Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Rekomendasi Makanan yang Enak Disantap Saat Hujan

Kuliner berkuah pedas jadi primadona

Nindi Widya Wati

hujan kini kerap mengguyur beberapa kota di Indonesia, menjelma cuaca dingin yang biasanya juga mengundang rasa lapar. Maka tak heran, beberapa orang sering kali mencari rekomendasjenis makanan enak saat hujan. 

Memang ada banyak jenis makanan yang bisa jadi pilihan, apalagi jenis makanan hangat sekaligus menyegarkan. Namun, supaya kamu tak lama menentukan pilihan, berikut Popbela beri rekomendasi 20 makanan yang enak disantap saat hujan! 

1. Sebagai makanan berkuah, soto Betawi punya cita rasa gurih dan creamy dari santan dengan potongan daging sapi. Jika kamu ingin menyantapnya saat hujan, nasi putih dan emping bisa jadi teman makan yang lezat.

Dok. Internet

2. Sayur lodeh sebagai makanan rumahan, bisa pula jadi santapan yang nikmat saat hujan. Mengingat, gurihnya santan sayur ini berpadu dengan beberapa isian seperti daun melinjo, kacang panjang, labu siam, dan sayuran lain sesuai selera.

Dok. Internet

3. Mi gomak asal Tanah Toba yang kental dengan rasa pedas kerap jadi makanan primadona saat hujan, kunci enaknya berada diracikan andaliman, cabai, lengkuas dan bumbu lainnya.

Dok. Internet

4. Rawon jadi makanan berkuah dengan potongan daging sapi, begitu kaya rempah. Apalagi jika melihat kuah kluwek yang dipadu dengan perasan jeruk nipis dan tauge segar. Tak heran, jika saat hujan kuliner khas Jawa Timur ini banyak diburu.

Dok. Internet

5. Menyantap mi Aceh yang lengkap dengan isian kubis, tauge, kepiting atau daging kambing, kiranya bisa jadi santapan lezat ketika hujan. Terlebih, jika kuah mi yang kenyal begitu terasa pedas dan menghangatkan.

Dok. Internet

6. Jika ingin menikmati makanan dengan bumbu rempah Indonesia, adanya tongseng bisa jadi menu pilihan. Sensasi makan tongseng makin mantap, saat kita bisa menikmati olahan daging sapi beserta tulangnya.

Dok. Internet

7. Tak hanya lezat, sajian cap cai dengan banyak sayuran ini juga bisa menyehatkan dan membangkitkan energi tubuh.

Dok. Internet

8. Gulai jadi salah satu makanan berbahan dasar daging yang begitu memanjakan lidah, apalagi saat disantap bersama nasi hangat dan kerupuk kulit.

Instagram.com / greensindonesia

9. Sajian kwetiau masuk rekomendasi makanan di kala hujan. Terlebih bagi kamu yang bosan makan nasi, kwetiau kuah atau goreng sama-sama menggoyang lidah.

Dok. Internet

10. Olahan bakmi godog atau mi rebus khas Jawa, kerap jadi menu favorit yang menggiurkan. Ditambah, saat ada potongan telur atau sosis yang begitu melimpah.

Dok. Internet

11. Bagi kamu penggemar makanan khas Jepang, mi ramen dengan telur setengah matang siap bikin ketagihan. Kalau ingin menikmati kelezatannya, lebih baik disantap saat masih panas, ya!

Dok. Internet

12. Terbang ke makanan khas Thailand, ada tom yum sebagai olahan sup berisi udang, ayam, ikan, jamur, dan seafood yang cita rasanya juga digemari masyarakat Indonesia.

Dok. Internet

13. Mencoba enaknya laksa, kuliner daging sapi berkuah kental yang sebenarnya jadi perpaduan makanan lezat khas orang Tionghoa dan Melayu.

Dok. Internet

14. Kelezatan sop buntut memang selalu menarik rasa lapar, apalagi saat olahan ekor sapi ini dilengkapi dengan melimpahnya potongan sayur.

Dok. Internet

15. Memiliki ciri khas berupa taburan bubuk koya, soto Lamongan dengan kuah berwarna kuning jadi salah satu kuliner rekomendasi saat hujan. Apalagi, jika makanan berisi daging ayam ini disajikan lengkap dengan soun, potongan telur rebus, dan renyahnya kentang goreng.

Dok. Internet

16. Pangsit begitu menggugah selera dengan isian udang atau ayamnya. Makin menggoyang lidah, saat disajikan dengan kuah kaldu hangat dan potongan sawi hijau atau pakcoy.

Dok. Internet

17. Olahan khas Jawa yang selalu pengin nambah porsinya adalah mi nyemek. Jika kamu tertarik untuk membuatnya di rumah, bisa pakai mi kuning atau mi instan, tinggal tambahkan sambal, irisan cabai, dan sayuran.

Dok. Internet

18. Opsi makanan berkuah hangat lainnya adalah bakwan Malang, terdiri dari campuran bakso, bakwan rebus, dan pangsit goreng. Jika ingin lebih sedap, bisa pula beri taburan bawang goreng.

Dok. Internet

19. Seblak beberapa tahun terakhir sangat populer di kalangan masyarakat, berisi kerupuk rebus, sayuran, seafood, sosis, atau bakso. Membuat ketagihan karena rasa pedas dan aroma kencur yang khas.

Dok. Internet

20. Baso aci juga salah satu makanan yang kerap diburu saat hujan, makanan khas Sunda ini berisi baso aci, cuanki, sukro, hingga ceker. Bagi kamu penyuka keju, baso aci juga ada isian keju, lho!

Dok. Internet

Itulah 20 makanan yang enak disantap saat hujan dan mungkin bisa jadi pilihan kuliner yang comfort food. Nah, kalau kamu saat hujan paling suka menyantap makanan apa, Bela? Tulis lewat kolom komentar, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Food