Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Vihara Tercantik di Indonesia, Punya Arsitektur Megah dan Menawan!

Wisata religi untuk mengisi Tahun Baru Imlek

Audia Natasha Putri

Indonesia adalah negara multikultural dengan ragam budaya, suku, dan agama. Walau termasuk negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia juga terdiri dari lima agama besar lainnya. Salah satunya adalah Buddha yang masuk dalam agama tertua di Indonesia.

Penganut agama Buddha melaksanakan ibadah dan kegiatan suci di vihara. Di Indonesia sendiri, tersebar banyak vihara yang bisa ditemukan di berbagai daerah. Di antaranya bahkan memiliki arsiktektur indah dan seringkali menjadi kawasan wisata religi yang ramai dikunjungi.

Lantas, apa saja vihara yang termasuk kategori terindah di Indonesia? Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

1. Maha Wihara Mojopahit

Wisata Mojokerto

Maha Wihara Mojopahit memiliki nama lain Maha Vihara Buddha. Terletak di Jalan Raya Trowulan, Bejijong, Mojokerto, vihara ini memiliki daya tarik berupa Patung Buddha Ghautama yang sedang tertidur. Patung raksasa ini menjadi ikon kota Mojokerto. Dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter, patung ini masuk dalam patung Buddha terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di Asia Tenggara.

Selain berperan sebagai tempat ibadah, vihara ini juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata religi. Bahkan, kamu juga bisa ikut bermeditasi di sini untuk menenangkan pikiran yang sedang kusut, lho!

2. Vihara Padepokan Dhammadipa Arama

Dhammaphirama.com

Vihara Padepokan Dhammadipa Arama merupakan vihara tertua di Kota Batu yang berdiri di atas lahan sekitar 5 hektar. Bertempat di dataran tinggi yang sejuk, vihara yang berdiri sejak tahun 1971 ini sering kali digunakan sebagai tempat meditasi.

Vihara ini masuk dalam daftar tempat ibadah tercantik di Indonesia karena menawarkan keindahan berupa pernak-pernik religi yang ada di dalamnya. Dengan arsitekturnya yang megah dengan area yang sangat luas, vihara ini sering didatangi oleh para wisatawan yang ingin menikmati wisata religi.

Lokasinya berada di ruas jalur utama Kota Malang dan Kota Batu, tepatnya di Dusun Ngandat, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

3. Vihara Bodhigiri

Buddhazine.com

Vihara Bodhigiri adalah vihara yang berdiri di atas permukaan laut dengan ketinggian 550 meter. Dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan yaitu Gunung Kawi dan Gunung Kelud, vihara ini digunakan sebagai tempat meditasi yang menenangkan. Karena lokasinya yang berada di tengah alam dan jauh dari kebisingan kota.

Vihara ini berpijak di atas lahan seluas 60.000 m², dengan lokasi di Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kontur bangunan vihara yang megah dan indah menjadi alasan mengapa banyak wisatawan berminat untuk berkunjung ke sini. Pengalamanmu berkunjung akan makin berkesan dengan hadirnya pemandu yang akan menemanimu berkeliling serta memperkenalkan sejarah dari Vihara Bodhigiri.

4. Brahma Vihara Arama

The Global Eyes

Terbang ke Tanah Bali, ada Brahma Vihara Arama atau populer dengan nama Vihara Buddha Banjar. Vihara yang berlokasi di Desa Banjar, Buleleng, Bali ini masuk dalam vihara terbesar di Bali. Luasnya mencapai 4 hektar dan dibangun di atas kawasan perbukitan Banjar Tegeha.

Brahma Vihara Arama dibangun pada tahun 1969 dan sering kali menjadi lokasi untuk kegiatan meditasi bagi masyarakat lokal maupun mancanegara. Dengan suasana yang sepi, tenang, dan jauh dari keramaian, hatimu akan merasa sejuk dan damai saat menapaki area vihara ini. Masuk ke dalamnya, kamu akan berjumpa dengan interior vihara yang berhiaskan stupa dan ukiran khas kepercayaan Buddha.

Begitu juga dengan replika Candi Borobudur dengan lima stupa yang letaknya berada di tengah area taman. Inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik wisatawan untuk menghabiskan waktu menikmati wisata religi yang memukau.

5. Vihara Avalokitesvara Graha

Google Photos

Vihara Avalokitesvara Graha merupakan vihara ikonik Indonesia yang letaknya di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Vihara Avalokotesvara Graha dapat dikenali lewat patung Dewi Kuan Yin Phu Sha dalam posisi duduk yang menghiasi di ruang utama vihara.

Patung raksasa ini berlapiskan emas 22 karat dan memiliki tinggi mencapai 16,8 meter serta berat 40 ton. Akan kemahsyurannya, patung ini telah dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai patung Dewi Kuan Yin terbesar yang berada di dalam ruangan.

Arsitekturnya yang unik dengan gerbang berwarna kuning dan merah tampak menjulang tinggi di halaman vihara cocok dijadikan sebagai spot foto untuk bernarsis ria. Vihara ini juga terbuka untuk umum sehingga kamu bisa mengunjunginya kapan saja.

6. Vihara Hemadhiro Mettavati

Instagram.com/r1nald1

Tak hanya terkenal sebagai kawasan sibuk, Cengkareng juga mempunyai vihara cantik bernama Vihara Hemadhiro Mettavati. Vihara indah yang menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha Jakarta dan sekitarnya ini memiliki bangunan mengilap dengan warna kilau keemasan. Hadirnya dua patung naga yang menghiasi sisi kiri dan kanan anak tangga membuat bangunan vihara ini tampak megah dan lekat akan ajaran Buddha.

Vihara tersebut terdiri dari tiga ruangan utama. Yaitu ruang ibadah bernama ruang dhammasala, ruang meditasi, dan ruang serbaguna. Untuk menuju ruang dhammasala, kamu perlu menaiki 24 anak tangga. Vihara ini menganut gaya arsitektur khas Thailand dengan mengkombinasikan desain bangunan klasik dan modern yang melahirkan estetika konstruksi yang apik. Uniknya, kompleks vihara ini menyediakan musala sebagai bentul toleransi umat beragama di Indonesia.

7. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Wikipedia

Kembali ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, ada sebuah vihara cantik yang mempunyai pelafalan yang sulit diucapkan. Namanya Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Meski nama vihara ini membuat lidah berkelit, hal ini justru berlawanan dengan arsitekturnya yang megah dan menyerupai Tembok Besar China.

Masyarakat setempat menyebut tempat ibadah umat Buddha ini sebagai Vihara Patung Seribu. Lantaran, terdapat banyak patung dengan beragam ukuran yang menghiasi area vihara. Hal ini yang membuat para wisatawan yang datang terpukau karena estetika ornamen khas Buddha yang menawan. Walaupun berjuluk Vihara Patung Seribu, nyatanya hanya sekitar 500-an patung yang berjajar di vihara ini.

8. Vihara Buddha Jayanti

Google Photos

Tak banyak yang mengetahui bahwa Papua Barat memiliki vihara indah bernama Vihara Buddha Jayanti. Tempat peribadatan pemeluk agama Buddha ini bertempat di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 49, Kota Sorong, Papua Barat. Kemegahan vihara ini terletak pada bangunannya yang menjulang tinggi dan mengusung konsep pagoda khas Tiongkok.

Lokasinya yang berada di atas bukit dengan suguhan lanskap alam Kota Sorong dari atas ketinggian menambah sisi menarik vihara satu ini. Maka itu, tak afdol rasanya kalau belum mengabadikan momen saat sedang bertandang ke Vihara Buddha.

Itulah tadi 8 potret vihara terindah di Indonesia yang akan membuatmu takjub. Kalau kamu berkesempatan untuk mengunjungi salah satu di antaranya, vihara mana yang akan kamu pilih?

IDN Media Channels

Latest from Travel