Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Anti Kusut, Ini 7 Jenis Bahan Pakaian yang Nggak Perlu Disetrika

Tetap rapi walau nggak disetrika

Dayang Puspita Ranupani

Selesai dicuci, pakaian tentu harus disetrika agar rapi dan nggak kusut ketika dipakai. Namun nyatanya, terdapat beberapa jenis bahan pakaian justru nggak boleh disetrika karena dapat berisiko merusak kualitas kain lho. Jenis bahan ini cocok banget buat kamu yang suka malas menyetrika pakaian. Nggak hanya anti kusut, jenis bahan pakaian ini lebih praktis dan menghemat waktu. 

Yuk, simak selengkapnya tujuh jenis bahan pakaian yang nggak perlu disetrika. Keep scrolling!

1. Pakaian dengan bahan corduroy punya ciri khas detail garis-garis halus pada kainnya. Bahannya yang tebal dengan tekstur agak berbulu membuat jenis bahan ini nggak perlu disetrika. Cukup digantung dengan hanger, pakaian corduroy akan tetap terlihat rapi.

refinery29.com

2. Chiffon atau sifon juga jadi salah satu jenis bahan pakaian yang nggak perlu disetrika. Bahannya yang ringan dan kain yang tipis justru lebih berisiko mudah terbakar jika disetrika dengan suhu yang terlalu panas. Anti kusut, pakaian dengan bahan sifon mampu berikan penampilan yang rapi dan elegan.

s.yimg.com

3. Bahan jersey merupakan salah satu jenis bahan pakaian yang justru nggak boleh disetrika, karena akan merusak tekstur pakaian. Biasa dipakai sebagai bahan pakaian olahraga, jersey punya sifat bahan yang nggak mudah kusut dan dapat menyerap keringat dengan baik.

carolinesmode.com

4. Sering diandalkan untuk pakaian musim hujan, bahan rajut atau knit terkenal dengan kainnya yang tebal dan hangat. Bahan rajut punya struktur kain yang terbentuk dari jeratan benang-benang, sehingga riskan untuk disetrika. Hindari penggunaan setrika karena dapat membuat bahan rajut cepat melar dan rusak.

glamour.com

5. Populer dengan modelnya yang cantik, bahan lace atau brokat biasa digunakan untuk dress maupun pakaian pesta. Meskipun begitu, detail pola yang dekoratif pada bahan ini tentu membutuhkan perhatian ekstra dalam merawatnya. Bahan brokat sebaiknya dijauhkan dari penggunaan mesin cuci maupun setrika yang dapat merusak kainnya.

ladyfashioniser.com

6. Nggak gampang kusut, denim juga jadi salah satu bahan pakaian yang nggak perlu disetrika. Identik bahannya yang tebal, denim biasanya akan mulus kembali ketika dipakai. Tampil effortlessly chic dengan pakaian denim yang anti kusut!

popsugar.com

7. Pakaian dengan bahan wol punya ketebalan kain lebih sehingga nggak mudah kusut. Biasa dipakai untuk udara dingin, perawatan pakaian dengan bahan wol sebaiknya menggunakan setrika uap. Hindari penggunaan setrika biasa karena suhu yang terlalu panas dapat merusak serat kain wol.

popsugar.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends