Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Simpan Bahan Makanan Sahur dan Berbuka Puasa Agar Tetap Segar

Untuk keperluan sahur tentu kamu perlu segar dan cepat saji

Romi Subhan

Saat Bulan Ramadan, salah satu aktivitas rutin keluarga adalah mempersiapkan makanan untuk sahur dan berbuka. Makanan untuk sahur dan berbuka sebaiknya tidak sekadar ada, melainkan betul-betul dipersiapkan dan direncanakan. Makanan sahur dan berbuka juga wajib punya kualitas asupan nutrisi yang seimbang supaya tubuh tetap sehat serta mudah untuk dipersiapkan.

Persiapan dan perencanaan makanan untuk sahur dan berbuka tentu akan berkaitan dengan pengadaan stok bahan makanan bernutrisi baik yang cukup dan penyimpanan yang baik. Di situlah keberadaan kulkas yang berkualitas menjadi penting, terutama kulkas yang dapat menyimpan bahan makanan lebih banyak dan lebih lama, tetap segar, dan serta bisa disajikan dengan cepat.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar makanan lebih awet dan tetap segar serta cepat saji.

Stok bahan makanan yang cukup sebelum puasa

Dok. Samsung

Bolak balik ke pasar atau supermarket setiap hari hanya untuk berbelanja bahan makanan untuk menu sahur dan berbuka akan sangat merepotkan. Sebaiknya bahan makanan distok lebih banyak dan karena itu butuh kulkas dengan kapasitas besar. Kulkas dengan kapasitas besar mulai dari 305 liter sampai 465 liter bisa jadi pilihan kamu, ya.

Siapkan lauk yang segar dan siap saji

Dok. Samsung

Sebagian orang mungkin merasa enggan bangun lebih pagi untuk mempersiapkan makanan sahur. Di situlah bahan makanan yang diungkep, yakni direndam dalam bumbu dan dimasak dengan api kecil sampai bumbu menyerap, menjadi penolong. Sebab bahan makanan yang diungkep, seperti ayam dan ikan, bisa disajikan dengan cepat karena tinggal digoreng sebentar sebelum sahur atau berbuka, sangat menghemat waktu.

Masalahnya, menyimpan makanan ungkep itu agak tricky. Kalau disimpan di freezer, makanan akan membeku dan perlu dicairkan sebelum diolah lebih lanjut dan ini memakan waktu lama.

Untuk itulah kulkas dengan kemampuan 'ungkep' seperti dimiliki kulkas Samsung terbaru bisa jadi pilihan kamu sehingga bisa dengan cepat dimasak dan disajikan sebagai salah satu menu sahur atau berbuka puasa.

Pilih bahan makanan yang sehat dan bernutrisi

Dok. Samsung

Kunci penyimpanan yang berhasil adalah bahan makanan tetap terjaga kesegarannya dalam waktu lama sehingga keluarga bisa menyajikan makanan sahur dan berbuka yang sehat dan bernutrisi lengkap.

Kulkas dengan teknologi All-Around Cooling bisa jadi pilihan kamu karena akan mensirkulasikan udara dingin melalui saluran udara yang ditempatkan pada posisi strategis di dalam kulkas. Sirkulasi ini mendinginkan bagian dalam kulkas secara menyeluruh. Seluruh bahan makanan yang disimpan di kulkas ini akan mendapatkan pendinginan yang optimal sehingga terjaga kesegarannya.

Gunakan peralatan dapur yang memudahkan hidup

Dok. Samsung

Kulkas ‘ungkep’ Samsung sudah disematkan teknologi AI yang membuatnya lebih hemat energi dan memudahkan hidup kamu. Kulkas ini bisa terhubung ke aplikasi SmartThings di smartphone melalui Wi-Fi yang sudah embedded, sehingga ia bisa diatur dari jarak jauh, seperti mengubah temperatur, dan mendapat notifikasi jika pintu kulkas terbuka.

Aplikasi SmartThings mempunyai fitur AI Energy Mode yang akan membaca pola pemakaian kulkas, contohnya berapa kali dan berapa lama pintu kulkas dibuka. Berbekal analisis AI ini, sistem akan menjaga kestabilan suhu dan kinerja kompresor supaya kulkas tetap hemat listrik.

AI Energy Mode juga akan memonitor penggunaan listrik dan estimasi biaya yang akan dikeluarkan. SmartThings akan memberikan notifikasi apabila penggunaan listrik melebihi batas umumnya.

Pengguna juga akan menikmati penggunaan energi yang lebih efisien berkat teknologi Digital Inverter yang ditanamkan pada kedua tipe kulkas. Digital Inverter Compressor yang bergaransi 20 tahun itu akan secara otomatis menyesuaikan kecepatan kompresor sesuai permintaan pendinginan dan menggunakan energi lebih sedikit.

Makin semangat dengan tampilan dapur jadi estetik

Dok. Samsung

Kulkas ‘ungkep’ Samsung dirancang dengan desain yang stylish dan modern yang akan mempercantik dapur kamu. Kulkas ‘ungkep’ BESPOKE dirancang dengan glass finish dan pilihan warna-warna menarik seperti White Navy, White Pink, dan Vanilla Peach. Kulkas ini membuat dapur pun terlihat lebih estetik saat bulan Ramadan.

Itulah tadi tips menyimpan makanan untuk sahur dan berbuka. Semoga artikel ini membantu kamu, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Food