Bela, kamu percaya nggak kalau merawat pakaian juga salah satu bentuk dari investasi? Supaya pakaianmu lebih lama dipakai, atau bahkan bisa diberikan ke generasi penerus. Untuk itu kamu perlu memperhatikan cara mencuci baju sesuai bahannya nih, Bela. Yuk, langsung disimak caranya di bawah ini!

1. Pakaian Berbahan Denim atau Jeans

Sering Salah! Begini Cara Mencuci Baju Sesuai BahannyaPinterest.com

Cara yang paling tepat untuk mencuci bahan dengan material denim atau jeans adalah dengan merendamnya dulu dengan air yang sudah dicampur dengan deterjen, Bela. Setelah 15 menit, baru sikat pakaian dengan arah yang sama, ya!

2. Pakaian Berbahan Katun

Sering Salah! Begini Cara Mencuci Baju Sesuai Bahannya

Terbilang cukup mudah dan umum untuk dilakukan nih, Bela. Cara yang tepat untuk mencuci pakaian berbahan katun adalah dengan memisahkannya berdasarkan warna. Misalnya, gabungkan hitam dengan warna yang sama, begitu juga dengan putih, dan warna-warna lainnya. Jangan sampai tercampur agar tidak mudah luntur ya, Bela!

3. Pakaian Berbahan Nilon

Sering Salah! Begini Cara Mencuci Baju Sesuai BahannyaPinterest.com

Untuk material yang satu ini, memang agak tricky nih, Bela. Selain harus memisahkannya berdasarkan warna, kamu juga harus teliti memilih sabun pembersih yang tidak mengandung klorin.

4. Pakaian Berbahan Wol

Sering Salah! Begini Cara Mencuci Baju Sesuai BahannyaPinterest.com

Pastikan kamu menggunakan air dingin saat mencuci pakaian berbahan wol, supaya serat alami dari material wol bisa tetap terjaga. Sebaiknya direndam terlebih dahulu agar kotoran lebih mudah luruh. Nah Bela, disarankan mencucinya cukup dengan tangan dan hindari pemakaian mesin cuci, ya!

5. Pakaian Berbahan Sutra

Sering Salah! Begini Cara Mencuci Baju Sesuai BahannyaPinterest.com

Serupa dengan mencuci pakaian berbahan wol, sebaiknya pakaian dengan bahan sutra dicuci menggunakan air dingin agar seratnya tidak mudah melar atau rusak. Dilarang menguceknya secara berlebihan, lho. Namun cara yang paling baik untuk mencuci pakaian berbahan sutra adalah dengan menggunakan metode dry clean.

Itu dia cara mencuci baju sesuai bahannya, Bela. Setelah lebih tau, jangan langsung asal cuci pakaianmu atau mencampur bahan satu dengan lainnya ya!

Baca Juga: Biar Nggak Luntur, Simak Tips Merawat Sepatu Lukis Yuk!

Baca Juga: Tips Merawat Sport Bra Agar Awet

Baca Juga: Cara Membuat Tas Rajut, Simple Banget!