Insomnia atau gangguan sulit tidur pasti pernah dirasakan hampir setiap orang. Gangguan ini dapat dialami oleh siapapun dan disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Bagi kamu yang sering mengalami insomnia, kamu harus cepat-cepat atasi insomniamu karena gangguan ini dapat  berdampak lanjut terhadap kondisimu seperti stres meningkat, pikiran kurang fokus, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan bahkan jika dibiarkan lama-kelamaan dapat berpengaruh pada fungsi organ tubuh.

Tenang guys, ada banyak cara mengatasi insomnia atau susah tidur yang simple. Penasaran apa saja? Yuk, simak enam tips jitu berikut ini!

1. Olahraga di sore hari

6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur! cookinglight.com

Berolahraga ternyata dapat mempengaruhi seberapa baik kualitas tidurmu. Namun, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga agar kualitas tidur malammu baik. Pastikan untuk melakukan aktivitas olahraga 4-5 jam sebelum tidur sehingga dengan berolahraga akan menghabiskan energi yang membantu kamu merasa lebih lelah dan siap untuk tidur di malam hari.

2. Pastikan tubuhmu rileks sebelum tidur

6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur! medicalnewstoday.com

Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tubuhmu rileks sebelum tidur seperti mandi dengan air hangat, minum teh/susu hangat, atau menyiapkan kondisi kamar dan kasurmu senyaman mungkin. Pastikan juga kamu sudah buang air kecil sebelum tidur supaya kamu gak kebelet buang air kecil ketika kamu mulai merasa mengantuk.

3. Stop main handphone ketika kamu sudah di kasur!

6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur! time.com

Buat kamu yang mengalami insomnia dan malah main handphone ketika sudah di atas kasur dengan alasan agar lama-kelamaan kamu bisa tertidur, hentikan deh kebiasaan itu. Cahaya terang dari layar handphone dapat menghentikan tubuh kamu memproduksi melatonin. Melatonin ini adalah hormon yang penting untuk membuatmu tidur nyenyak dan secara alami diproduksi ketika hari menjadi lebih gelap.

4. Tidak hanya handphone, pastikan juga kamu mematikan layar handphone, TV, dan laptopmu

6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur! unsplash.com/@alexagorn

Panjang gelombang cahaya biru dan hijau dari layar ponsel, laptop atau tablet, dan TV dapat mengelabui otak yang membuat otakmu berpikir bahwa kamu masih berada di siang hari sehingga mencegah pelepasan melatonin. Akibatnya tidak hanya membuatmu lebih sulit untuk tidur, tetapi membuat kualitas tidurmu semakin memburuk.

5. Lakukan teknik pernafasan struktural

6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur! abcnews.com

Dalam dunia kesehatan holistik, menarik dan mengeluarkan napas dipercaya dapat mempengaruhi kualitas tidur yang baik. Latihan pernafasan sebelum tidur ini bekerja sama halnya pada pernafasan saat meditasi yang dapat menimbulkan rasa rileks dan tenang. Kamu bisa melakukan teknik pernafasan dengan cara tarik nafas selama 4 detik, tahan selama 3 detik dan buang nafas selama 7 detik, kemudian lakukan berulang hingga tubuhmu merasa rileks.

6. Pikirkan mantra-mantra yang membuatmu berfikir positif dan tenang

6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur! refinery29.com

Mantra adalah kata atau frasa yang memiliki makna yang kuat. Dengan mengucapkan mantra dalam hati untuk diri sendiri dapat memusatkan pikiran. Mantra banyak digunakan saat meditasi dan sangat efektif untuk menenangkan diri saat meditasi sehingga sangat masuk akal bahwa mantra juga dapat efektif untuk membuatmu rileks dan tertidur.

Rileks, lepaskan semua beban pikiramu, dan istirahatlah. Kamu berhak mendapatkan waktu tidur yang sempurna. Kamu pasti bisa, semoga kamu berhasil melawan insomniamu!

Itulah cara mengatasi insomnia atau susah tidur yang simple dan bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat ya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "6 Tips Mudah dan Jitu Atasi Masalah Insomnia, Bye-bye Susah Tidur!"

Baca Juga: Bahaya! Ini yang akan Terjadi Jika Kamu Kurang Tidur

Baca Juga: Bukan Pemalas, Ini 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang Saat Jam Istirahat 

Baca Juga: Sering Berkeringat saat Tidur Apakah Normal? Ini Penjelasan Medisnya!