Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Merek Cokelat Termahal di Dunia, Harga  Per Kotaknya Sampai Jutaan! 

Meski harganya mahal, tetapi 'worth it' untuk dicoba!

Audia Natasha Putri

Siapa di sini yang menyukai cokelat? Kudapan yang berasal dari buah kakao ini menjadi kudapan favorit mayoritas penduduk di seluruh dunia. Cokelat bisa dinikmati sebagai camilan maupun diolah menjadi kue dan dessert yang lezat.

Tahukah kalian bahwa cokelat tergolong sebagai hidangan mewah? Konon, saking berharganya, cokelat pernah dijadikan mata uang pada zaman Maya kuno. Cokelat yang memiliki cita rasa pahit legit ini dulunya merupakan kudapan para bangsawan.

Sekarang cokelat dapat bisa dinikmati siapa saja. Kini semua orang pun bisa membeli cokelat dengan harga cukup terjangkau di pasaran. Namun, ada juga cokelat yang dengan harga selangit, bahkan sampai milyaran. Cokelat ini tentunya menggunakan bahan premium berkualitas tinggi serta proses pembuatannya cukup rumit.

Mengutip Lifestyle Asia, berikut 6 merek cokelat termahal di dunia

1. House of Knipschildt (Denmark)

House of Knipschildt

Didirikan oleh pembuat cokelat Denmark, Fritz Knipschildt pada tahun 1999, merek cokelat ini memiliki harga fantastis.

House of Knipschildt menawarkan cokelat bar hitam dan kreasi truffle yang tentunya memanjakan lidah. Salah satu produk House of Knipschildt, La Madeline au Truffle, menjadi cokelat paling dicari. Cokelat ini terbuat dari 70 persen cokelat hitam Valrhona, krim kental, gula, minyak truffle, dan vanila.

Sayangnya, La Madeline au Truffe diproduksi berdasarkan pesanan saja, tentunya menjadikan cokelat ini agak sulit ditemukan. Cokelat ini disajikan dalam wadah bertabur gula yang dibungkus kotak emas dan diikat dengan pita dengan harga 250 dollar AS atau sekitar Rp3,7 juta per kotak.

2. DeLafee (Swiss)

DeLafee

Mewah menjadi kata yang tepat untuk mendeskripsikan merek cokelat asal Swiss ini.  Cokelat yang dibalut kertas emas murni yang dapat dimakan menjadi ciri khas cokelat DeLafee.

DeLafee merupakan merek Swiss yang terkenal  yang memadukan cokelat dan emas yang dapat dimakan pada produk buatannya. Truffle emas DeLafee terbuat dari biji kakao, minyak kelapa, gula, mentega kakao, vanila, dan susu bubuk. Cokelat ini dibanderol seharga 470 CHF (setara Rp7,1 juta) per kotaknya

Merek cokelat ini menggunakan bahan khusus berupa gold leaf atau emas pangan 24 karat sebagai balutan cokelatnya. Sekotak cokelat DeLafee yang mewah berisi delapan praline (permen cokelat) Swiss halus dengan emas 24 karat.

3. Guylian (Belgia)

Glass of Bubbly

Bagi kamu pencinta laut yang suka ngemil cokelat, chocolatier asal Belgia ini cocok untukmu. Mengapa? Karena chocolatier ini senantiasa merilis cokelat unik, terutama cokelat kerang laut dan kuda laut.

Guylian mengkreasikan cokelat yang terbuat dari 100 persen mentega dengan kakao murni dan isian hazelnut praline dengan proses karamelisasi (pemanasan gula pada temperatur di atas titik cair gula) dan pemanggangan. Perusahaan cokelat yang dibentuk oleh Guy Foubert pada 1958 ini menggunakan cokelat Belgia halus dengan campuran biji kakao Afrika Barat.

Sebagai salah satu cokelat termewah di dunia, produk cokelat Guylian dibanderol mulai dari Rp500 ribu per kotak.

4. Richart (Perancis)

Palet D'Or

Bagi kamu pecinta cokelat, kamu wajib mencoba cokelat buatan Richart, merek cokelat asal Perancis. Cokelat Richart merupakan hidangan yang benar-benar memanjakan lidah dengan rasa dan aroma serta perisa jeruk yang menggugah selera.

Salah satu kreasi ikonik Richart, Palet d'Or menjadi favorit pecinta cokelat. Cokelat hitam renyah yang disimpan dalam kotak kecil dengan ganache halus ini terbuat dari Bresse dan kakao dari Peru. Cokelat ini semakin mewah dengan topping berupa emas murni yang bisa dimakan.

Ciri khas dari cokelat Richart dari cokelat lainnya adalah aroma yang lezat dengan rasa sedikit asam dari perisa jeruk. Sekotak Palet d'Or yang dibanderol seharga US$122 (setara Rp1,8 juta). Richart juga merilis produk lain seperti Influenzy yang hanya dibuat sebanyak 81 buah yang dibanderol sebesar US$185 atau lebih kurang Rp2,7 juta.

5. Vosges Haut Chocolat (Amerika Serikat)

Vosges Chocolate

Menjadi merek cokelat dengan kreasi anti-mainstream, Vosges Haut Chocolat berinovasi dan bereksperimen menciptakan produk cokelat dengan berbagai rasa unik dan nyentrik. Rumah cokelat ini berbasis di Chicago, AS, dan ditangani oleh pemilik sekaligus koki, Katrina Markoff.

Mengusung konsep anti-mainstream, Vosges Haut Chocolat justru menyajikan cokelat dengan rasa bacon, wasabi, kari India, cabai, dan wijen. Cokelat truffle daging asap buatan sang chocolatier menjadi kudapan wajib yang harus dicoba.

Setiap cokelat dijual seharga US$69 (sekitar Rp1 juta). Tidak hanya itu, terdapat luxury gift box yang terbilang mewah. Dibanderol seharga US$325 (lebih kurang Rp4,9 juta), Vosges Haut Chocolat luxury gift box terdiri dari cokelat truffle eksotis serta sebotol Krug Champagne.

6. MarieBelle New York (Amerika Serikat)

MarieBelle

MarieBelle New York adalah rumah cokelat yang dibangun oleh Maribel Lieberman di New York, AS.

Ciri khas dari cokelat buatan MarieBelle adalah sentuhan artistik dalam setiap ganache yang dibuat homemade. Satu produk MarieBelle, Ganache Cien Blue Box yang memanjakan mata dibanderol US$290 atau Rp4,3 juta.

Brand cokelat ini menjadi langganan favorit sederet selebriti Hollywood papan atas, seperti Oprah Winfrey, Jennifer Lopez dan Kirsten Dunst.

7. Hotel Chocolat (Inggris)

Hotel Chocolat

Dibuka pada tahun 2004 di London Utara, Hotel Chocolat merupakan merek cokelat ternama dari  Inggris. Karakteristik dari merek cokelat ini adalah memproduksi cokelat tradisional Inggris dan menciptakan ulang bentuk, rasa, dan teksturnya.

Kamu bisa mencoba Billionaire's Shortbread Giant Slab 77 gram. Cokelat yang terbuat dari campuran karamel, cokelat susu 50 persen, kue kering dan hazelnut dibanderol US$5 atau sekitar Rp74.000.

Selain itu, cokelat ini menggunakan alternatif bahan yang lebih sehat. Bahkan brand ini menggunakan lebih banyak kakao daripada gula yang tentunya sangat menyehatkan.

Itulah 7 merek cokelat termahal di dunia. Meskipun mahal, tetapi cokelat tersebut sangat worth untuk dicoba, apalagi cita rasa yang lezat dan otentik sangat memanjakan lidah. Mana nih, yang pernah kamu coba, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Food