Sebagian orang menganggap sepele proses mencuci pakaian dalam. Padahal, pakaian dalam penting untuk dirawat dan dicuci dengan cara yang tepat. Biasa dipakai sehari-hari, pakaian dalam rentan melar dan warnanya mudah pudar. Ketahui cara mencuci pakaian dalam yang benar agar lebih awet dan nggak gampang melar. Cari tahu lebih lanjut di bawah ini.

1. Segera cuci pakaian dalam setelah dipakai

Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benarparfaitlingerie.com

Sesaat setelah dipakai, segeralah cuci pakaian dalam. Jangan membiarkan menumpuk pakaian dalam yang kotor selama berhari-hari karena berpotensi jadi sarang pertumbuhan bakteri. Selain itu, noda yang menempel pastinya juga akan lebih sulit dibersihkan jika didiamkan berhari-hari.

2. Pisahkan dari tumpukan pakaian lain

Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benarunsplash.com

Selalu pisahkan cucian pakaian dalam dengan tumpukan pakaian kotor lainnya. Hai ini dilakukan supaya pakaian dalammu terbebas dari kontaminasi kotoran dan kuman yang ada di pakaian lain. Memisahkan cucian pakaian dalam juga dapat mencegah terjadinya kelunturan warna dari pakaian lain lho.

3. Sebaiknya cuci dengan tangan

Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benarkidspot.com.au

Mesin cuci terlalu kasar untuk dipakai mencuci pakaian dalam. Terlalu sering mencuci pakaian dalam dengan mesin cuci tentunya akan merusak bentuk dan bahan pakaian dalam kamu. Maka dari itu, sebaiknya cuci sendiri pakaian dalam kamu dengan tangan.

4. Gunakan detergen khusus

Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benarfreepik.com

Dalam mencuci pakaian dalam, gunakan sabun atau deterjen khusus yang sudah disesuaikan dengan tekstur bahan pakaian dalam. Sebagai alternatif, kamu bisa pakai sampo bayi karena formulanya yang lembut.

5. Hindari terlalu lama merendam pakaian dalam

Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benarshethinx.com

Jangan mendiamkan pakaian dalam di rendaman terlalu lama ya, Bela. Ini karena merendam terlalu lama bisa merusak serat bahan dan bentuk asli pakaian dalam. Sebelum dicuci, cukup rendam pakaian dalam kamu selama lima menit.

6. Gunakan kantung cuci jaring khusus pakaian dalam

Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benarwalmartimages.com

Jika terpaksa memakai mesin cuci, kamu nggak boleh asal cuci sembarangan. Gunakan kantung cuci jaring khusus pakaian dalam untuk melindungi pakaian dalammu. Atur kecepatan mesin cuci yang ringan agar tidak terlalu kasar untuk pakaian dalam.

7. Hindari menjemur pakaian dalam di bawah sinar matahari langsung

Miss V Sering Gatal? Intip 7 Cara Mencuci Pakaian Dalam yang Benarsunnewsonline.com

Setelah dicuci, proses pengeringan pakaian dalam juga perlu diperhatikan. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung karena dapat memudarkan warna dan mengurangi elastisitasnya. Sebaiknya jemur di mesin pengering dengan pengaturan serendah mungkin, atau bisa juga di tempat yang teduh.

Baca Juga: 5 Cara Mudah dan Efektif Hilangkan Noda Minyak di Baju

Baca Juga: Anti Kuning, Ini Cara Merawat Tas Transparan dengan Mudah

Baca Juga: Intip Yuk, 6 Tips Merawat Lingerie dengan Benar