Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Oleh-oleh Khas Bogor dari yang Legendaris sampai Kekinian

Semuanya enak dan cocok di lidah

Nafi' Khoiriyah

Dikenal dengan julukan Kota Hujan, Bogor menjadi destinasi wisata yang digemari wisatawan. Di tengah penatnya suasana Ibu Kota, Bogor bisa menjadi tujuan yang tepat untuk sekadar melepas penat dan mencari kesejukan. 

Namun, selain wisata dan keindahannya, kamu juga perlu mencicipi berbagai kuliner di sana. Jika tidak sempat, kamu bisa membawa oleh-oleh khas Bogor sebagai buah tangan untuk keluarga dan orang-orang terdekat.

Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bogor dari Popbela.com. Jangan sampai kamu lewatkan, ya!

1. Roti Unyil

zonabogor.com

Oleh-oleh khas Bogor yang pertama adalah roti unyil. Seperti namanya, roti ini berbentuk mungil dan bisa dinikmati dalam sekali lahap. Konon, nama roti unyil ini diberikan oleh pembeli karena melihat bentuk roti yang kecil. 

Di Bogor, roti unyil ini tersedia dalam berbagai variasi rasa, yaitu pisang cokelat, cokelat, asap sapi, kacang, abon, dan keju. 

Pembuatan roti ini memakan waktu cukup lama, sampai sekitar empat jam. Kalau ingin mendapatkannya, kamu bisa menemukannya di toko pusat oleh-oleh Kota Bogor atau penjual roti keliling.

2. Lapis Talas

kampungkaleng.com

Lapis Bogor adalah sajian kuliner yang menggunakan bahan baku tepung talas sebagai bahan utamanya. Talas memang banyak dipakai menjadi olahan kuliner di Bogor karena merupakan kearifan agrikultur di sana. 

Oleh-oleh ini bisa kamu bawa pulang karena memiliki cita rasa yang nikmat dan diolah dari bahan-bahan terbaik.

Salah satu toko yang paling terkenal menjual lapis Bogor adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Kamu juga bisa menemukan berbagai olahan talas lainnya di toko ini. 

3. Bika Bogor

commons.wikimedia.org

Masih dengan olahan talas, oleh-oleh khas Bogor satu ini dibuat menjadi kue bika. Bika khas Bogor ini memiliki rasa yang berbeda dengan bika Ambon. Dari tampilannya, bika Bogor memiliki warna yang bermacam-macam.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan kuliner ini yakni di Bika Bogor Talubi yang berlokasi di Jalan Padjajaran No. 20 Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Selain rasa talas, bika ini juga memiliki variasi rasa lainnya seperti ubi madu, talas, nangka, dan pandan. 

4. Ubi Bakar Cilembu

bayuwin.com

Ubi cilembu memang kini banyak ditemui di kota-kota lainnya. Namun, makanan satu ini ternyata merupakan salah satu kuliner khas Bogor. 

Seperti namanya, ubi ini berasal dari Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. 

Ubi cilembu merupakan jenis ubi yang jika dipanggang mengeluarkan cairan seperti gula madu yang rasanya manis. Tak heran jika kuliner ini juga disebut sebagai ubi madu. 

Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh ini di berbagai tempat wisata. Namun, pintar-pintarlah untuk menawar harga agar mendapat harga yang terjangkau. 

5. PapaPia

lidbahaweres.com

Oleh-oleh khas Bogor selanjutnya adalah PapaPia. Pia ini merupakan camilan yang mirip dengan bakpia Jogja. Namun, tekstur PapaPia lebih kering, crunchy, dan renyah. 

Awalnya, varian isi PapaPia hanya kacang hijau saja. Namun, kini isian tersebut menjadi lebih bervariasi mulai dari durian, kacang merah, cokelat, keju, dan tentunya talas. 

Untuk membeli kuliner ini, kamu bisa datang ke Jalan KH. Abdullah Bin Nuh, Ruko Segitiga Emas Bok E No. 27 Bogor. 

6. Bogor Raincake

bogorraincake.com

Kalau kamu menginginkan kuliner Bogor yang kekinian, Bogor Raincake ini menjadi pilihan yang tepat. Bogor Raincake merupakan olahan cake premium yang disajikan dengan berbagai topping yang enak. 

Topping tersebut di antaranya adalah Taro, keju, vanilla, crispy chocolate, greentea, dan banyak lainnya. Mereka juga menyajikan aneka olahan kue lainnya, seperti pie dan cheesecake. 

7. Bir Kotjok

jalurrempah.kemdikbud.go.id

Oleh-oleh khas Bogor yang satu ini cukup unik, namanya adalah bir kotjok. Namun, berbeda dengan bir, minuman ini sama sekali tidak memabukkan. Justru, bir kotjok memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. 

Minuman ini terbuat dari olehan jahe, cengkeh, kayu manis, dan gula pasir yang sudah dikenal sejak tahun 1965. Minuman ini bisa memberikan sensasi hangat di tubuh dan cocok diminum saat udara dingin. 

8. Kacang Bogor

commons.wikimedia.org

Kacang tanah saja mungkin sudah biasa kamu konsumsi. Namun, sudah pernahkah kamu mencoba kacang dari Bogor? 

Kacang ini banyak ditemui di sekitar Kota Bogor. Sama dengan kacang pada umumnya, rasa kacang Bogor juga lezat dan cocok untuk camilan. Cara mengolah kacang ini bisa dengan cara digoreng, direbus, atau disangrai. 

Jika mengonsumsi makanan ini, kamu akan mendapatkan berbagai kandungan gizi yang ada di dalamnya. 

9. Mochibo

rumah-mochibo.business.site

Mochibo atau mochi Bogor adalah makanan sejenis mochi yang berisi buah-buahan segar. Buah-buahan itu berupa nanas, strawberry, kacang, sampai talas. 

Seperti mochi biasanya, rasa mochibo juga kenyal dan nikmat. Kamu bisa mendapatkan 1 box mochibo dengan harga sekitar Rp20.000 saja. 

10. Strudel Bogor

myfunfoodiary.com

Strudel merupakan olahan kue kering yang berbahan utama apel. Kuliner ini memang dikenal di negara Jerman. Namun kini, strudel juga menjadi oleh-oleh khas Bogor. 

Makanan ini bisa menjadi camilan atau makanan penutup yang bisa dikonsumsi bersama keluarga. 

11. Klappertaart

klappertaartkawanua.com

Klappertaart merupakan makanan yang berbahan dasar kelapa. Seperti namanya, makanan ini berasal dari bahasa Belanda yang berarti kelapa dan kue.

Klappertaart paling nikmat jika disantap dalam keadaan dingin. Walaupun makanan ini berasal dari Manado, klappertaart banyak ditemui di Bogor sebagai oleh-oleh. 

12. Pie Talas

pierafles.co.id

Oleh-oleh khas Bogor berikutnya adalah pie talas. Berbeda dari pie biasanya yang berisi susu, pie oleh-oleh dari Bogor ini berisi olahan talas sebagai isinya.

Dengan isian tersebut, pie talas khas Bogor ini bisa menjadi camilan yang unik sekaligus nikmat. 

13. Kue Cubit

cookpad.com

Kue cubit mungkin mudah ditemui di mana saja. Tapi, di Bogor kue ini menjadi oleh-oleh khas.

Berbeda dari biasanya, kue cubit di Bogor punya aneka varian rasa yang menarik. Kalau biasanya kue cubit hanya dijual oleh pedagang kaki lima, di Bogor kamu bisa menemukannya di toko khusus.

Salah satunya adalah Bitten by You yang berada di Gang Selot, Bogor. Kamu bisa memilih aneka rasa yang ditawarkan, mulai dari original, red velvet, bubblegum, sampai green tea. 

14. Keripik Pisang Bogor

pexels.com/Saveurs Secretes

Keripik pisang juga menjadi oleh-oleh khas Bogor yang cukup sederhana. Meski mudah ditemukan di daerah lainnya, tetapi keripik pisang di Bogor dibuat dari pisang kepok setengah matang. 

Setelah dipotong tipis-tipis, pisang digoreng dan diberi bumbu sesuai selera. Ada yang menambahkan gula, garam, atau perasa lainnya. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp7 ribuan saja. 

15. Talas

lapisbogor.co.id

Oleh-oleh khas Bogor yang terakhir yakni talas. Bogor memang menjadi kota yang terkenal dengan talasnya. Selain dibuat aneka macam makanan, kamu juga bisa menemukan talas yang belum dimasak dengan mudah di Bogor. 

Tekstur dari umbi satu ini memang cukup unik. Namun, kamu perlu memilih talas yang tepat supaya tidak membuat gatal di lidah. Adapun harga talas sekitar Rp20 ribu per kilonya. 

Itulah 15 oleh-oleh khas Bogor yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh tersebut di pusat oleh-oleh yang tersebar di berbagai penjuru Kota Bogor.

Kira-kira, oleh-oleh apa yang akan kamu bawa pulang ke rumah nanti, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel