Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kesalahan yang Dilakukan Saat Membuat Brownis

Jangan sampai salah, ya!

Rosita Meinita

Untukmu pencinta makanan manis, brownis mungkin sudah menjadi makanan wajib untukmu. Apakah kamu mendapatkan brownis itu membeli atau membuatnya sendiri di rumah? Brownis merupakan makanan manis yang sebenarnya sangat mudah dibuat di rumah, karena bahan dan cara membuatnya nggak susah dan termasuk simpel.

Tetapi, apakah kamu tahu takaran bahan baku dalam brownis sangat berpengaruh terhadap rasa dan teksturnya? Ya, inilah beberapa kesalahan takaran bahan baku yang mempengaruhi keberhasilan baking pada brownis.

1. Terlalu banyak tepung

pinterest.com/ Emily Hlavac Green

Brownis nggak membutuhkan banyak tepung. Dari beberapa kue cokelat biasanya membutuhkan 2 cup tepung, tetapi brownis hanya membutuhkan 1¼ cup. Terlalu banyak tepung menyebabkan tekstur menjadi kering dan terasa basi.

2. Overbaking

pinterest.com/ Emily Hlavac Green

Nah, terlalu lama melakukan baking terhadap brownis juga akan membuat teksturnya sangat kering, padahal brownis yang bertekstur bagus adalah yang masih moist. Kebanyakan darimu melakukan tes kematangan kue-kue lainnya dengan menusukkan tusuk gigi, jika sudah nggak basah maka kue sudah siap untuk diangkat

3. Terlalu banyak bubuk cokelat

pinterest.com/ Emily Hlavac Green

Menambahkan terlalu banyak bubuk cokelat nggak berarti rasa cokelat dalam brownis akan semakin terasa dan enak. Hal yang terjadi adalah sebaliknya, itu akan membuat brownis terasa seperti berpasir seperti tanah.

4. Terlalu banyak telur

pinterest.com/ Emily Hlavac Green

Ketika kamu ingin mencoba membuat brownis yang fugdy, yang terlintas di pikiranmu adalah menambahkan lebih banyak telur. Tetapi hal itu juga salah, terlalu banyak telur akan membuat brownis terasa amis, bertekstur kasar dan menyusut.

5. Terlalu sedikit gula

pinterest.com/ Emily Hlavac Green

Mungkin darimu yang lebih ingin menonjolkan rasa cokelat, berinisiatif untuk mengurangi takaran gula. Bahkan hal yang seperti ini akan membuat brownis kering dan terasa pahit serta kering. Mengurangi takaran gula akan memberikan rasa yang hambar.

6. Terlalu banyak lemak

pinterest.com/ Emily Hlavac Green

Sayangnya menambahkan banyak mentega ke dalam adonan brownis, nggak membuatnya lebih baik. Lebih banyak mentega, lebih banyak juga kandungan lemak yang ada di brownis. Ini akan membuat keadaan brownis licin dan berminyak, terlihat seperti nggak matang serta sangat fudgy.

7. Menambahkan hanya kuning telur

pinterest.com/ Emily Hlavac Green

Menggunakan kuning telur saja di adonan brownis juga bukan ide yang bagus. Hal ini akan membuat brownis sangat kering, rapuh dan nggak bisa dimakan. Bisa jadi ini merupakan brownis yang gagal.

8. Terlalu cepat memotong saat sudah matang

pinterest.com/ Emily Hlavac Green

Mungkin ketika brownis sudah matang, kamu nggak sabar ingin segera menyajikannya. Ternyata hal ini juga nggak akan membuat brownismu terlihat sempurna, potongan akan menggumpal dan nggak rapi. Untuk dapat memotong sempurna, kamu harus menunggu sampai benar-benar dingin hingga suhu kamar. Menunggu nggak akan membuatmu kehilangannya, bukan?

Itulah delapan kesalahan yang dilakukan saat membuat brownis. Semoga bermanfaat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food