Tidur sangat penting bagi kesehatan. Selain fungsinya untuk mengistirahatkan otak dan tubuh, tidur cukup yang berkualitas juga berpengaruh untuk kesehatan jangka panjangmu. Kekurangan tidur akan melemahkan fungsi organ dan lebih rentan terhadap virus. 

Ternyata, beberapa makanan berpengaruh untuk mendapatkan tidur yang berkualitas untukmu, bela! Apa sajakah itu?

1. Almond

Makanan yang Membuatmu Cepat Tidurfreepik.com/alexgrec

Satu ons almond mengandung hampir 25% kebutuhan magnesium harian untuk perempuan. Sedangkan kebanyakan darimu hampir 80% nggak mengonsumsi magnesium yang cukup.

Magnesium berfungsi untuk membuat otak lebih bersantai, serta anti kecemasan. Oleh karena itu kamu bisa memakan almond sebagai camilan atau mencampurkannya di dalam yoghurt dan sereal untuk sarapan.

2. Oat

Makanan yang Membuatmu Cepat Tidurfreepik.com/aleruana

Saat dilakukan sebuah studi tentang perbedaan tidur pada orang diet dengan lebih tinggi protein, lemak, atau karbohidrat, terdapat beberapa perbedaan. Partisipan yang melakukan diet tinggi karbohidrat bisa tidur lebih nyenyak daripada yang lain.

Oat merupakan sumber karbohidrat utuh yang sehat karena kandungan glukosanya yang sedikit. Kamu bisa memakan oat saat sarapan.

3. Ceri

Makanan yang Membuatmu Cepat Tidurfreepik.com/Racool_studio

Ceri mengandung melatonin tinggi. Zat inilah yang membantu mengatur siklus tidurmu. Saat kamu memakan ceri, otomatis tidurmu akan semakin nyenyak. Beberapa penelitian juga menguji akan khasiat dari ceri ini. Partisipan yang sebelumnya memakan ceri bisa tidur lebih lama daripada yang lain.

4. Raspberry

Makanan yang Membuatmu Cepat Tidurfreepik.com/lifeforstock

Orang dewasa membutuhkan antara 25 hingga 35 gram serat per hari. Hal ini sangat cocok dengan buah raspberry. Buah ini mengandung 9 gram serat di dalamnya. Tak perlu bingung untuk mengolah buah ini karena rasanya yang asam, kamu bisa membuat smoothie dengan campuran buah kiwi, biji chia dan pisang untuk meningkatkan asupan serat.

5. Yoghurt

Makanan yang Membuatmu Cepat Tidurfreepik.com/freepik

Microbioma terdapat di dalam ususmu. Mereka juga berperan untuk menciptakan pola tidurmu, suasana hati, dan tingkat stres. Salah satu cara terbaik untuk menjaga microbioma tetap sehat yaitu dengan menambah bakteri baik di makanan kaya prebiotik.

Salah satu makanan yang terbukti adalah yoghurt. Mengonsumsi yoghurt secara rutin, mampu meningkatkan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga: 7 Resto All U Can Eat di Semarang Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Makan