Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Basic Fashion Item untuk Perempuan yang Wajib Kamu Punya

Simpel dan minimalis

Nafi' Khoiriyah

Mix and match pakaian sehari-hari terkadang cukup membingungkan. Rasanya, semua pakaian yang ada di lemari sudah terpakai semua. Kalau kamu merasa begitu, kemungkinan pakaian yang ada di lemarimu kebanyakan bukanlah basic fashion item yang mudah dipadu-padankan. 

Kalau ingin lebih minimalis, kamu hanya perlu beberapa basic item yang selalu bisa terpakai. Mulai dari inner sampai rok, semuanya perlu pemilihan yang tepat agar bisa dipakai untuk berbagai style dan suasana. 

Berikut adalah 10 basic fashion item untuk perempuan yang perlu kamu punya melansir @fionathaniel, salah satu fashion content creator TikTok yang bisa kamu ikuti. 

1. Sleeveless Inner Top

pinterest.com

Basic fashion item yang pertama adalah sleeveless inner top polos. Jenis pakaian satu ini pasti akan terpakai untuk layering outfit. Berbeda dengan inner yang biasa, sleeveless inner ini tanpa lengan sehingga lebih nyaman dipakai dan tidak membuat gerah. 

Kamu bisa memadukannya dengan blazer atau outer lainnya. Namun, pilihlah warna-warna yang netral supaya bisa selalu terpakai. Kalau ingin tampil lebih santai, inner ini juga bisa kamu padukan dengan wide leg pants atau celana jeans saja. 

2. Kemeja Basic Katun

pinterest.com

Selanjutnya, kemeja basic berbahan katun juga wajib kamu miliki. Untuk permulaan, pilihlah kemeja dengan regular fit terlebih dahulu alih-alih oversize. Warna yang perlu dipilih pun warna-warna basic seperti putih atau hitam. 

Kamu bisa memadukan fashion item ini dengan berbagai item lainnya yang tak terbatas. Mulai dari menjadikannya sebagai kemeja biasa ataupun menjadikannya sebagai outer. Celana dan hijab dengan berbagai model dan warna pun akan cocok dengan kemeja ini. 

3. Knit Cardigan

pinterest.com

Knit cardigan atau cardigan rajut juga menjadi basic fashion item yang cocok dipadukan dengan berbagai item lainnya. Ada berbagai jenis knit cardigan yang bisa kamu pilih, mulai dari model crop sampai model oversize. 

Namun, knit cardigan yang terkesan lebih elegan adalah model yang sedikit oversize tanpa kancing seperti di atas. Jika di-layering dengan kemeja, knit cardigan tersebut tidak tampak terlalu bertumpuk. Style kasualmu pun menjadi lebih menawan dengan fashion item satu ini. 

4. Blazer

pinterest.com

Blazer sering dianggap sebagai pakaian yang formal untuk pergi ke kantor atau acara formal saja. Padahal, kamu juga bisa memakainya untuk style kasual dengan cara styling yang tepat. 

Kamu bisa memadukannya dengan kemeja untuk look yang formal, tetapi juga cocok dengan rok dan sneakers yang lebih kasual. Intinya, fashion item satu ini wajib kamu punya karena bisa dipadu-padankan dengan berbagai outfit. 

5. Wide Leg Pants

pinterest.com

Wide leg pants atau sering disebut celana kulot juga menjadi basic fashion item yang wajib kamu punya. Pilihlah wide leg pants yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat. 

Kamu bisa memakainya untuk pakaian sehari-hari dengan kemeja atau slip tank top untuk look yang kasual. Penampilanmu pun menjadi lebih elegan dan juga lebih jenjang karena kesan kaki yang lebih panjang. 

6. Long Flare Skirt

pinterest.com

Beralih ke rok, model long flare skirt yang lebar dan panjang adalah item yang wajib kamu punya. Rok ini bisa dipadukan degan berbagai atasan untuk look yang kasual maupun formal. 

Untuk look yang kasual, pilihlah atasan yang oversize seperti crewneck atau sweater. Sementara untuk look yang formal, kamu bisa memakai inner yang dimasukkan ke dalam rok dan melengkapinya menggunakan outer. 

7. Slim Pants

pinterest.com

Selain celana kulot, basic fashion item untuk celana yang lainnya adalah slim pants yang lebih ketat dan mengecil ke bawah kaki. Celana ini memberikan kesan yang lebih formal daripada celana kulot. 

Kamu bisa memakainya untuk pakaian kerja supaya lebih rapi. Untuk mix and match-nya, celana yang berpotongan slim akan cocok dengan atasan kemeja oversized supaya proporsi tubuhmu lebih seimbang. 

8. Long Silk Skirt

pinterest.com

Long silk skirt akan dibutuhkan saat kamu ingin mendatangi acara yang lebih spesial seperti pernikahan. Bahannya yang satin membuat rok yang kamu kenakan terlihat lebih mewah dan berkelas. 

Kesan yang diberikan pun lebih formal dari rok berbahan lainnya. Bahkan, jika kamu memasangkannya dengan sweater atau atasan kasual lainnya, look yang kamu perlihatkan akan lebih formal. 

9. Shirt Dress

pinterest.com

Item selanjutnya adalah shirt dress yang lebih panjang dari tunik dan tampak begitu versatile. Shirt dress ini bisa kamu jadikan sebagai outer, dress biasa, ataupun kamu buat layering dengan celana. 

Kesan yang muncul saat kamu memakai shirt dress juga tidak terlalu berlebihan. Cocok untuk dipakai pada suasana kasual maupun semi formal. 

10. Sleeveless Dress

pinterest.com

Nah, basic fashion item untuk perempuan yang terakhir adalah sleeveless dress. Dress ini bisa kamu jadikan inner bersama dengan kemeja atau justru dijadikan sebagai overall. Sleeveless dress juga cocok dipadukan dengan outer yang kamu punya. 

Memakai fashion item satu ini akan membuat look-mu menjadi lebih manis dan feminin. Maka dari itu, perpaduan yang cocok dengan fashion item tersebut adalah sneakers atau sepatu sandal seperti di atas. 

Itulah 10 basic fashion item untuk perempuan yang perlu kamu punya untuk tampil minimalis dan simpel, tapi tidak membosankan. Di antara kesepuluh fashion item di atas, mana yang belum kamu punya, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends