Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Merinding! Ini 7 Museum Teraneh di Dunia, Ada Museum Penyiksaan

Berani datang, Bela?

Audia Natasha Putri

museum adalah sebuah tempat yang menampilkan ragam koleksi yang bertujuan untuk menambah wawasan atau inspirasi bagi para pengunjung. Umumnya, museum menghadirkan benda bernilai seni atau fosil kuno yang berkaitan dengan sejarah dan cerita menarik di masa lampau.

Namun, beberapa museum di berbagai belahan dunia ini justru memamerkan barang-barang yang tak lazim dan di luar nalar. Saking anehnya, pengunjung yang memasuki museum ini akan merasakan heran, jijik, bahkan takut.

Popbela merangkum 8 museum paling aneh di dunia yang menyimpan beragam koleksi tak biasa dan tak akan pernah kamu sangka di bawah ini. Ada museum toilet hingga museum pakaian dalam, sontek daftarnya, yuk!

1. Museum Toilet Sulabh International

Michaelpierachi.com

Adalah Museum Toilet Sulabh International yang menyimpan berbagai jenis toilet dan mempresentasikan perkembangannya dari masa ke masa.

Berlokasi di New Delhi, India museum telah lahir sejak 1992 dengan tujuan yang sebenarnya terbilang nyentrik, tetapi menjadi hal yang logis di sana. Adapun tujuannya untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat betapa pentingnya untuk buang air di tempat yang telah disediakan. Mengingat, sebanyak 60 persen penduduk India tercatat masih buang air di sembarang tempat, seperti di sungai dan ruang-ruang terbuka.

2. Museum Kunstkamera

Gadgetpics.com

Pada film horor bergenre sci-fi, setidaknya ada salah satu adegan di mana sang ilmuwan sengaja mengawetkan makhluk hidup di stoples kaca sebagai bahan penelitian. Nah, nggak perlu menonton film untuk melihat hal tersebut secara langsung kamu bisa mengunjungi Museum Kunstkamera yang berada di Rusia.

Museum ini terkenal akan koleksinya yang menyeramkan. Di sana, beragam jenis makhluk hidup diawetkan dalam stoples-stoples kaca dengan bentum yang aneh-aneh. Seberapa ane Ada yang hewan berkepala dua, ada juga bayi yang struktur tubuhnya tak lengkap.

Dinamakan Museum Kunstkamera karena museum ini berdiri pada tahun 1726 dan menjadi museum pertama di Rusia. Kalau kamu kebetulan orang yang mudah jijik, sekiranya museum ini masuk dalam daftar hitam tempat yang tak boleh didatangi. Lantaran, beragam koleksinya sangat menjijikan dan membuatmu tak doyan makan.

3. Museum alat-alat penyiksaan

Daihatsu.com

Kalau kamu masuk ke museum ini, pasti kamu akan langsung taubat dan mengingat atas kesalahan yang pernah kamu lakukan, baik berat maupun ringan. Pasalnya, Museum Medieval Instrument yang berlokasi di Amsterdam ini menyuguhkan alat-alat penyiksaan bagi tahanan di era medieval.

Berjumlah lebih dari seratus, alat-alat penyiksaan yang dipajang museum tersebut menjadi saksi atas kekejaman tak manusiawi terhadap beberapa tahanan dan napi. Memasuki museum ini, kamu akan merasakan aura mencekam dan sadis.

4. Museum harness anjing

Discoverbritain.com

Harness atau tali pegangan anjing umumnya digunakan untuk mengontrol tingkah laku anjing dan mengajari sikap disiplin. Biasanya harness dijual di pet shop.

Tapi, Museum Leed Castle yang berlokasi di Inggris justru memampang koleksi harness anjing dengan beragam bentuk dari zaman ke zaman. Jumlahnya ada lebih dari 130 harness yang terpajang di etalase museum. Angka tersebut belum termasuk 30 harness langka dan bernilai seni tinggi yang tak pernah ditampilkan dan sengaja disimpan di sebuah ruangan rahasia.

Bangunannya berdiri sejak abad ke-15. Selain melihat koleksi harness, di sana kamu bisa mengenal sejarah harness anjing beserta kepemilikannya.

5. Museum pakaian dalam

News.artnet.com

Dianggap sebagai hal privasi, pakaian dalam biasanya sengaja disimpan di tempat tersembunyi yang tak diketahui orang. Namun, beda ceritanya dengan The Lingerie Museum yang secara buka-bukaan menampilkan ratusan koleksi pakaian dalam.

Ketika kamu masuk ke dalamnya, kamu akan disambut beragam jenis pakaian dalam. Mulai cawat, bra, hingga korset. Ada juga pakaian dalam milik tokoh-tokoh dunia ternama, seperti Madonna dan Marilyn Monroe.

6. Museum kematian

Meetrip.com

Selain terkenal akan kuliner yang ekstrem, Thailand juga tersohor akan karya film horornya yang sadis dan sukses membuat penonton insomnia. Sebagai tanah yang kental akan cerita mistis dan tradisi leluhur yang masih erat di masyarakat. Maka tak heran jika di Thailand menjajakan banyak sekali hal di luar nalar dan membuat bergiidik wisatawan.

Termasuk Siriraj Medical Museum di Bangkok yang menampilkan banyak janin yang diawetkan. Horornya, janin tersebut merupakan janin asli manusia yang sengaja diawetkan dengan tujuan sebagai ilmu pengetahuan.

Selain janin utuh, ada organ-organ tubuh yang rusak. Misalnya paru-paru manusia yang rusak akibat ditusuk psikopat, otak yang telah mengalami pendarahan dan sejumlah bagian tubuh bekas mutilasi.

7. Museum rambut

Sandlytan.com

Di sebuah kota kecil di Cappadocia, Turki, terdapat sebuah museum yang berisikan 16 ribu koleksi rambut dari seluruh dunia. Namanya Avanos Hair Museum yang letaknya berada di sebuah gua di Avanos. Ketika kamu masuk ke dalamnya, kamu akan disambut hangat oleh beragam potongan rambut yang tersemat di sepanjang sisi ruangan gua.

Bak dihinggapi tumbuhan merambat, Museum Avanos Hair dipenuhi oleh rambut wanita yang merambat di setiap sudut interior museum. Mulai dari dinding hingga atap. Untuk menambah wawasan pengunjung, pihak museum pun melengkapi setiap rambut dengan kertas bertuliskan nama, alamat hingga foto sang empunya.

Apakah kamu tertarik untuk mendatangi museum-museum di atas, Bela?

Disclaimer: artikel ini pernah diterbitkan di IDN Times dengan judul "Merinding, 7 Museum Teraneh di Dunia Ini Bikin Kita Gak Doyan Makan" oleh Hanum Putri Anjani

IDN Media Channels

Latest from Travel