Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Karya Alessandro Michele di Gucci Paling Ikonik Sepanjang Masa

Berkarier selama 20 tahun bersama Gucci

Nabila Marshanda Aliescha

Setelah tujuh tahun berkarier, Alessandro Michele secara resmi meninggalkan posisinya sebagai creative director Gucci. Jauh sebelum memegang posisi tersebut, Alessandro Michele merupakan salah satu orang penting di bagian studio aksesori yang telah bekerja selama 20 tahun dibawah pimpinan Tom Ford dan Frida Giannini saat keduanya masih menjabat jadi direktur kreatif. Identik dengan gaya rancangannya yang mengusung konsep unisex dan permainan bold pattern, Alessandro Michele mengaku jika keputusannya untuk hengkang dari Gucci dikarenakan adanya perbedaan perspektif yang timbul di antara dia dan tim. 

Seiring dengan berita keluarnya Alessandro Michele sebagai creative director, Marco Bizzarri selaku CEO dari Gucci mengatakan, “I was fortunate to have had the opportunity to meet Alessandro at the end of 2014, since then we have had the pleasure to work closely together as Gucci has charted its successful path over these last eight years. I would like to thank him for his 20 years of commitment to Gucci and for his vision, devotion, and unconditional love for this unique House during his tenure as Creative Director.” Punya segudang karya yang nyentrik tapi tetap mewah dan glamor, simak selengkapnya deretan rancangan Alessandro Michele paling ikonik sepanjang di bawah ini.

1. Alessandro Michele pertama kali resmi menduduki kursi creative director setelah Frida Giannini memutuskan untuk keluar dari Gucci lebih awal dari yang diperkiraan. Fall/Winter 2015 Menswear Collection sebagai tanda debutnya sebagai creative director, Alessandro Michele memperlihatkan deretan blouse with pussy-bow berbagai macam warna dan motif yang sampai hari ini masih wara-wiri di runway hingga dikenakan oleh beberapa artis seperti Harry Styles.

vogue.com

2. Berbicara soal Harry Styles, pelantun As It Was ini merupakan salah satu muse kesayangan Gucci yang selalu berpenampilan nyentrik dalam balutan printed matching suit saat tampil di atas panggung. Layaknya karakter Harley Quinn, Harry Styles andalkan black-red suit dengan kombinasi semi sheer pussy-bow blouse ketika mengisi acara iHeartRadio Music Festival 2017.

vogue.co.uk

3. Met Gala 2018 menjadi ajang Alessandro Michele memamerkan rancangan long sleeves dress serta matching set-nya lewat Lana Del Rey dan Jared Leto. Menyesuaikan tema yang diangkat pada hari itu berjudul Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination, Alessandro Michele menerapkan teknik sulaman mewah dengan benang berwarna emas sehingga berbentuk baroque patterns.

cosmopolitan.com

4. Masih di ajang yang sama, tahun ini, Billie Eilish yang dipercaya untuk membawakan corset gown bernuansa era Victoria langsung mendapat pujian dari warganet di sosial media sebab kostumnya dinilai sesuai dengan tema Gilded Glamor yang telah ditetapkan. Meski terlihat simpel untuk ukuran sebuah gaun, Alessandro Michele tetap menambahkan detail menarik seperti lace sleeves dan front floral pada bagian bust supaya terlihat semakin vintage.

teenvogue.com

5. Seolah paham dengan penampilan Dakota Johnson yang identik dengan minimalism look, Alessandro Michele merancangan semi-sheer gown berdetail padded shoulders, fringed, dan teardrop jewels untuk sang aktris kenakan saat berpose di karpet merah Venice Film Festival 2021. Tanpa menggunakan aksesori penunjang lainnya, bintang The Lost Daughter itu hanya mengandalkan strappy heels saja.

vogue.com

6. Lizzo selalu tampil pede dengan gaun-gaun mewah yang dikenakannya saat di karpet merah. Pada BET Awards 2022, Lizzo mengenakan navy blue gown bermaterial lurex fabric yang dirancang langsung oleh Alessandro Michele. Supaya nggak terlihat boring, sang desainer menambahkan detail feathers serta front slit untuk penampilan Lizzo yang lebih dramatis.

vogue.com

7. Last but not least, Lady Gaga terlihat stand out dalam balutan semi-sheer pleated gown berwarna lavender ketika hadir di press tour film House of Gucci tepat satu tahun yang lalu. Berperan sebagai Patrizia Reggiani, Lady Gaga tetap mempertahankan ciri khasnya yang nyentrik dengan fishnet tights dan platform boots heels warna hitam serta white gold jewelry set.

vogue.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends