Layanan delivery tentu memudahkan kita untuk membeli makanan tanpa harus keluar rumah dan menghemat waktu kita.

Apalagi layanan delivery sering memberikan segudang promosi dan potongan harga yang tentu dimanfaatkan oleh banyak orang. Sayangnya,  tak semua makanan yang diantar layanan delivery tidak sesegar ketika kita menyantap di restoran.

Mengutip Insider, Lizzy Briskin, seorang chef mengatakan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan kualitas makanan menurun yang dipesan melalui pesan antar. Berikut ini adalah daftar makanan yang sebaiknya tidak dipesan lewat layanan pesan antar.

1. Kentang goreng

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan DeliveryContentedness Cooking

Camilan satu ini cukup populer di seluruh dunia. Renyahnya kentang yang baru diangkat dari penggorengan dengan taburan bumbu pilihan sangatlah menggiurkan. Namun, kualitas kentang goreng akan menurun jika disimpan dalam waktu lama. Memesan lewat layanan pesan antar akan membuat kentang goreng kehilangan kerenyahan dan menjadi dingin dan alot. Apalagi jika dibungkus di dalam kemasan kardus.

2. Telur goreng

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan Deliveryeccoe.com

Telur adalah sumber protein hewani yang bisa diolah berbagai cara, misalnya digoreng.
Beberapa olahan telur goreng seperti telur ceplok, omelet dan scrambled egg, sangat berisiko lengket jika dipesan melalui layanan pesan antar. Tak hanya itu, bentuk telur mungkin juga bisa berantakan, tidak seperti awal diangkat dari penggorengan.

3. Nachos

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan Deliveryleaf.nutrisystem.com

Nachos renyah biasanya disajikan bersama krim asam dan salsa segar. Sayangnya, tekstur nachos menjadi lembek akibat bercampur dengan krim dan salsa basah jika dipesan lewat layanan antar. Untuk mencegahnya, kamu juga bisa request kepada pelayan restoran agar krim dan salsa disajikan di wadah terpisah.

4. Jus & smoothies

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan Deliverydok. REVIVE Smoothies

Musim panas memang paling enak menikmati segelas jus atau smoothies lezat yang dingin. Apalagi disajikan segar langsung dari blender.

Tetapi memesannya lewat pesan antar akan menurunkan kualitas jus yang membuat sari-sari buah terpisah dari jus.

"Pada saat jus atau smoothies milikmu sampai di rumah, maka jus sudah tidak segar dan cenderung hangat. Ini tentu tidak menggugah selera,” kata Lizzy.

5. Es krim

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan Deliverycooking.nytimes.com/ Craig Lee

Es krim sangat mudah meleleh di suhu ruang jika tidak dikonsumsi dengan segera. Karena itu, tidak disarankan memesan es krim lewat pesan antar karena berisiko meleleh dan tidak sesegar saat diambil dari ruang pendingin.

6. Makanan yang dibalut tepung roti

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan DeliveryHolopis.com

Tepung roti kerap dimanfaatkan sebagai balutan berbagai hidangan, seperti risoles, kroket, katsu, dan corn dog lalu digoreng dengan minyak panas. Memesan makanan tersebut lewat pesan antar, akan menurunkan kualitas dan menghilangkan kerenyahan pada lapisan kulitnya selama di perjalanan.

7. Makanan berkeju

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan Deliverywealthygorilla.com

Semua makanan bertopping atau isian keju lezat tidak aman dipesan melalui pesan antar. Hal ini karena keju mudah meleleh yang tentu membuat kemasan lengket yang menempel pada makanan saat proses pengiriman.

8. Mi kuah

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan DeliveryAnakjajan.com

Memesan mi berkuah melalui pesan antar membuat tekstur mi terlalu mengembang serta lembek dan kehilangan kuah kaldu akibat penguapan selama di perjalanan.

Solusinya, kamu bisa meminta kepada restoran atau pengantar makanan untuk memisahkan mi dan kuahnya dengan wadah berbeda.

9. Sandwich isi krim

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipesan dari Layanan DeliveryiStock.com

Sama seperti nachos, krim pada sandwich membuat tekstur roti dan isiannya (ayam, telur, tuna, daging) lembek dan lengket yang menempel pada kemasan.

Apalagi makanan ini berisiko berantakan dan hancur ketika selama di perjalanan melalui layanan pesab antar.

Itulah beberapa daftar makanan yang sebaiknya tidak dipesan lewat pesan antar. Selain dapat menurunkan kualitasnya, tentu makanan yang disajikan menjadi tidak fresh dan lembek.

Baca Juga: Termasuk Ulat Panggang, Ini 7 Makanan Korea Teraneh yang Ternyata Enak

Baca Juga: BBQ di Rumah Aja, Ini 11 Restoran di Jakarta yang Layani Delivery

Baca Juga: Bikin Kesal, Berikut 10 Potret Makanan yang Bikin Ogah Beli Lagi