Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kuliner Tradisional Likupang yang Memanjakan Lidah

Ada cakalang, jangan terlewat mencicipinya, ya!

Natasha Cecilia Anandita

Indonesia terdiri dari ribuan suku dan budaya. Setiap pulau, daerah, pelosok, memiliki budaya dari pakaian, rumah, hingga kuliner masing-masing. Kuliner Indonesia sendiri dikenal lezat dan kaya rasa.

Bepergian tidak cukup hanya menikmati pemandangan dan suasananya tanpa mencicipi hidangan lokal tradisional. Kali ini Popbela akan merekomendasikan kamu 7 makanan dan kuliner tradisional dari Likupang, Sulawesi Utara. Berdasarkan resep yang telah diturunkan secara turun-temurun, masakan tradisional di Likupang dikenal dengan rasa pedasnya. Penasaran apa saja? Mari kita lihat kulinernya!

1. Cakalang

indonesia.travel

Cakalang fufu menjadi menu populer dan lezat yang wajib kamu cicipi. Cakalang fufu berbahan dasar dari ikan cakalang yang diasap dan diawetkan. Ini merupakan hidangan khas Likupang.

Cakalang fufu bisa disantap dengan nasi dan sambal dabu dabu yang pedas. Bisa juga dijadikan topping mie goreng dan tinutuan, dicampur salad, atau dimasak dengan bumbu rica rica yang pedas dan gurih.

2. Bubur Tinutuan

indonesia.travel

Bubur sering menjadi menu sarapan. Nah, kalau kamu ke Likupang coba bubur tinutuan untuk sarapanmu untuk memberikan awal yang sehat. Bubur tinutuan yang menggugah selera ini adalah makanan sarapan populer yang enak dan bergizi tinggi di Likupang.

Tinutuan adalah bubur khas Manado yang terdiri dari nasi dan sayuran yang di dalamnya termasuk labu kuning, ubi jalar, jagung, dan sayuran berdaun hijau. Semua bahan dimasak bersama dengan nasi dan direduksi menjadi konsistensi yang kental. Tinutuan biasanya disajikan dengan ikan asap atau asin dan sambal.

3. Milu Siram

indonesia.travel

Dalam bahasa lokal, makanan ini dikenal sebagai Binte Biluhuta. Milu Siram adalah sup jagung yang dibuat dengan udang atau daging ikan. Hidangan ini telah ada selama berabad-abad dan berasal dari Gorontalo.

Penuh rasa, sup bergizi ini mendapatkan rasa manis dari jagung, asam dari jeruk nipis, dan pedasnya dari cabai. Kombinasi unik dari rasa yang berbeda ini harus dimiliki di perjalanan Likupang-mu.

4. Nasi Kuning

ioflife.com

Nasi kuning juga ada dalam daftar makanan tradisional Likupang. Hidangan nasi aromatik ini, dimasak dengan santan dan kunyit dan menjadi populer Indonesia yang disajikan pada acara-acara perayaan sebagai simbol keberuntungan. Di Manado, biasanya nasi kuning disajikan dengan irisan cakalang pedas dan bumbu seperti kentang goreng atau telur rebus.

5. Lalampa

reseppedia.com

Lalampa bisa menjadi teman untuk secangkir teh atau kopi saat menikmati suasana santai di Likupang. Lalampa terlihat seperti lemper atau nasi bakar. Ini merupakan kuliner yang terbuat dari gumpalan beras ketan yang dimasak dengan santan ini diisi dengan tuna cincang, rempah-rempah, dan bumbu lainnya. Kemudian dibungkus dengan daun pisang, diolesi minyak, dan dibakar di atas api arang.

6. Pisang Goroho & Sambel Roa

indonesia.travel

Kalau makan pisang dengan meses, keju atau selai cokelat sudah biasa, yuk, coba kuliner tradisional satu ini. Di Likupang, kamu bisa menikmati kuliner pisang lokal dengan rasa khas yang disebut pisang goroho.

Pisang goroho dapat dikonsumsi dalam bentuk direbus atau dikukus atau dapat dipotong menjadi irisan tipis dan digoreng untuk membuat camilan gurih renyah yang lezat. Pisang Goroho disajikan dengan sambal roa, sambal yang dibuat dari ikan roa asap. Penasaran mau coba, Bela?

7. Panada

student-activity.binus.ac.id

Snack khas Likupang lainnya tak boleh terlewatkan adalah panada. Kue satu ini adalah salah satu favorit yang dikatakan memiliki pengaruh Spanyol karena kemiripannya dengan empanada.

Adonan beragi dipotong dan diisi dengan daging ikan, sayuran, dan rempah-rempah, lalu digoreng sehingga camilan berbentuk bulan sabit atau mirip pastel ini bertekstur lembut seperti roti di bagian luar.

Beberapa makanan tradisional Likupang ini mungkin sering kita jumpai di daerah kita terutama di Jakarta, tapi pasti rasa dan sensasinya berbeda saat kamu memakannya di daerah asalnya. Itu dia 7 kuliner tradisional Likupang yang wajib dicoba.

IDN Media Channels

Latest from Food