Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Minuman yang Membuatmu Mudah Tertidur

Dijamin tidur nyenyak bebas insomnia!

Rosita Meinita

Di sela-sela padatnya rutinitas seharian, kamu tentunya membutuhkan istirahat yang cukup, salah satunya dengan tidur. Waktu tidur yang dianjurkan dalam sehari adalah kisaran tujuh hingga delapan jam, akan tetapi nggak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Banyak sekali kasus insomnia, karena tidak bisa terlelap pulas di malam hari

Unutk mengatasinya, bisa mencoba beberapa minuman ini, untuk membuat tidurmu nyenyak, Bela. Minuman ini mengandung berbagai nutrisi yang membantumu mudah tertidur. Apa sajakah minuman yang dapat membuatmu mudah tertidur itu?

1. Susu hangat

freepik.com/ freepik

Susu merupakan salah satu pilihan terbaik untuk tidur yang nyenyak. Susu mengandung tryptophan, yang meningkatkan serotonin di otak. Zat ini memberikanmu perasaan bahagia.

Hormone melatonin akan diproduksi lebih banyak dalam kondisi ini untuk membantu tidurmu, bahkan untuk insomnia kronis. Coba deh, segelas susu hangat sebelum tidur.

2. Teh peppermint

freepik.com/ natalix

Teh peppermint berfungsi meredakan sakit perut, hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasinya. Dengan mengempiskan otot, peppermint juga membuat tubuh lebih rileks. Nah, jika kamu akan ada presentasi ataupun ujian di esok hari, teh peppermint merupakan pilihan yang bagus untuk mengistirahatkan tubuh sebelum siap beraksi keesokan paginya.

3. Jus ceri

freepik.com/ somemeans

Jus ceri sama seperti susu yang mengandung triptofan. Karena itulah, jus ceri dapat menghasilkan hormone melatonin yang meningkatkan kualitas tidurmu. Jus ini juga telah diuji dalam beberapa penelitian, seperti American Journal of Therapeutics. Jus ceri manjur untuk mengobati insomnia, dan telah berhasil menjadi salah satu pilihan paling efektif melawannya.

4. Air kelapa

freepik.com/ chaded

Air kelapa mengandung magnesium dan potassium, dua mineral ini mampu mengendurkan otot di dalam tubuhmu. Hal ini akan membuat tidurmu semakin nyenyak. 

Selain itu, air kelapa mengurangi tekanan darah dan pembengkakan di ginjal. Elektrolit yang ada di air kelapa ini juga dapat membantu membuat tubuhmu lebih rileks.

5. Banana smoothie dengan susu almond

freepik.com/ freepik

Minuman ini tidak hanay bisa kamu temukan di kafe, namun kamu bisa membuatnya sendiri juga lho, Bela. Pisang mengandung triptofan dan dua mineral utama untuk relaksasi otot, yaitu kalium dan magnesium. Buah ini memberi efek yang menenangkan stres pikiran maupun fisik.

Serat dan karbohidratnya membuatmu cukup kenyang untuk mengurangi keinginan ngemil yang nggak perlu. Makanya sering dikonsumsi pelari atau pesepeda setelah olah raga.

6. Teh hijau

freepik.com/ topntp26

Penuh dengan antioksidan, teh hijau juga merupakan pilihan yang tepat untuk kamu minum setiap hari. Teh hijau tanpa kafein mengandung theanine, yang membuat tubuhmu semakin rileks dan membantu untuk tidur nyenyak di malam hari.

Itulah beberapa minuman yang dapat membuatmu mudah tertidur. Semoga bermanfaat ya.

IDN Media Channels

Latest from Food