Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pasca Operasi & Foto Diedit, Ke Mana Kate Middleton? Ini Kronologinya

Apakah Kate Middleton benar menghilang?

Nindi Widya Wati

Kate Middleton memang tengah menjadi sorotan publik, karena dikabarkan tidak pernah muncul dalam waktu lama, usai menjalani operasi perut. Namun, pembicaraan tentang Putri Wales kian memanas, saat foto terbarunya yang sempat muncul di laman berita seperti Associated Press, terlihat sebagai foto hasil edit.

Foto Kate Middleton yang diketahui sebagai hasil edit

Dok. Insider News

Melansir dari TIME, unggahan foto tersebut, disertai dengan pesan ucapan selamat kepada para perempuan saat Perayaan Hari Ibu di Inggris, pada tanggal 10 Maret 2024 lalu.

"Terima kasih atas harapan baik Anda dan dukungan berkelanjutan (kepada Kate Middleton) selama dua bulan terakhir,” tulis pesan yang ditandatangani Kate. 

Kemunculan foto Kate, ternyata menarik banyak spekulasi dan komentar negatif dari warganet. Situasi tersebut, yang membuat keluarga kerjaan kemudian merilis pernyataan dari Kate di media sosial. Ia mengaku telah memanipulasi foto tersebut, dan meminta maaf atas segala kebingungan yang terjadi karena foto dirinya.

Muncul pernyataan dari Associated Press

Dok. AP

Lalu, muncul pula keterangan dari Associated Press sebagai pihak yang menarik unggahan foto Kate Middleton. 

“Meskipun tidak ada dugaan bahwa gambar tersebut palsu, Associated Press menarik foto tersebut dari peredaran karena tidak memenuhi standar fotonya,” jelas Associated Press.

Setelah penarikan foto tersebut, barulah ada pernyataan mengenai standar editorial Associated Press bahwa foto harus akurat. Associated Press tidak menggunakan foto yang diubah atau dimanipulasi secara digital. 

Kronologi seputar menghilangnya Kate Middleton

Dok. NY Post

Kontroversi seputar foto Kate Middleton yang dimanipulasi, menandai semakin banyaknya teori konspirasi tentang keluarga kerajaan yang beredar sejak awal tahun 2024 ini. Lantas, sebenarnya bagaimana kronologi awal mula hilangnya kabar Kate Middleton hingga saat ini? Yuk, simak informasinya berikut ini, Bela! 

1. 25 Desember 2023, diketahui sebagai Perayaan Hari Natal yang menandai kemunculan terakhir kali Kate di muka umum. Ia terlihat meninggalkan kebaktian gereja di Sandringham, kediaman keluarga di London Utara.

Dok. People

2. 17 Januari 2024, Istana Kensington mengumumkan bahwa Kate menjalani jadwal operasi perut dan akan dirawat di rumah sakit selama 10 hingga 14 hari. Istana menambahkan, bahwa kecil kemungkinan, Kate untuk berpartisipasi di acara publik apa pun sampai setelah Paskah, yang jatuh pada 31 Maret 2024.

Dok. Kensington Palace

3. 18 Januari 2024, Pangeran William terpantau mengunjungi Kate di rumah sakit.

Dok. NY Post

4. 29 Januari 2024, setelah hampir dua minggu dirawat di rumah sakit, Istana Kensington mengabarkan bahwa Kate dalam keadaan baik dan akan pulang ke Kastil Windsor untuk melanjutkan pemulihannya.

Dok. ABC News

5. 29 Februari 2024, seorang juru bicara merilis pernyataan ke awak media, yang berbunyi, “Istana Kensington telah menegaskan, pada bulan Januari sebagai jadwal pemulihan Sang Putri dan kami hanya akan memberikan informasi terkini yang signifikan".

Dok. ABC News

6. 4 Maret 2024, Kate terlihat pertama kali muncul di publik sejak bulan Desember, dengan foto ia bersama sang ibu, Carole Middleton. Momen yang tidak dirilis secara resmi oleh Istana Kensington ini, terjadi saat keduanya berkendara di dekat Kastil Windsor, menurut keterangan media TMZ.

Dok. NY Post

7. 5 Maret 2024, Angkatan Darat Inggris menghapus klaimnya, bahwa Putri Wales akan menghadiri acara tahunan Trooping the Color pada tanggal 8 Juni 2024, yang menimbulkan spekulasi lebih lanjut tentang kesehatan Kate.

Dok. People

8. 10 Maret 2024, dalam memperingati Hari Ibu di Inggris, Istana Kensington membagikan foto Kate dan anak-anaknya. Foto itu menurut pihak Istana diambil oleh Pangeran William pada awal minggu, di Istana Kensington.

Dok. People

9. Masih pada 10 Maret 2024 saat malam hari, beberapa kantor berita besar, termasuk AP dan Reuters, menarik foto Kate Middleton karena adanya manipulasi.

Dok. AP

10. 11 Maret 2024, Kate menyatakan permintaan maaf karena membagikan foto yang telah diedit.

Dok. GBNews

Terdapat pernyataan terakhir Kate Middleton yang diungkapkan melalui Istana Kensington.

“Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas kebingungan yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin,” bunyi pesan tertulis Instagram dalam warna merah yang ditambahkan pada Kamis, (14/03/2024). 

Barulah, beberapa jam kemudian, muncul foto Kate Middleton bersama Pangeran William di dalam mobil meninggalkan Kastil Windsor. Meskipun, ia tidak bergabung dengan Pangeran Wales saat kebaktian tahunan Commonwealth Day di Westminster Abbey. 

Sejauh ini, kabar menghilangnya Kate dari acara kerajaan sampai kontroversi foto editannya terus menjadi perbincangan internasional. Apalagi, ditambah dengan berbagai teori konspirasi yang kian hari semakin bertambah. Bagaimana kalau menurutmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from News