Apa kamu salah satu pencinta kuliner Nusantara? Kalau iya, maka rasanya tak lengkap kalau belum berkunjung ke salah satu provinsi di tengah pulau Sumatra, Riau. Bagaimana tidak, selain terkenal akan keindahan wisata alamnya, Riau juga punya segudang kuliner khas yang nikmat yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari Gulai Belacan, Miso, sampai Es Laksamana Mengamuk.

Masih asing di telinga? Kalau iya, langsung simak ulasan lengkap 7 makanan khas Riau terlezat dan unik yang harus kamu coba di bawah ini!

1. Gulai Ikan Patin

7 Kuliner Riau Terlezat & Unik yang Harus Kamu Coba Saat BerkunjungIdntimes.com

Makanan khas Riau dikenal akan kelezatan gulai dan kuah kentalnya, salah satunya Gulai Ikan Patin. Uniknya, hidangan gulai khas Pekanbaru, Riau ini menggunakan bahan dasar ikan patin yang dipotong besar. Kamu juga bisa meminta pucuk daun ubi rebus sebagai hidangan pelengkapnya. 

Gabungan cita rasa pada Gulai Ikan Patin kian terasa nikmat ketika dimakan beramai-ramai. Hidangan ini juga cocok untuk kamu santap sebagai makan siang maupun makan malam. Sudah pernah mencicipinya, Bela?

2. Gulai Belacan

7 Kuliner Riau Terlezat & Unik yang Harus Kamu Coba Saat BerkunjungDok. Internet

Selain gulai ikan patin, makanan khas Riau lainnya yang merupakan hidangan gulai, yakni Gulai Belacan. Belacan yang merupakan nama lain dari terasi udang. Hidangan ini dibuat dari olahan udang berkuah santal yang kental. Aroma kian kuat karena dimasak dengan berbagai rempah seperti kemiri, lada, asam jawa dan petai. Hasilnya, terciptalah rasa manis, pedas, gurih, dan asam yang unik dan berbeda dengan sajian gulai lain dari Indonesia. 

3. Mi Lendir

7 Kuliner Riau Terlezat & Unik yang Harus Kamu Coba Saat BerkunjungIdntimes.com

Namanya mungkin terdengar sedikit ekstrim, bukan? Dinamakan mi lendir karena memang kuahnya bertekstur kental menyerupai lendir. Hal ini karena kuah pada makanan khas Riau ini berbahan dasar kacang. Mi Lendir sendiri berisikan mi kuning, telur rebus, tauge, potongan cabai rawit yang kemudian disiram dengan kuah kental yang gurih. Soal rasa, dijamin buat kamu ingin kembali dan kembali lagi ke Riau, deh!

4. Mi Sagu

7 Kuliner Riau Terlezat & Unik yang Harus Kamu Coba Saat BerkunjungDok. Internet

Bicara soal Riau juga tak terlepas dari sagu. Bagaimana tidak, salah satu kabupaten di Riau, Kepulauan Meranti, merupakan kabupaten penghasil sagu terbesar di Indonesia selain Papua dan Papua Barat. Karena itu pula, muncul makanan berbahan sagu yang kemudian populer di Riau, yakni Mi Sagu.

Berbeda dengan mi yang berbahan dasar gandum, mi sagu ini berwarna bening yang mirip kwetiau. Penyajian klasik Mi Sagu yang populer adalah dengan menambahkan kuah kaldu yang segar, taburan daun kucai, teri dan tauge. 

5. Miso

7 Kuliner Riau Terlezat & Unik yang Harus Kamu Coba Saat BerkunjungStoryperutku.blogspot.com

Miso, hidangan kali ini bukanlah kuah yang berasal dari Jepang, melainkan makanan khas Riau. Ya, Riau juga memiliki makanan dengan nama Miso. Hidangan yang namanya sama dengan kuah khas Jepang ini terbuat dari kombinasi mi kuning, ayam suwir, tahu kering, kulit ayam renyah, dan potongan tulang ayam. Ada juga menu pelengkap seperti sate kerang, telur, perkedel kentang, dan kerupuk. 

6. Ikan Selais Asap

7 Kuliner Riau Terlezat & Unik yang Harus Kamu Coba Saat BerkunjungDok. Internet

Ikan Selais Asap merupakan oleh-oleh dari Riau yang tidak boleh kamu lewatkan. Karena melalui proses pengasapan selama sekitar delapan jam, ikan ini dapat bertahan lama. Tak heran pula jika tekstur ikannya sangat renyah saat disantap. Untuk menyantapnya, kamu juga dapat memilih jenis pengolahan dari Ikan Selais Asap ini, apakah dipindang atau digulai. Agar kian nikmat, cobalah untuk menyantapnya bersama nasi panas, sambal balado, dan perasan air jeruk nipis. Nikmat!

7. Es Laksamana Mengamuk

7 Kuliner Riau Terlezat & Unik yang Harus Kamu Coba Saat BerkunjungIdntimes.com

Minuman khas Riau ini memiliki nama yang unik. Ya, nama 'Laksamana Mengamuk' ini usut punya usut dikabarkan berasal dari kisah seorang laksamana yang mengamuk karena istrinya dibawa pergi oleh pemilik kebun kuini. Karena kemarahannya, ia menghempaskan pedangnya ke segala arah dan membuat buah kuini terjatuh dari pohonnya. Warga yang melihat hal ini kemudian memungut buah-buahan yang jatuh tersebut dan mengolahnya menjadi sebuah minuman. 

Buah kuini ini lalu di campur dengan santan, gula, dan es batu. Minuman tradisional ini memiliki rasa yang khas, yakni aroma mangga kweni yang harum dan tekstur dagingnya yang lembut. Kini, Laksamana Mengamuk menjadi minuman khas yang sering disajikan pada acara perjamuan, buka puasa, dan perayaan hari besar lainnya

Itu dia 7 makanan khas Riau terlezat dan unik yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke sana. Kira-kira, nomor berapa saja yang sudah kamu cicipi, nih?

Baca Juga: Kuliner Wajib di Hong Kong, Jajaki 5 Restoran Top Ini

Baca Juga: Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timur

Baca Juga: 6 Makanan Khas Semarang yang Unik dan Wajib Kamu Cicipi