Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Makanan yang Membuatmu Nggak Gampang Sakit

Memperkokoh sistem imun kita!

Rosita Meinita

Di tengah merebaknya virus corona ini, yang perlu diperhatikan selain menggerakkan kampanye #DiRumahAja, namun juga perlunya memperkokoh sistem imun kita. Dengan makanan yang bergizi dan sehat, juga merupakan langkah awal untuk membuatmu nggak gampang terkena virus.

Walaupun banyak suplemen dan berbagai obat yang bisa menaikkan sistem immune, tentu saja makanan yang fresh akan lebih mudah ditemukan. Inilah makanan yang membuatmu nggak gampang sakit.

1. Buah jeruk

freepik.com/ master1305

Sangat banyak suplemen yang mengklaim memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Akan tetapi hal itu nggak sebanyak kandungan yang ada di dalam jeruk. Aneka jenis jeruk sangat banyak mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu bisa memakannya langsung atau menjadikannya jus.

2. Jamur kancing

freepik.com/ kvladimirv

Jamur kancing mengandung selenium yang berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskular, gangguan tiroid, hingga kanker. Elemen mineral ini merupakan nutrisi yang penting dan nggak bisa dibuat sendiri oleh tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa individu dengan kadar selenium rendah akan dapat dengan mudah terinfeksi oleh virus.

3. Makanan fermentasi

freepik.com/ topntp26

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat, kamu bisa mengonsumsi makanan fermentasi, seperti yoghurt. Makanan tersebut akan meningkatkan bakteri baik di usus dan produksi antibodi di tubuhmu.

4. Paprika merah

freepik.com/ myfoodie

Selain jeruk, paprika merah juga memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari buah jeruk. Ditambah lagi, sayur ini merupakan sumber beta karoten dan sumber antioksidan yng tinggi paprika merah juga dapat membantu memperbaiki kondisi penglihatan di malam hari.

5. Brokoli

freepik.com/ user6170755

Brokoli mempunyai kandungan berbagai nutrisi yang beragam. Mulai dari vitamin A, C dan E, mineral, serta antioksidan. Oleh karena itu, memakan brokoli juga memberikanmu keuntungan mendapatkan berbagai nutrisi tersebut.

6. Bawang putih

freepik.com/ freepik

Nggak hanya sebagai bumbu dapur untuk memasak berbagai olahan makanan, bawang putih juga berkhasiat untuk menambah kekebalan tubuhmu. Hal ini karena senyawa yang dikandung bawang putih mengandung sulfur.

7. Sup ayam

freepik.com/ azerbaijan_stock

Selain menyegarkan dimakan saat siang hari, sup ayam kaya akan berbagai nutrisi. Ayam mengandung vitamin yang penting untuk pembentukan sel darah merah, sedangkan kaldu ayam mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang meningkatkan kekebalan tubuhmu. Makanya sup ayam kerap menjadi salah satu resep penyembuh dari orangtua, ketika anaknya terkena flu dan demam.

IDN Media Channels

Latest from Food