Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara yang Bisa Dilakukan Si Introvert Supaya Betah Kerja di Kantor

Nggak Salah Menjadi Seorang Introvert

Romi Subhan

Menjadi seorang introvert memang tidak mudah. Terlebih jika kamu memang terbiasa melakukan apa-apa seorang diri. Jika kamu pekerja kantoran dan di kantor memiliki pekerjaan yang mengharuskanmu untuk selalu berinteraksi dengan seseorang, tentunya hal ini akan sulit bagimu. Tidak salah tetap menjadi dirimu yang seorang introvert, tentunya dengan beberapa cara berikut ini. Simak yuk!

1. Pilih pekerjaan yang tepat

pexels.com/Ylanite Koppens

Ada saat di mana tidak ada industri atau pekerjaan spesifik yang paling baik untuk introvert. Beberapa mungkin menikmati industri analitis seperti akuntansi, sementara yang lain mungkin unggul dalam bidang kreatif seperti menulis. Lebih penting untuk memastikan pekerjaan spesifikmu di tempat kerja dengan memanfaatkan keahlian yang kamu punya.

2. Mainkan kekuatanmu ketika rapat

pexels.com/Pixabay

Banyak introvert lebih nyaman dengan berkomunikasi secara tertulis daripada secara lisan. Menulis email memungkinkan dirimu untuk memikirkan apa yang ingin kamu katakan dan menyampaikan semua poin yang kamu punya secara detail. Tetapi jika kamu berada di ruang konferensi yang penuh dengan orang-orang ekstrovert yang semuanya “berpikir keras", menyampaikan ide yang kamu punya dapat menjadi tantangan tersendiri.

Kamu tentunya kuat dalam mendengarkan dan itu juga berguna untuk mempersiapkan rapat sebelumnya dengan menguraikan ide-ide yang kamu miliki dan poin-poin kunci pembicaraan. Kamu akan punyai pemikiranmu yang telah kamu siapkan sebelumnya, membuatmu lebih mudah untuk beradu pendapat disaat rapat.

3. Jadwalkan waktu sendirian ke kalendermu

pexels.com/Pixabay

Bahkan jika kamu miliki ruang kerja khusus sendiri, menghilangkan gangguan di tempat kerja dapat menjadi tantangan tersendiri. Banyaknya orang-orang bermunculan di mejamu untuk mengobrol, melakukan pembicaraan dengan banyak pertanyaan dan menjadwalkan pertemuan penting lainnya, membuatmu sulit menyediakan waktu untuk sekadar beristirahat sendirian.

Pastikan kamu memiliki waktu untuk mengerjakan tugas-tugas penting dengan fokus penuh, atau cukup beristirahat, dengan membuat sebuah jadwal di kalendermu dan pindah ke area yang tenang.

4. Berusahalah untuk mengenal rekan kerjamu

pexels.com/Pixabay

Mengembangkan hubungan yang kuat dengan rekan kerjamu merupakan hal yang penting. Kamu akan miliki rekan yang bersedia mendengarkan dirimu ketika berbicara, bersedia untuk membela ide-idemu dan mendukungmu saat sedang ada meeting.

Sayangnya, introvert cenderung mendapatkan reputasi buruk karena tidak ramah. Hal ini disebabkan karena mereka kurang suka mengobrol santai dan lebih suka bekerja secara mandiri.

5. Keluar dari zona nyamanmu

pexels.com/Pixabay

Introvert cenderung menghindari menjadi pusat perhatian, jadi mungkin nalurimu akan menyuruhmu untuk menghindari berbicara di depan umum dan situasi yang tidak nyaman lainnya. Tetapi itu hanya akan merugikanmu. Tidak ada salahnya lho sesekali mengambil bagian dari sebuah presentasi. Meski berat, kamu akan bangga pada dirimu sendiri jika berhasil menaklukannya.

6. Perlu sedikit sombong

pexels.com/Studio 7042

Di kantor mungkin ada sesorang yang dengan bangga menyombongkan diri mereka dan mereka mungkin yang pertama ditawari peluang baru dan tanggung jawab tambahan. Kamu sebagai intorvert mungkin merupakan orang yang pendiam di kantor, ini bisa menjadi masalah ketika prestasimu tidak diakui sesering yang seharusnya. Promosi mungkin bukan yang kamu harapkan namun tentunya itu perlu dalam lingkungan kerja yang kompetitif jika kamu ingin menonjol.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Working Life