Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Mencegah Pakaian Luntur dan Cepat Pudar Setelah Dicuci

Hati-hati ya, Bela!

Dayang Puspita Ranupani

Baju kelunturan atau memudar jadi salah satu masalah yang paling sering ditemui saat mencuci pakaian. Penampilan pun jadi kurang maksimal karena pakaian kelihatan lusuh dan usang. Hal ini sering terjadi karena proses mencuci pakaian yang kurang diperhatikan. Padahal pakaian luntur dan pudar dapat dengan mudah dicegah, lho.

Yuk, simak selengkapnya tips mencegah pakaian luntur atau memudar dari Popbela. Keep scrolling!

1. Sebelum dicuci, selalu pisahkan pakaian putih dari tumpukan pakaian berwarna lainnya. Selain itu, pakaian berwarna gelap seperti hitam, coklat, atau maroon sebaiknya juga dicuci secara terpisah. Ini karena pakaian berwarna gelap lebih mudah luntur.

cf.ltkcdn.net

2. Selalu perhatikan label petunjuk perawatan pada pakaian. Pada umumnya, label pakaian memiliki simbol yang menjelaskan cara mencuci yang tepat. Misalnya suhu yang tepat untuk mencuci, anjuran memisahkan pakaian, sampai petunjuk menyetrika pakaian.

amazon.com

3. Untuk mencegah pakaian luntur atau memudar, gunakan detergen yang tepat. Beberapa jenis detergen atau pelembut memiliki formula khusus yang membuat warna pakaian tetap awet dan terjaga. Pastikan untuk mencuci dengan air dingin ya, Bela. Mencuci dengan air hangat atau panas dapat meningkatkan resiko baju cepat memudar.

thrfun.com

4. Sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, sebaiknya balik baju terlebih dahulu. Pastikan bagian dalam baju berada di luar. Ini dilakukan untuk mencegah warna pakaian cepat memudar, khususnya pada pakaian berwarna gelap.

clean-organized-family-home.com

5. Kamu juga bisa manfaatkan bahan dapur untuk menjaga warna pakaian tetap cerah. Cukup tambahkan sedikit cuka di mesin cuci. Jangan khawatir, bau cuka akan hilang seiring proses pencucian kok.

wonderhowto.com

6. Proses penjemuran pakaian ternyata juga memengaruhi keawetan warna pada pakaian, lho. Hindari menjemur terlalu lama karena panas matahari dapat merusak kualitas dan membuat warna pakaian jadi cepat pudar.

thesimpledollar.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends