Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Intip 8 Fakta Bilik Kayu Heritage Resto, Diduga Milik Ibu Mario Dandy

Tetap beroperasi seperti biasa walau dihujani kritikan tajam

Audia Natasha Putri

Media sosial Indonesia kembali gempar dengan tersebarnya video amatir yang memperlihatkan Mario Dandy Satria, anak pejabat pajak yang secara membabi buta menghajar David--mantan dari sang kekasih, Agnes Gracia--hingga lemah tak berdaya dan berujung koma.

Buah pahit dari perbuatan keji MDS itu pun juga berimbas pada karier dan bisnis orang tuanya. Sang ayah, Rafael Alun Trisambodo pun secara resmi dicopot dari jabatan sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan II. Sedangkan restoran milik sang bunda, Bilik Kayu Heritage di Yogyakarta dibombardir dengan ulasan negatif pada Google Review.

Restoran tersebut diketahui sudah beroperasi sejak Maret 2016 dengan mengusung konsep budaya Jawa yang kental. Kalau kamu penasaran dengan restoran tersebut, berikut Popbela sudah merangkum fakta restoran Bilik Kayu Heritage, mulai dari lokasi, menu, dan harganya. Check it out!

1. Sudah beroperasi sejak 2016

Dok. Bilik Kayu Heritage

Bilik Kayu Heritage Resto adalah restoran bergaya klasik dengan konsep suasana Heritage yang berada di tengah jantung kota Yogyakarta dan berdekatan dengan Balai Kota dan DPRD Kota Yogyakarta.

Menurut potongan artikel koran lokal terbitan 2016, restoran ini berdiri resmi pada Maret 2016 dan berlokasi di Jalan Ipda Tut Harsono No.72, Muja Muju, Yogyakarta. Mengutip dari sumber yang sama, restoran ini dikepalai sekaligus dimiliki oleh ibu Mario Dandy Satriyo, Ernie Meike Torondek.

2. Restoran untuk langganan acara besar

Dok. Bilik Kayu Heritage

Bukan restoran biasa, Bilik Kayu Heritage memiliki luas bangunan yang cukup besar. Restoran ini juga terbagi dengan tujuh venue yang berbeda, dengan masing-masing kegunaan yang disesuaikan untuk keperluan tamu yang datang.

Maka tak heran, restoran ini menjadi langganan para pelaku usaha, pejabat, atau pun masyarakat yang ingin menggelar acara besar. Mulai dari pernikahan, pesta ulang tahun, gatherimg, dan rapat besar pun bisa diadakan di restoran ini. Apalagi restoran ini memiliki kapasitas besar yang dapat menampung 40 hingga 100 orang dalam satu venue atau area.

3. Menawarkan kuliner tradisional Indonesia hingga mancanegara

Google Photos/Bilik Kayu Resto

Walaupun restoran ini mengusung tema heritage Jawa yang kental, tetapi menu kuliner yang disajikan pun beragam jenis, baik menu Indonesia maupun mancanegara. Mengulik data resmi pada Bilik Kayu Resto, secara garis besar menu yang ditawarkan dibagi dalam beberapa jenis. Seperti Nusantara Food, Dhaharan Walandi, Noodle, Chinese dan Western food.

Menu andalan yang tersedia pun sangat familiar di lidah Indonesia, seperti ayam goreng, ayam lodho, tom yum khas Thailand, gurame saus telur asin dan masih banyak lainnya. Untuk minumannya pun tak kalah bervariasi, Bela. Di sana, kamu bisa menikmati sajian minuman tradisional hingga kopi. Mulai dari wedang jahe, wedang uwuh, Vietnam Drip Robusta dan Hazelnut Ice Coffee.

4 Harga yang Ditawarkan

Google Photos/Bilik Kayu

Restoran ini mempunyai fasilitas venue yang besar dengan ragam menu menarik dari Indonesia hingga mancanegara. Harga menu makanan dan minumannya sendiri pun cukup bervariasi, yakni mulai dari Rp15.000 - Rp126.000 per menunya. Ada pula menu paket yang menawarkan harga lebih murah ketimbang menu satuan.

5. Ada 7 venue yang tersedia

Google Photos/Bilik Kayu Heritage

Seperti dijelaskan sebelumnya, restoran ini mempunyai 7 venue utama yang mempunyai fungsi masing-masing, tergantung jenis acara dan keperluan para tamu yang datang.

Venue Bilik Sonokeling, venue terbesar sekaligus paling lengkap dapat menampung hingga 100 tamu dan biasa digunakan untuk acara pernikahan. Kalau ingin mengadakan acara dengan tamu lebih sedikit, tersedia pula Bilik Jati yang mampu menampung sekitar 75 orang tamu.

Tersedia pula venue khusus untuk mengadakan rapat di ruangan tertutup dan dikelilingi kebun berkapasitas 40 tamu. Sedangkan venue lainnya dialihkan menjadi area kafe hingga area makan untuk tamu secara umum.

6. Memiliki konsep alami

Google Photos/Bilik Kayu Heritage

Nama Bilik Kayu Heritage diberikan bukan semata-mata sebagai identitas saja. Tetapi juga menjadi konsep utama restoran ini yang menonjolkan tema alam yang lekat dan eksotis. Hal ini terlihat dari suasana serta arsitektur etnik Heritage yang ditonjolkan di lokasi sekitar resto.

Restoran ini juga didominasi oleh desain, atap, dan tempat duduk yang berbahan dasar kayu. Tak lupa, konsep outdoor dan kebun hijau yang mengengelilingi tentu memperkuat kesan alam di restoran ini.

Bahkan dalam upaya menekan angka limbah restoran, Bilik Kayu Heritage Resto juga bekerja sama dengan Rapel.id, sebuah perusahaan yang mengelola sampah anorganik.

7. Punya kafe dengan cabang di Jakarta

Pegipegi.com

Selain Bilik Kayu Heritage, Gurita bisnis kuliner keluarga Mario Dandy juga mencakup bisnis kafe yang memiliki ukuran lebih kecil. Kafe tersebut bernama Bilik Kopi yang tersebar di tiga lokasi di Jakarta, yakni Equity Tower, Sahid Sudirman Center hingga Meruya.

Menariknya, kafe ini juga mengangkat tema Heritage yang kental, dengan sentuhan unsur etnik yang alami.

8. Masih beroperasi walaupun mendapat ulasan negatif

Viva.com/Cahyo Adi

Menambah panas kasus ini, utas akun Twitter @logikapolitikid malah membocorkan secara terang-terangan nama restoran dan kafe milik keluarga Mario Dandy, lengkap dengan lokasi dan nama pemiliknya.

Tak butuh waktu lama, warganet dengan jari kilatnya beramai-ramai membombardir kafe dan restoran tersebut dengan kritik pedas dan ulasan negatif pada Google Review. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kemurkaan warganet atas tindakan kejam yang dilakukan Mario Dandy.

Walau dihujani kritik yang menohok, baik Bilik Kayu Heritage Resto maupun Bilik Kopi tetap beroperasi dan masih melayani pelanggan seperti biasa. 

IDN Media Channels

Latest from Food