Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ingin Hiburan Seru Tanpa Biaya? Ini 10 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan

Hemat bikin happy!

Tri Sintarini

Pernah nggak sih, kamu merasakan ingin bersenang-senang, tetapi kondisi keuangan sedang menipis? Terkadang keadaan seperti itu membuat hati menjadi tak menentu. Tapi jangan khawatir, karena ternyata banyak lho aktivitas-aktivitas seru yang bisa kamu lakukan dengan biaya minim. Inilah 10 aktivitas untukmu, Bela.

1. Piknik di taman

Unsplash.com / Toa Heftiba

Ingin memperoleh suasana yang berbeda ketika membaca atau menulis? Kamu bisa memilih lokasi berpemandangan indah seperti taman atau hutan kota. Barisan pepohonan hijaunya akan membuatmu merasa betah dan suasana hati lebih fresh. Siapa tahu ide-idemu semakin berkembang disini.

2. Lari di fasilitas olahraga umum

medium.com

Olahraga lari kini menjadi pilihan yang cukup populer. Kamu bisa mulai dengan memanfaatkan trek di fasilitas olahraga, di sekitar lingkunganmu. Selain lari, kamu juga bisa bersepeda atau melakukan aneka street workout.

3. Menyaksikan matahari terbit dan terbenam

Unsplash.com / Anatol Lem

Pemandangan matahari terbit dan terbenam selalu menjadi objek yang menakjubkan. Kuncinya, pilihlah tempat yang menarik. Kamu bisa menikmatinya dengan cara mengamatinya setiap perubahannya atau mengabadikan keindahannya. 

4. Mengikuti kelas gratis di pusat kebugaran

Pexels.com / mentatdgt

Biasanya untuk mencari calon anggota baru,  pihak pusat kebugaran seringkali memberikan info penawaran free trial untuk mengikuti kelas yang tersedia. Informasi tersebut biasanya dilayangkan melalui e-mail. Jika kamu mendapatkan undangan seperti itu jangan sia-siakan, ini kesempatanmu untuk mencoba fasilitas yang tersedia.

5. Berenang di rumah atau apartemen teman

Pexels.com / Vitor Castro

Punya sahabat yang memiliki fasilitas kolam renang di rumah atau apartemennya, nggak ada salahnya kalau kamu sesekali main ke tempatnya dan ajaklah untuk berenang bersama. Keunggulannya, selain private, kamu juga bebas melakukannya kapan saja. 

6. Keliling kota menggunakan bus tingkat

Unsplash.com / Johan Shufiyan

Ingin rasakan petualangan yang berbeda menjelajahi kota? Kamu bisa memanfaatkan fasilitas transportasi umum yang satu ini, bus tingkat Transjakarta. Bus umum ini memiliki titik jemput mulai dari Bundaran HI. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi, mulai dari Balai Kota yang berada di depan Monas, kawasan Kota Tua sampai dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Tetapi ingat, bis yang satu ini hanya beroperasi di akhir pekan saja dan jangan lupa perhatikan jam operasionalnya.

7. Bersepeda

theconversation.com

Nikmati perjalanan menggunakan sepeda untuk menjelajahi kota atau lingkungan sekitarmu. Serunya olahraga mengendarai sepeda karena bebas bensin dan nggak bikin polusi. Kiatnya supaya semakin seru, jangan lupa ajak teman-temanmu juga, ya Bela.

8. Car-free day di akhir pekan

Unsplash.com / Satria Eleazar

Kapan lagi kamu bisa  melintasi jalan ibukota tanpa kendaraan sekalipun? Gunakan kesempatan ini untuk berolahraga seperti jalan, lari, bersepeda, bermain scooter sampai dengan bermain sepatu roda. Kalau kamu tak ingin berolahraga, kamu masih bisa berwisata foto ataupun sekadar menjajal kuliner.

9. Volunter di acara konser atau festival

Pexels.com / Martin Lopez

Ingin terlibat sebagai volunter di acara konser atau festival? Biasanya mereka mengadakan open recruitment sebagai panitia atau volunter untuk menjaga kelangsungan acara. Keuntungannya, selain bisa nonton konser atau mengikuti acara secara gratis, resume pekerjaanmu akan bertambah dan mendapatkan teman baru.

10. Ajak hewan peliharaanmu jalan-jalan

Pexels.com / Megan Markham

Anjing peliharaan kesayangan ingin jalan-jalan? Manfaatkan waktu pagi atau soremu sebagai quality time bersamanya. Sekalian gunakan kreativitasmu untuk membuat video pendek mengenai kebersamaan tersebut. Jadi konten baru, deh! 

So, apa aktivitas pilihanmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel