Caladium atau yang biasa dikenal dengan nama keladi menjadi salah satu jenis yang paling banyak diburu pencinta tanaman hias. Warna dan bentuknya yang bervariasi dianggap cocok sebagai penghias ruangan.

Karena keunikannya inilah, banyak pencinta tanaman hias yang mencoba menggabungkan beberapa jenis keladi. Sehingga, didapatkan jenis keladi baru yang lebih cantik. Jenis keladi hibrida ini bahkan dihargai dengan nilai begitu tinggi.

Apa saja jenis keladi termahal di Indonesia? Simak daftarnya berikut ini.

1. Keladi Hibrida - Rp4,3 Juta

Bisa Jadi Investasi, Ini 5 Jenis Keladi Termahal di IndonesiaFloradirgantara.site

Meski hanya terdiri dari satu warna, namun keladi hibrida menjadi tanaman hias paling mahal di kelasnya. Harganya mencapai Rp4,3 juta untuk satu pot lantaran tanaman ini langka dan sulit didapatkan.

Dari karakteristiknya, keladi hibrida tak berbeda jauh dengan keladi biasa. Bedanya, keladi ini memiliki warna hijau polos, serta daun yang mengerucut bagaikan kuping di bagian bawahnya.

2. Keladi Red Kujang - Rp3 Juta

Bisa Jadi Investasi, Ini 5 Jenis Keladi Termahal di IndonesiaMorondeso.com

Seperti namanya, keladi red kujang memiliki bentuk yang menyerupai senjata kujang khas Jawa Barat. Bentuk ini tergolong unik karena biasanya keladi memiliki bentuk yang mirip dengan kuping.

Satu hal lainnya yang istimewa dan membuat keladi red kujang menjadi tanaman hias termahal di kelasnya adalah warnanya yang merah menyala. Harganya akan semakin mahal apabila warna daun keladi red kujang semuanya merah, tanpa terlihat serat daun hitamnya.

3. Keladi Thailand - Rp1 Juta

Bisa Jadi Investasi, Ini 5 Jenis Keladi Termahal di IndonesiaBiggo.biz.id

Secara tampilan, keladi thailand memiliki bentuk daun yang sama seperti keladi pada umumnya. Namun, yang membuat tanaman ini mahal adalah warna merahnya yang menyala dengan bintik putih di seluruh permukaan daunnya.

Harga satu pot keladi thailand biasanya dijual mulai dari Rp1 juta. Harganya akan terus naik apabila daun keladi thailand berwarna merah secara keseluruhan tanpa adanya bintik putih.

4. Keladi Minyak - Rp750 Ribu

Bisa Jadi Investasi, Ini 5 Jenis Keladi Termahal di IndonesiaRahasiabelajar.com

Keladi minyak memiliki jenis daun yang sedikit berbeda dengan keladi biasa. Yakni, daunnya lebih tebal seperti tanaman dolar, berukuran kecil, serta mengilap, seolah dibalurkan minyak.

Karena ukurannya yang kecil inilah, keladi minyak lebih dipilih sebagai hiasan dalam rumah dibandingkan ditanam di pekarangan. Meski kecil, jangan salah, harga satu potnya bisa mencapai Rp750 ribu.

5. Keladi Sexy Pink - Rp150 Ribu

Bisa Jadi Investasi, Ini 5 Jenis Keladi Termahal di IndonesiaShopee.co.id

Kalau keladi thailand memiliki warna merah menyala, keladi sexy pink memiliki warna merah muda yang lembut. Bentuk daunnya sama seperti keladi biasa, namun warna merah mudanya yang estetik menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman ini.

Keladi sexy pink biasa dijual dengan harga Rp150 ribu per pot. Harganya akan semakin naik apabila bercak bintik pada daun lebih banyak karena menambah keindahan tanaman tersebut.

Itulah tadi daftar tanaman keladi termahal di Indonesia. Tanaman ini bisa kamu kembangbiakkan dan dijual kembali, lho. Bisa jadi investasi yang menguntungkan, bukan?

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumah

Baca Juga: Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Jenis Tanaman Hias

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Cantik yang Cocok di Daerah Tropis