter. Destinasi wisata ini kerap juga disebut dengan nama air terjun Tangga Seribu.

7. Air terjun Alahan

Lokasi: Hulu Sungai Kampar, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar
HTM: -

Air terjun selanjutnya yang berada di Riau adalah Air Terjun Alahan. Tingginya berada di kisaran 15 meter. Buat kamu yang suka arung jeram, arus air di sini sangat cocok untuk melakukan hobi tersebut.

8. Air terjun Lubuk Nginio

Lokasi: Pulau Terap, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar
HTM: Gratis

Air terjun Lubuk Nginio mejadi air terjun di Riau yang cukup tersembunyi, namun memiliki pemandangan yang indah dan sederhana. Bahkan, kamu bisa berkemah bersama teman-teman di sana, lho!

9. Air terjun Batu Dinding

Lokasi: Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar
HTM: Rp10.000

Air Terjun Batu Dinding atau Bading merupakan wisata air jernih dengan warna yang kehijauan. Sama halnya dengan Air Terjun Batang Koban, air terjun ini memiliki tujuh tingkat air.

Uniknya, destinasi wisata ini rupanya masih erat dengan mitos mistis. Tak hanya dikabarkan memiliki "penunggu", air terjun Batu Dinding juga dipercaya dapat membuat siapapun yang mandi di sana awet muda. Hm, kamu tertarik mencobanya, Bela?

Dari deretan wisata air terjun di Riau tersebut, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

IDN Media Channels

Latest from Travel