Budaya thrifting atau membeli baju bekas sekarang ini sangat digemari banyak orang, termasuk anak muda. Selain harganya yang jauh lebih murah, thrift shopping nyatanya bagus untuk lingkungan juga, lho. Membeli baju bekas, kamu turut membantu mengurangi sampah pakaian industri fast-fashion

Buat kamu yang hobi beli baju bekas, kamu wajib mengetahui cara mencuci baju bekas yang benar. Jika nggak hati-hati, baju bekas bisa jadi tempat penularan infeksi penyakit. Yuk simak cara mencuci baju bekas thrift shop sampai bersih maksimal!

1. Rendam baju bekas dengan air panas

Gampang Banget! Ini Cara Mencuci Baju Bekas dari Thrift Shopistockphoto.com

Pada proses membersihkan baju bekas, penting untuk segera merendam baju bekas dengan air panas. Hal ini dilakukan agar pakaian terbebas dari bakteri dan kuman yang menempel di baju bekas. Cukup rendam baju bekasmu dengan air panas selama 10-15 menit hingga air berubah warna tergantung dari kotoran yang ada pada baju bekas. Setelahnya kamu bisa lanjutkan proses pencucian seperti biasa. 

2. Gunakan cairan antiseptik

Gampang Banget! Ini Cara Mencuci Baju Bekas dari Thrift Shoppexels.com

Selain merendam dengan air panas, sebaiknya kamu juga rendam baju bekasmu dengan cairan antiseptik. Cairan antiseptik dapat lebih optimal membunuh kuman yang tersisa setelah direndam dengan air panas.

3. Cuci baju bekas dengan tangan

Gampang Banget! Ini Cara Mencuci Baju Bekas dari Thrift Shopgoodhousekeeping.com

Mencuci pakaian bekas menggunakan tangan akan lebih efektif untuk memastikan segala noda dan kotoran sudah tidak menempel. Selain itu, biasanya label petunjuk pencucian pada baju bekas sudah tidak ada. Maka dari itu, akan lebih aman jika dicuci secara manual tanpa takut pakaian rusak jika dicuci dengan mesin cuci.

4. Rendam dengan detergen, pewangi, dan pelembut pakaian

Gampang Banget! Ini Cara Mencuci Baju Bekas dari Thrift Shopfreepik.com

Saat menggunakan detergen, pastikan gunakan detergen lembut dan jangan lupa rendam dengan pewangi dan pelembut pakaian setelahnya. Ini dilakukan agar baju bekas dari thrift shop yang kamu beli jadi kembali wangi dan anti apek.

5. Jemur di bawah sinar matahari

Gampang Banget! Ini Cara Mencuci Baju Bekas dari Thrift Shopluminora.com

Setelah selesai dicuci, sebaiknya kamu jemur baju bekasmu di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat membantu pakaian kamu bebas dari kuman dan bakteri yang tersisa. Jemur hingga benar-benar kering ya, supaya tidak bau apek.

6. Setrika baju bekas dengan suhu tinggi

Gampang Banget! Ini Cara Mencuci Baju Bekas dari Thrift Shopfreepik.com

Terakhir, pastikan untuk menyetrika baju bekasmu ya, Bela. Jika terkena suhu yang panas, kuman dan bakteri pastinya ikut mati karena terkena panas dari setrika. Eits, perhatikan juga jenis bahan dan ketahanan panas dari pakaian kamu ya, jangan sampai malah merusak baju bekasmu.

Baca Juga: Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis yang Sangat Mudah

Baca Juga: Tips Mix & Match Kekinian Pakai Sepatu Converse

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Selain Sweater, Andalkan Baju Ini saat Musim Hujan