Mencuci baju sendiri memang terdengar membosankan, tapi sebenarnya banyak untungnya lho. Pertama, kamu nggak perlu keluar banyak uang. Kedua, bisa lebih perhatian sama baju kamu - terutama yang mahal. Ketiga, bisa dilakukan dengan santai. Tapi buat kamu yang belum terbiasa mencuci baju sendiri, di bawah ini ada 5 cara mencuci baju yang benar bagi pemula.

Yang pasti, mencuci baju nggak sesulit yang kamu bayangkan. Hanya perlu sedikit pemahaman akan prosesnya. Berikut penjelasan singkat tentang cara mencuci baju yang benar bagi pemula.

1. Pisahkan baju berwarna dengan putih

Rules pertama adalah pisahkan baju putih dengan baju berwarna. Siapak dua ember untuk memisahkan baju berdasarkan warnanya. Tujuannya adalah agar baju putih tidak terkena noda luntur dari baju lain. Setelah itu basahi dengan air untuk mempermudah proses merendam.

2. Gunakan deterjen atau shampo?

Ada dua hal yang harus kamu ingat saat memilih deterjen. Pertama jika hanya mencuci kaos dan baju rumah kamu bisa menggunakan deterjen yang biasa. Sedangkan untuk baju mahal bisa memakai shampo, alasannya shampo lebih nggak menggandung bahan kimia dan lebih ramah untuk baju mahal kamu (toh baju mahal kamu nggak dipakai sampai kotor banget kan). Soal banyaknya deterjen, perbandingannya adalah satu banding dua, misalnya air satu gayung makan deterjen yang digunakan sekitar setengah sendok takar. Kalau ingin mencuci dengan banyak busa, jumlah deterjen bisa ditambah, meski nanti dibilas butuh air lebih banyak.

3. Kucek sebentar lalu tinggal rendam

Dalam menaruh baju, pastikan sampai tertutup busa deterjen. Kucek sebentar, agar cairan deterjen masuk ke serat kain dengan cepat. Setelah itu tinggalkan selama 30 menit untuk proses merendam. Jika baju kamu memiliki noda, bisa direndam selama 1 jam. Ingat jangan terlalu lama merendam karena bisa membuat baju kamu jadi bau.

Catat Yuk! Ini Cara Mencuci Baju yang Benar Bagi PemulaVogue.com

4. Kucek/sikat sampai bersih

Sekarang baru masuk ke proses inti, yaitu mengucek atau sikat baju sampai bersih. Bisa mengucek dengan tangan untuk pakaian yang nggak terlalu kotor dan efektif dalam menjaga baju tetap awet. Dan memakai sikat untuk baju yang memiliki noda membandel. Walau prosesnya sederhana dan perlahan, mencuci bisa menjadi olahraga juga lho. Dan mencuci sendiri hasilnya lebih memuaskan.

5. Perhatikan cara menjemur

Setelah semua selesai, cara menjemur jadi tips mencuci baju bagi pemula yang harus banget diperhatikan! Kalau baju biasa seperti kaos setelah diperas, bisa langsung dijemur. Sementara kalau kamu mencuci baju berbahan rajut, keringkan dengan handuk kering dan biarkan semalaman, jangan pernah menggantungnya ya karena bisa mengubah bentuk baju kamu. Ingat untuk menjemur baju jangan langsung terkena sinar matahari dan jangan menginggalkan baju kamu dijemuran terlalu lama karena bisa berdebu.

Itulah beberapa tahap dan cara mencuci baju yang benar bagi pemula. Gimana, mudah kan?!

Baca Juga: No Laundry! 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cuci Baju Sendiri