Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dihantam Topan Hinnamnor, Ini 13 Potret Kondisi Korea Selatan

Pohang menjadi salah satu wilayah paling terdampak

Ajenk Rama

Pada Agustus lalu, masih segar di benak publik bahwa Korea Selatan sempat mengalami banjir bandang yang meredam beberapa wilayah, termasuk Gangnam. Banyak kerusakan terjadi dan menewaskan sedikitnya tujuh orang, serta enam orang hilang. 

Bencana dahsyat itu kembali terulang. Korea Selatan baru saja dihantam topan terkuat selama beberapa tahun terakhir, yaitu topan Hinnamnor. Pohang dikabarkan menjadi salah satu wilayah paling terdampak dari bencana alam tersebut.

Lantas, seperti apa potret Korea Selatan saat dan setelah dihantam topan berkecepatan tinggi tersebut? Berikut kondisi terkini yang berhasil dirangkum oleh Popbela dari berbagai sumber. 

1. Menurut Administrasi Meteorologi, topan super tersebut melintasi Pulau Jeju saat tengah malam dan menyapu pantai selatan Korea jam 04:50 pada hari Selasa. Air laut sampai menyentuh jalanan salah satu wilayah Korea.

Channelnewsasia.com

2. Topan Hinnamor terus bergerak ke timur laut dengan kecepatan 62 km per jam dekat Pulau Ulleung. Tekanan atmosfer topan ini mencapai 965 hektopaskal dan kecepatan angin 37 meter per detik. Akibatnya, hampir sebagian pesisir pantai Korea teredam air.

Pannchoa.com

3. Topan Hinnamnor menurunkan hujan lebat di bagian selatan negara Korea, serta Pulau Jeju. Akibatnya, toko dan mobil yang terparkir di jalanan Korea pun teredam. Bahkan, hanya terlihat atap mobilnya saja.

Pannchoa.com

4. Saat topan melanda, banyak warga berusaha menyelamatkan mobil mereka di parkiran ruang bawah tanah, tetapi terjebak oleh arus deras yang datang.

Pannchoa.com

5. Pohang menjadi wilayah paling terdampak topan Hinnamnor. Salah satu hotel tepi pantai runtuh diterjang gelombang air dan menyisakan sedikit bangunan atas. Melansir BBC, dilaporkan bahwa tidak ada tamu yang terluka.

Twitter.com/sugardaddy2041

6. Saat topan menjauhi Korea, pemerintah mulai mencabut peringatan di sebagian wilayah. Lebih dari 60.000 rumah mengalami pemadaman listrik dan 45% di antaranya telah dipulihkan jam 15.00 waktu setempat.

Twitter.com/TimesofIndia

7. Kondisinya begitu memprihatinkan. Tembok di sekitar jalanan Korea Selatan tampak berserakan pasca dihantam topan Hinnamnor.

Twitter.com/TimesofIndia

8. Satu per satu warga mulai keluar untuk menata, membersihkan, serta memperbaiki kondisi kedai, rumah, atau jalanan yang rusak.

Twitter.com/sugardaddy2041

9. Regu penyelamat bersatu menyisir lokasi untuk menemukan warga yang terjebak atau meninggal saat topan Hinnamnor melanda negeri tersebut.

Twitter.com/sugardaddy2041

10. Seorang laki-laki berusia 30-an diselamatkan dari parkiran bawah tanah Pohang usai bertahan selama 13 jam. Ia berpegangan pada langit-langit dan pipa basement sebelum ditemukan oleh regu penyelamat.

Emiroverve.com

11. Ini salah satu momen saat tim penyelamat mengeluarkan seorang perempuan yang terjebak. Tujuh dari laporan kematian topan Hinnamnor, salah satunya berasal dari tempat parkir bawah tanah.

Cnn.com/Yoonjungseo

12. Lebih dari 2.500 warga telah dievakuasi dan pihak berwenang menutup sekitar 600 sekolah di seluruh Korea. Selain itu, penerbangan lokal juga ditangguhkan sementara waktu hingga kondisi kembali aman dan pulih.

Baynews9.com

13. Topan Hinnamnor meluluhlantakkan bangunan dan menyebabkan kerusakan parah di sebagian besar pesisir Korea. Menurut Korea Herald, tiga warga meninggal dan sembilan dilaporkan hilang.

Nytimes.com

Itulah kondisi Korea Selatan pasca dihantam topan Hinnamnor. Semoga kondisi di wilayah negara yang terkena dampak topan Hinnamnor segera membaik dan warga yang hilang dapat ditemukan, ya, Bela.  

IDN Media Channels

Latest from News